Home » » Permainan Bola Kecil Bulu Tangkis

Permainan Bola Kecil Bulu Tangkis

Bulu tangkis termasuk permainan bola kecil. Bulu tangkis pertama kali dimainkan di kota badminton pada tahun 1870. Makanya bulu tangkis dikenal juga dengan nama badminton. Peraturan permainan ini diberlakukan oleh IBF (International Badminton Federation). Kejuaraan-kejuaran badminton tingkat internasional di antaranya adalah All England, Thomas dan uber cup. Kejuaraan all England yang pertama diselenggarakan di Inggris tahun 1897. Dari sinilah, badminton terkenal di seluruh Inggris hingga ke Negara eropa, Kanada, Amerika Serikat dan Indonesia.

Induk organisasi International Badminton Federation (IBF) didirikan pada tahun 1934 dan mencatat Inggris, Irlandia, Skotlandia, Wales, Denmark, Belanda, Kanada, Selandia Baru, dan Perancis sebagai anggota-anggota pelopornya. India bergabung sebagai afiliat pada tahun 1936. Pada IBF Extraordinary General Meeting di Madrid, Spanyol, September 2006, usulan untuk mengubah nama International Badminton Federation menjadi Badminton World Federation (BWF) diterima dengan suara bulat oleh seluruh delegasi yang hadir ( 206 delegasi).

Olahraga bulu tangkis menjadi olahraga Olimpiade Musim Panas di Olimpiade Barcelona tahun 1992. Indonesia dan Korea Selatan sama-sama memperoleh masing-masing dua medali emas tahun itu.

Beberapa kejuaraan bulutangkis tingkat internasional yang ada antara lain Piala Thomas, Piala Uber, dan Piala Sudirman. Piala Thomas pertama kali diperebutkan pada tahun 1949. Piala ini merupakan sumbangan dari Sir George Thomas untuk pemain bulu tangkis beregu putra. Piala Thomas diadakan setiap dua tahun sekali. Indonesia pernah menjuarai Piala Thomas sebanak 13 kali yaitu tahun 1958, 1961, 1964, 1970, 1973, 1976, 1979, 1984, 1994, 1996, 1998, 2000, 2002

Piala uber yang merupakan sumbangan dari Mrs. H. S. Uber, untuk pemain ganda putri terbaik saat itu diselenggarakan pertama kali pada tahun 1950. Sekarang, piala Uber ini diperebutkan tiap dua tahun sekali. Selama Piala uber dipertandingkan Indonesia sudah 3 kali menjuarai yaitu pada tahun1975, 1994, 1996.Piala Uber awalnya diadakan setiap tiga tahun sekali, namun sejak tahun 1984, diadakan setiap dua tahun sekali bersama dengan Piala Thomas, kejuaraan beregu untuk putra yang dimulai lebih awal pada tahun 1948.

Nomor-nomor yang diperbutkan dalam piala Thomas dan uber cup ini adalah tunggal putra/putri, ganda putra/putri serta ganda campuran.

Piala Sudirman adalah kejuaraan bulu tangkis internasional untuk nomor beregu campuran, mempertandingkan nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Kejuaraan ini digelar setiap dua tahun sekali. Nama Sudirman diambil dari nama tokoh perbulutangkisan Indonesia, almarhum Dick Sudirman, salah satu pendiri PBSI dan dikenal juga sebagai bapak bulu tangkis Indonesia. Indonesia pernah meraih Piala Sudirman pada tahun 1989.

Seperti juga cabang-cabang olahraga lainnya, bulu tangkis memakai gerak dasar berjalan, berlari, melompat dan memukul.

