Home » » Kerja Sama Dalam Cita Cita

Kerja Sama Dalam Cita Cita

Cita-cita merupakan suatu impian dan harapan seseorang akan masa depannya, bagi sebagian orang cita-cita itu adalah tujuan hidup yang harus dicapai. Bagi orang yang menganggap cita-cita sebagai tujuan hidup maka cita-cita adalah sebuah impian yang dapat membakar semangat untuk terus melangkah maju. Manusia tanpa cita-cita ibarat air yang mengalir dari pegunungan menuju dataran rendah, mengikuti kemana saja alur sungai membawanya. Manusia tanpa cita-cita bagaikan seseorang yang sedang tersesat yang berjalan tanpa tujuan.

Untuk menggapai cita-cita tentunya tidak mudah. kadang apa yang kita bayangkan tidak semudah kenyataannya. Seorang yang mempunyai cita-cita harus mempunyai wawasan yang luas, dengan berbagai cara seperti belajar dengan bersungguh-sungguh dan mempunyai pengalaman yang banyak sebagai langkah menggapai cita-citanya. Orang yang luas wawasannya akan mengalami kemudahan dalam berbagai urusan serta dapat butuhkan orang banyak.

Tentunya kalian memiliki sifat yang berbeda-beda. Ada yang suka berbicara, ada pula yang pendiam. Berhentilah membanding-bandingkan apa yang sudah Anda raih sejauh ini dengan milik orang lain. Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda, termasuk dalam urusan prestasi dan pencapaian hidupnya. Anda mempunyai takdir sendiri yang harus Anda temukan, dan itu tentunya tidak akan pernah sama dengan orang lain. Percayalah kepada apa yang bisa Anda berikan untuk diri sendiri. Sikap mampu bekerja sama orang lain adalah salah satu sikap yang sangat penting untuk meraih cita-citamu.

1. Dokter
Dokter adalah seseorang yang karena keilmuannya berusaha menyembuhkan orang-orang yang sakit. Tidak semua orang yang menyembuhkan penyakit bisa disebut dokter. Untuk menjadi dokter biasanya diperlukan pendidikan dan pelatihan khusus dan mempunyai gelar dalam bidang kedokteran. Untuk menjadi seorang dokter, seseorang harus menyelesaikan pendidikan di Fakultas Kedokteran selama beberapa tahun.

Setelah menjadi seorang dokter dan menggunakan ilmu yang telah diperoleh, seorang dokter akan bekerja dengan orang lain dalam bidang pekerjaan tersebut. Beberapa kerja sama yang dapat dilakukan oleh seorang dokter antara lain sebagai berikut :
  • Melakukan pemeriksaan pada pasien untuk mendiagnosa penyakit pasien bersama perawat secara cepat dan memberikan terapi secara cepat dan tepat.
  • Bekerja sama dengan keluarga pasien untuk berpartisipasi dalam upaya meningkatkan standar kesehatan, pencegahan, pengobatan dan rehabilitasi penyakit.
  • Mengadakan kerjasama dengan dokter lain dalam kegiatan penyuluhan di bidang kesehatan
  • Melakukan kerjasama antar rumah sakit dalam upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan.
  • Bekerjasama dengan tenaga kesehatan yang lain dalam memberikan pelayanan kesehatan di rumah sakit dan puskesmas.
  • Dokter bedah jantung dalam melakukan operasi akan bekerjasama dengan asisten dokter bedah, cardiologis, perawat bedah, perfusionis, dan anestesiologis.

