Home » » Menghitung Luas Segi Banyak

Menghitung Luas Segi Banyak

Segi banyak merupakan gabungan bangun datar terbentuk dari dua atau lebih bangun-bangun datar sederhana yang digabungkan menjadi satu bangun. Untuk menghitung luas gabungan bangun datar tersebut yaitu dengan menjumlahkan luas bangun-bangun sederhana yang membentuknya. Sebelum kita mempelajari tentang menghitung luas gabungan bangun datar. Dengan memahami rumus luas bangun datar anda sudah memiliki sebagian kemampuan dasar untuk mengerjakan soal luas gabungan bangun datar.Bangun datar yang telah dipelajari antara lain persegi, persegi panjang, dan segitiga.

Luas bangun persegi panjang diperoleh dengan cara mengalikan panjang dan lebar. Panjang persegi panjang adalah rusuk yang terpanjang sedangkan lebar adalah rusuk terpendek dari persegi panjang. Luas bangun persegi dapat dicari dengan mengalikian kedua sisinya. Sedangkan luas segitiga diperoleh dengan cara mengalikan alas dengan tinggi kemudian dibagi dua. Setelah mengetahui bagaimana cara menghitung luas ketiga bangun datar tersebut selanjutnya adalah menuliskannya dalam bentuk rumus luas bangun datar.
  • Luas persegi panjang = Panjang x lebal atau L = p x l
  • Luas persegi = sisi x sisi atau s x s
  • Luas segitiga = 1/2 x alas x tinggi

Untuk menghitung keliling bangun segi banyak dapat dilakukan dengan cara menjumlahkan sisi terluar bangun tersebut. Pada keliling bangun segi banyak sisi yang berhimpitan tidak dihitung.

Jadi, luas bangun gabungan dapat dihitung dengan cara menjumlahkan luas bangun pembentuknya. Sementara itu, keliling didapat dengan cara menjumlahkan sisi terluarnya.

Langkah-langkah Menghitung Luas Segi Banyak
Setelah anda mengetahui rumus luas masing-masing bangun penyusun segi banyak, selanjutnya adalah langkah-langkah pengerjaan soal luas gabungan segi banyak. Langkah-langkahnya antara lain sebagai berikut :
  • Ketahui terlebih dahulu bangun apa saja yang membentuk segi banyak tersebut. Dari rumus luas bangun datar yang ada di atas kemungkinan luas segi banyak dapat dibentuk dari perpaduan bangun datar di atas.
  • Pisahkan bangun datar yang membentuk bangun segi banyak tersebut menjadi bagian yang berdiri sendiri (terpisah) untuk mempermudah mencari luas masing-masing bangun datar.
  • Carilah ukuran masing-masing unsur bangun datar (panjang, lebar, tinggi, sisi, alas dan sebagainya. 
  • Setelah unsur-unsur bangun datar ditemukan baru mencari luas masing-masing bangun datar dan menjumlahkan atau mengurangkan luas bangun datar seperti yang diminta dalam soal.
Perhatikan contoh di bawah ini !
No.GambarPembahasan
1.luas gabunganSetelah dipisahkan gambar tersebut terdiri dari 3 buah persegi panjang :
1. Luas = 10 x 5 = 40 (5 diperoleh dari  3 + 2)
2. Luas = 5 x 4 = 20 (5 diperoleh dari  = 10 - 5)
3  Luas = 3 x 2 = 6
Luas segi banyak = 40 + 20 + 6 = 66 cm²
No.GambarPembahasan
2.
gabungan
Setelah dipisahkan gambar tersebut terdiri dari segitiga dan persegipanjang.
Luas segitiga = 1/2 x 20 x 15 = 1/2 x 300 = 150 cm²

Luas Persegi panjang = 20 x 10 = 200 cm²
Luas segi banyak = 150 + 200 = 350 cm²
Perhatikan contoh sawah Paman Udin berikut ini
luas segi banyak
1. Hitunglah berapa luas sawah Paman Udin?
Luas = Luas persegi + Luas persegi panjang = (30 x 30) + (30 x 20) = 900 + 600 = 1.500 m².

2. Pada saat panen tiba biasanya setiap 100 m² tanah menghasilkan 80 kg padi. Berapa berat padi yang didapatkan pada waktu panen?
Berat padi = 1.500 : 100 x 80 = 15 x 80 = 1.200 kg.

3. Harga 1 kg padi adalah Rp5.500,00. Jika Paman Udin ingin menjual separuh hasil panennya, berapa uang yang didapatkannya?
Hasil penjualan = 1.200 x Rp5.500 = Rp.6.600.000.

4. Paman Udin ingin membeli lagi sawah 200 m². Gambarlah kemungkinan kemungkinan bentuknya!
Kemungkinan panjang dan lebar sawah Paman udin adalah sebagai berikut.
luas sawah
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:15 PM

2 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....