1. Teknik Memegang Raket
Salah satu teknik dasar dalam permainan bulutangkis yang sangat penting dikuasai secara benar adalah cara memegang raket. Memegang raket secara benar merupakan dasar untuk mengembangkan dan meningkatkan semua jenis pukulan dalam permainan bulutangkis. Berikut ini beberapa jenis pegangan raket pada permainan bulu tangkis.
  • Untuk mendapatkan pukulan tertentu diperlukan cara memegang raket yang benar. Ada empat cara memegang raket yang sering dilakukan dalam bulu tangkis, yaitu:
  • Pegangan kombinasi. Disebut pegangan kombinasi karena jenis pegangan ini digunakan untuk melakukan berbagai jenis pukulan. Raket dipegang seperti kamu berjabat tangan.
  • Pegangan backhand. Raket dipegang atau digenggam pada telapak tangan bagian yang tipis. Ibu jari tangan menahan gagang raket lebih kuat.
  • Pegangan forehand. Pegangan ini disebut juga pegangan kapak, karena gagang raket dipegang seperti memegang kapak. Gagang raket dipegang pada telapak tangan bagian yang tipis, seperti memegang kapak.
  • Pegangan geplak kasur. Disebut pegangan geplakan kasur karena gagang raket dipegang seperti memegang pemukul kasur. Gagang raket dipegang penuh pada telapak tangan. Kepala raket atau senar menghadap ke atas dan bawah.

2. Teknik memukul kok
Teknik memukul kok ada berbagai cara, diantaranya pukulan lob, drive, dropshot, net, smes forehand dan backhand. Berikut ini beberapa teknik pukulan dalan permainan bulu tangkis.

Pukulan lambung (lob)
Lob adalah suatu teknik pukulan dalam permainan bulu tangkis yang dilakukan dengan tujuan untuk menerbangkan kok setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan. Caranya melakukan teknik pukulan lob antara lain sebagai berikut :
  • Sikap awal: berdiri kangkang dan kedua lutut dilenturkan. Tangan kanan memegang raket dan tangan kiri menjaga keseimbangan. Pandangan ke arah datangnya kok.
  • Gerakan : raket diayun untuk menyambut kok di sebelah kanan, arah ayunan raket dari bawah dan menyerong ke atas Posisi kepala raket agak dimiringkan ke belakang, Hasil pukulannya berupa arah kok yang miring dan melambung tinggi,
  • Akhir gerakan : kaki dilangkahkan untuk menyesuaikan jarak pukul terhadap posisi kok, Arah Langkah kaki bergantung kepada posisi kok.

Pukulan Lurus (Drive)
Pukulan Drive adalah pukulan cepat dan mendatar banyak digunakan dalam permaianan ganda. Tujuannya untuk menghindari lawan menyerang atau sebaliknya memaksa lawan mengangkat bola dan berada pada posisi bertahan. Caranya melakukan pukulan drive adalah sebagai berikut :
  • Sikap awalnya: berdiri kangkang dan badan ditegakkan dengan lutut melentur. Tangan kanan memegang raket dengan pegangan seperti berjabat tangan (shake hand),
  • Untuk kok yang arahnya lurus dekat dengan net disambut raket dengan memberikan sedikit dorongan ke depan,
  • Posisi raket agak dimiringkan ke depan, jauh atau dekatnya kok yang jatuh di lapangan lawan bergantung kepada besar atau kecilnya tenaga pukulan,
  • Jika arah kok agak jauh ke samping kiri atau kanan, maka cepat langkahkan kaki ke samping, jika arah kok lebih ke depan maka cepat langkahkan kaki ke depan. jika arah kok agak ke samping belakang maka cepat langkahkan kaki ke belakang

Dropshot
Dropshot adalah pukulan yang dilakukan seperti smes, perbedaannya pada posisi raket saat perkenaan dengan kok. Bola dipukul dengan dorongan dan sentuhan yang halus. Dropshot (pukulan potong) yang baik adalah apabila jatuhnya bola dekat dengan net dan tidak melewati garis ganda. Dropshot adalah pukulan yang bertujuan untuk menempatkan bola secepatnya dan dekat dengan net pada lapangan lawan. Cara melakukan sebagai berikut.
  • Sikap awal berdiri kangkang selebar bahu, tangan kanan memegang raket yang diletakkan di atas kepala.
  • Bola dari lawan dalam ketinggian puncak dipukul dengan raket. Usahakan bola masuk ke lapangan lawan dekat dengan net.

Pukulan Smes (Smash)
Smes pukulan overhead (atas) yang diarahkan ke bawah dan dilakukan dengan tenaga penuh. Pukulan ini identik sebagai pukulan menyerang. Karena itu tujuan utamanya untuk mematikan lawan.Dalam praktek permainan, pukulan smes dapat dilakukan dalam sikap diam/berdiri atau sambil loncat (King Smash). Caranya melakukan smes adalah :
  • Sikap awal berdiri kangkang selebar bahu tangan kanan memegang raket yang diletakkan di atas kepala bagian belakang.
  • Bola yang melambung dari lawan dipukul secepatnya dengan mengayunkan raket dari atas ke depan bagian bawah.

Pukulan fore hand dan back hand
Pukulan backhand adalah pukulan dengan tangan kanan tapi dari posisi sebelah kiri sehingga tangan membelakangi arah pukulan.Pukulan ini berkebalikan dengan backhand, yaitu memukul dengan tangan kanan dari arah kanan sehingga bagian depan tangan menghadap ke arah pukulan. Caranya melakukan pukulan backhand dan forehand adalah sebagai berikut :
  • Raket diayunkan ke depan untuk menyambut datangnya kok,
  • Posisi kepala raket harus tegak lurus di samping kanan untuk membuat pukulan fore hand yang baik,
  • Telapak tangan menghadap ke depan,
  • Arah kok lurus setinggi net,
  • Untuk pukulan back hand dilakukan dari samping kiri dengan posisi raket yang tegak lurus,
  • Arah kok lurus setinggi net

Pukulan net
Pukulan net atau sering disebut netting dalah pukulan yang dilakukan dekat net, diarahkan sedekat mungkin ke net, dipukul dengan sentuhan tenaga halus sekali. Pukulan netting yang baik yaitu apabila bolanya dipukul halus dan melintir tipis dekat sekali dengan net. Caranya melakaukan pukulan net adalah sebagai berikut :
  • Perhatikan lambungan bola yang sangat dekat dengan net,
  • Semua bola yang terletak di antara tinggi net dan lantai harus dipukul dengan cara pukulan net,
  • Gunakan pukulan lemah yang dikendali gerak pergelangan tangan.

Pukulan servis (service)
Servis merupakan pukulan pembuka dalam permainan bulu tangkis. Servis adalah pukulan dengan raket untuk menerbangkan kok ke bidang lapangan lawan secara diagonal. Servis juga dapat dijadikan senjata dalam memperoleh poin atau angka. Berikut beberapa macam-macam servis dalam olahraga bulutangkis.

a. Servis pendek
Servis pendek adalah servis di mana kok melintas tipis melewati net. Untuk servis pendek hanya diperlukan sedikit tenaga. Cukup didorong ke depan. Gerak pergelangan tangan hanya dipakai untuk menentukan arah saja. Usahakan jalannya bola sedekat mungkin dengan ketinggian net. Prinsip dasar servis pendek forehand :
  • Posisi awal: raket dipegang dengan, posisi kaki sikap melangkah prinsip dasar pegangan forehand, bola dipegang di depan, setinggi pinggang. berat badan bertumpu pada kaki belakang, posisi tangan yang memegang raket di belakang,
  • Gerakan : pindahkan berat badan ke kaki depan bersamaan lengan yang memegang raket diayun ke depan ke arah jatuhnya bola, kontak raket dengan bola pada ketinggian paha dengan gerak raket mendorong bola, arah bola bergerak rendah di atas net,
  • Akhir gerakan : raket mengarah ke atas lurus dengan gerakan bola, pinggang dan bahu diputar ke depan dan berat badan pada kaki depan. Pandangan mengikuti arah gerak bola, bola jatuh dekat garis servis.

Prinsip dasar pengembalian servis pendek (pada permainan ganda) :
  • Posisi awal : berdiri sikap melangkah ± 1 - 3 cm di belakang garis servis pendek, berat badan tertumpu pada kaki depan, raket dipegang di atas samping kepala (posisi siap menerima servis), pandangan tertuju pada bola yang akan di servis,
  • Gerakan : jika lawan melakukan servis rendah, bergerak ke depan garis servis pendek dengan kepala raket menghadap ke atas, bola dapat diarahkan dengan cara didorong ke tengah lapangan, dipukul drive lurus ke kotak pojok lapangan, dipukul drop menjauhi pemain yang melakukan servis, didorong ke arah pemain pada bagian forehand atau didorong ke arah pemain yang melakukan servis,
  • Akhir gerakan : pindahkan berat badan ke depan, pandangan mengikuti arah gerak bola.

b. Servis panjang
Servis panjang bertujuan menerbangkan kok setinggi-tingginya sehingga jatuh ke garis belakang bidang lapangan lawan. Pada permainan tunggal, servis panjang dilakukan dengan memukul penuh kok. Caranya melakukan servis tinggi adalah sebagai berikut :
  • Posisi awal : raket dipegang dengan posisi forehand, berdiri sikap melangkah dan bola dipegang sebatas pinggang, berat badan padakaki belakang dan tangan yang memegang raket di belakang,
  • Gerakan : pindahkan berat badan ke depan bersamaan raket diayun ke depan ke arah jatuhnya bola, kontak raket dengan bola pada ketinggian lutut,
  • Akhir gerakan: raket mengarah ke atas lurus dengan arah gerakan bola. Pinggul dan bahu diputar ke depan, pandangan mengikuti arah bola, arah bola melambung tinggi dan jauh.

Prinsip dasar pengembalian servis panjang (pada permainan tunggal) :
  • Posisi awal : berdiri sikap melangkah sekitar 5 - 6 cm di belakang garis servis pendek dan sekitar 3 cm dari samping garis tengah lapangan, berat badan bertumpu pada kaki depan, raket dipegang di atas samping kepala (posisi siap menerima servis), pandangan tertuju pada bola yang akan dipukul servis,
  • Gerakan : apabila lawan (yang melakukan servis) melakukan servis tinggi ke bagian belakang lapangan, bergeraklah mundur ke arah garis belakang, pindahkan berat ke depan dan pukul bola dengan prinsip dasar pukulan forehand,
  • Akhir gerakan : pindahkan berat badan ke depan, pandangan mengikuti arah gerak bola.

c. drive servis
Tujuan dari servis drive adalah memukul kok dengan cepat, mendatar, dan setipis mungkin melewati net. Cara memukul kok dari samping badan agar lengan dapat bergerak leluasa. Pukulan drive juga dapat dilakukan dengan forehand ataupun backhand. Pukulan drive forehand cara melakukan sebagai berikut.
  • Sikap awal berdiri kangkang menghadap ke arah samping kanan.
  • Pukulan bola datar dengan ayunan tangan dari belakang ke arah depan.
Pukulan drive backhand cara melakukan sebagai berikut.
  • Sikap awal berdiri kangkang selebar bahu pandangan mata ke arah samping kanan dengan tubuh sedikit miring ke kanan.
  • Bola yang datang ke arah kanan dari tubuh dipukul dengan ayunan raket dari belakang ke arah depan, diusahakan bola jalannya datar.

3. Pengaturan langkah kaki (foot work)
Langkah kaki perlu diatur. Langkah ini dapat mengatur posisi, pukulan, serta penguasaan permainan secara keseluruhan. Prinsip dasar yang harus kamu ketahui dari kerja kaki adalah:
  • Kaki harus dapat digerakkan ke segalah arah secara cepat dan ringan. Berdiri selalu pada ujung kaki,
  • Bagi pemain yang menggunakan pegangan kanan, adalah kaki kanan selalu di ujung akhir atau setiap melakukan langkah selalu diakhiri dengan kaki kanan (sumber: Dinata, 2004),
  • Langkah harus diatur seefisien mungkin. Langkah yang panjang lebih baik daripada langkah kecil-kecil atau pendek.

4. Aturan Permainan bulu tangkis
Permainan bulu tangkis dapat dilakukan dalam ruangan tertutup atau lapangan terbuka.Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dan mempunyai ukuran seperti terlihat pada gambar.Ukuran lapangan bulu tangkis dapat dibedakan sesuai dengan jenis permainannya. Untuk permainan ganda, ukuran lapangannya berbeda dengan permainan tunggal. Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning. Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yang lunak.
lapangan bulu tangkis
  • Lapangan untuk pertandingan tunggal (single). Panjang : 13,40 meter. Lebar : 5,18 meter. Lebar garis keliling dan tengah lapangan adalah 1,5 inci atau 4c m.
  • Lapangan untuk pertandingan ganda (double). Panjang : 13,40 meter. Lebar : 6,10 meter. Lebar garis keliling dan di tengah lapangan sama dengan untuk lapangan tunggal

Alat dan perlengkapan main
Peralatan yang digunakan adalah raket, kok dan net.
a. Raket adalah alat pemukul,
  • Bahan : kayu, logam, dan karbon. Panjang raket 60 cm Beratnya 3,50 - 4,00 ons.
  • Bagian-bagian raket Pegangan Tangkai, dan Kepala raket.
b. Bola bulu tangkis disebut kok (shuttle cock)
  • Bahan : bulu angsa dan gabus. Beratnya : 5,00 - 5,20 gram Jumlah bulunya : 14-16 helai. Garis tengah gabusnya 25-28 mm Panjang bulunya : 64-70 mm Garis tengah ujung rangkaian bulu : 54 mm
c. Net atau jala membagi dua lapangan sama luasnya.
Dari benang, mata jaring berjarak 19 mm, lebar 75 mm. Tinggi net dari tanah : 1,524 m atau 5 kaki. Tepi net diberi pita yang lebarnya 3 inci atau 76 mm.

5. Pemain
  • Bulu tangkis dimainkan oleh putra dan putri. Nomor-nomor yang dipertandingkan adalah: tunggal putra/putri (single), ganda putra/putri (double) dan ganda campuran (mixed double).
  • Pemain melakukan undian. Pihak yang menang berhak memilih tempat dan melakukan servis lebih dahulu.
  • Permainan tunggal ditanggung sepenuhnya oleh kemampuan pribadi dari seorang pemain.
  • Permainan ganda atau permainan pasangan, kedua pemain yang berpasangan itu harus memiliki kerjasama yang baik.
  • Pemain bulu tangkis yang bertanding akan berusaha mengumpulkan nilai tertinggi dalam waktu secepat-cepatnya.

Berhasil atau tidaknya seorang pemain dalam menundukkan lawannya bergantung kepada kemampuan dan taktik bermainnya. Disiplin dan kerja keras termasuk syarat mutlak yang harus dimiliki pemain.
6. Peraturan permainan

Sejak Mei 2006, pada kejuaraan resmi seluruh partai menggunakan sistem perhitungan 3×21 reli poin. Tidak ada perbedaan sistem perhitungan baik untuk tunggal atau ganda maupun untuk putra atau putri. Pemenang adalah pemain/pasangan yang telah memenangkan dua set. Sistem perhitungan poin bulu tangkis telah mengalami beberapa kali perubahan, mulai dari sistem klasik pindah bola 15 poin sampai sistem terbaru, sistem reli 21 poin.

Sistem Penskoran
  • Pertandingan hanya berlangsung dalam 3 set dengan skor masing-masing adalah 21.
  • Ketika telah dilakukan servis, maka harus ada poin setelahnya oleh salah satu tim.
  • Tim yang menang pada saat rally mendapatkan poin pada score-nya.
  • Jika kedua tim mendapatkan poin masing-masing 20 poin pada satu set, maka tim yang memimpin 2 poin selanjutnya adalah pemenang set.
  • Jika kedua tim mendapatkan poin masing-masing 29 poin pada satu set, maka tim yang mendapatkan 30 poin selanjutnya adalah pemenang set.
  • Tim yang memenangkan set mendapatkan giliran servis pertama pada set selanjutnya.

Jeda Waktu
Ketika poin telah mencapai 11 poin, pemain mendapatkan jeda waktu 60 detik.
Jeda waktu yang diperbolehkan antar set adalah 2 menit.
Pada set ketiga, kedua tim berganti sisi ketika salah satu tim mencapai 11 poin.

Sistem pindah bola
  • Sebelum pertandingan dimulai, harus ditentukan salah seorang pemain dari tiap-tiap pasangan sebagai "orang pertama". Pilihan ini berlaku untuk setiap set yang dimainkan.
  • Jumlah poin genap atau ganjil menentukan posisi "orang pertama" saat melakukan servis.
  • Setiap pasangan mempunyai dua kali kesempatan servis (masing-masing untuk tiap pemain) sebelum pindah bola, kecuali servis pertama pada tiap-tiap awal set tidak mendapat kesempatan kedua.
  • Saat pindah bola, servis pertama selalu dilakukan oleh pemain yang berada di sebelah kanan, bukan oleh "orang pertama".

Pemain Ganda :
  • Setiap sisi hanya melakukan satu kali servis, maksudnya ketika pemain lawan yang mendapatkan poin maka servis tidak dilakukan oleh pemain lainnya dalam satu tim melainkan berpindah ke pemain lawan seterusnya sampai akhir set.
  • Pada awal set permainan ( 0 – 0 ) dan ketika poin pemain yang melakukan servis adalah genap maka servis dilakukan dari sisi kanan lapangan, sebaliknya ketika poin pemain yang melakukan servis adalah ganjil maka servis dilakukan dari sisi kiri lapangan.
  • Jika pemain yang melakukan servis memenangkan rally dan mendapatkan poin maka servis dilakukan pada lapangan sebelahnya, misal dimulai dari sisi kanan berpindah ke sisi kiri kemudian ke sisi kanan dan seterusnya.
  • Jika pemain yang menerima servis memenangkan rally dan mendapatkan poin maka servis berpindah ke pemain tersebut dengan aturan jika poin pemain tersebut adalah ganjil maka servis dilakukan dari sisi kiri, sebaliknya apabila poin pemain tersebut adalah genap maka servis dilakukan dari sisi kanan.
diagram servis
Pemain Tunggal
  • Pada awal set (0 – 0) dan ketika poin pemain yang melakukan servis adalah genap maka servis dilakukan dari sisi kanan lapangan. Sebaliknya ketika poin pemain yang melakukan servis adalah ganjil maka servis dilakukan dari sisi kiri lapangan.
  • Jika pemain yang melakukan servis memenangkan rally dan mendapatkan poin maka pemain tersebut melakukan servis pada sisi sebelahnya, misal sebelumnya dari sisi kanan lapangan berpindah ke sisi kiri,dan seterusnya.
  • Jika pemain yang menerima servis memenangkan rally dan mendapatkan poin maka pemain tersebut melakukan servis untuk rally selanjutnya dengan aturan apabila poin pemain tersebut adalah ganjil maka servis dilakukan dari sisi kiri lapangan, sebaliknya apabila poin pemain tersebut adalah genap maka servis dilakukan dari sisi kanan lapangan. (Sumber :http:// lintaspilihan. blogspot. com/2012/04/ peraturan-bulutangkis-terbaru.html )

7. Kesalahan-kesalahan yang harus dihindari
  • Ketika servis, posisi kok saat disentuh raket lebih tinggi dari pinggang, atau jika salah satu dari bagian kepala raket lebih tinggi dari tangan.
  • Ketika servis, kok jatuh pada bidang yang salah. Kaki pelaku servis tidak berada dalam bidang servis.
  • Salah satu pemain melakukan gerak tipu atau pura-pura atau sengaja mengejutkan lawan sebelum atau ketika melakukan servis.
  • Kok jatuh di luar batas lapangan atau melayang menembus jaring atau ke bawah jaring atau menyentuh langit-langit atau mengenai tubuh ketika servis atau saat permainan berlangsung.
  • Jika kok yang sedang dalam permainan, dipukul sebelum menyeberangi net atau menyeberang ke sisi lapangan pihak yang melakukan pukulan. menyentuh jaring atau penyangga.
  • Jika kok menyangkut atau menempel pada raket saat melakukan pukulan atau jika kok dipukul dua kali atau sering secara berurutan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:59 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....