2. Pilot
Pilot adalah orang yang mengemudikan pesawat terbang. Sebagai sebuah profesi yang menuntut keahlian/skill dalam mengemudikan sebuah pesawat, seorang pilot harus menempuh ujian resmi yang diadakan oleh sekolah penerbangan dan otoritas penerbangan. Ketika menerbangkan sebuah pesawat seorang pilot akan bekerjasam dengan beberapa petugas yang lain diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Pilot pesawat terbang akan bekerjasama dengan co pilot. Co Pilot adalah orang yang membantu pilot dalam menerbangkan pesawat.
  • Seorang pilot juga harus bekerja sama dengan pemandu lalu-lintas udara atau ATC (Air Traffic Controller) yang memberikan layanan pengaturan lalu lintas di udara terutama pesawat udara untuk mencegah antarpesawat terlalu dekat satu sama lain, mencegah tabrakan antarpesawat udara dan pesawat udara dengan rintangan yang ada di sekitarnya.
  • Bekerjasama dengan Pramugara (untuk pria) dan pramugari (untuk wanita) yang bertugas melayani penumpang. Tugas utama mereka adalah menjaga keselamatan dan melayani kenyamanan penumpang selama dalam perjalanan.
  • Pilot juga bekerjasama dengan AME (Aircraft Maintenance Engineer). Sebelum pesawat siap dan bisa beroperasi (untuk diterbangkan), maka AME harus melakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi pesawat laik terbang.
  • Bekerjasama dengan Marshaller, marshaller adalah orang yang memberikan komando kepada pilot pesawat terbang untuk memakirkan kendaraan raksasanya ketika pesawat terbang mendarat di landasan pacu.
  • Bekerjasama dengan FOO (Flight Operation Officer) atau Pilot darat merupakan seorang yang mengoperasikan pesawat udara terutama penerbangan yang berjadwal yang mengatur penerbangan dari darat. FOO tidak mengemudikan pesawat.tetapi seorang FOO harus mengetahui semua dasar penerbangan yang dipelajari oleh seorang penerbang juga.

3. Guru
Seorang guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Guru adalah pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Ketika seorang guru bertugas maka ia harus bekerjasama dengan beberapa orang, diantaranya adalah.
  • Bekerjasama dengan kepala sekolah. Kepala sekolah adalah guru yang diberikan tugas tambahan untuk memimpin suatu sekolah. Guru dan kepala sekolah bekerjasama untuk keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah.
  • Bekerjasama dengan guru yang lain. Dalam melaksanakan tugasnya seorang guru memerlukan bantuan guru yang lainnya. Misalnya untuk pelajaran Pendidikan Agama akan bekerjasama dengan guru agama, pendidikan jasmani akan bekerjasama dengan guru olah raga, dan masih banyak yang lainnya.
  • Bekerjasama dengan siswa. Ketika mengajar guru perlu bekerjasama dengan siswanya agar pengetahuan yang diberikan dapat diterima oleh siswanya.
  • Bekerjasama dengan orang tua siswa. Siswa berada di sekolah sehari sekitar lima jam saja, sisanya dihabiskan di rumah. Guru bekerjasama dengan orang tua untuk memantau belajar siswa di rumah.
  • Bekerjasama dengan pengawas sekolah. Salah satu tugas pengawas sekolah adalah memantau, mensupervisi, menilai, membina, dan melaporkan proses belajar mengajar yang melibatkan guru.

4. Aktor
Pemeran sering disebut sebagai aktor (pria) atau aktris (wanita) adalah orang yang memainkan peran tertentu dalam suatu aksi panggung, acara televisi, atau film. Biasanya, pemeran adalah orang yang dididik atau dilatih secara khusus untuk melakukan sandiwara melalui suatu kursus atau sekolah, atau berpura-pura memerankan suatu tokoh sehingga tampak seperti tokoh sungguhan. Ketika seorang aktor sedang bekerja biasanya ia akan bekerjasama dengan pemain dan kru yang lain, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Bekerjasama dengan sutradara, sutradara adalah orang yang bertugas mengarahkan sebuah film sesuai dengan manuskrip.Sutradara memberikan pengarahan terhadap pemain apabila dirasa kurang dalam akting.
  • Bekerjasama dengan pemain yang lain. Dalam bermain di sebuah film seorang aktor akan bekerjasama dengan pemeran yang lain seperti pemeran pembantu.
  • Bekerjasama dengan penata rias. seorang penata rias mengubah penampilan seorang aktor dalam hal penampilan sehingga sesuai dengan tokoh yang diperankannya.
  • Bekerjasama dengan Cameraman / Juru Kamera, juru kamera melakukan perekaman gambar dengan kamera dalam produksi film. 
  • Bekerjasama dengan manjer, hubungan kerja antara manajer dan artis dimulai dari mencarikan pekerjaan, lalu mengadakan pertemuan dengan klien, melakukan kontrak kerja, dan membayar hasil kerja mereka di akhir bulan.

5. Pemain Sepak Bola
Pemain sepak bola adalah orang yang bekerja dalam sebuah kesebelasan sepabola. Pemain sepakbola ada yang menjadi penjaga gawang, pemain belakang, pemain tengah, dan pemain depan. Ketika mereka bermain bola kerjasama sangat diperlukan, karena sepakbola merupakan permainan beregu. Seorang pemain bola akan bekerjasama dengan beberapa orang lain baik dalam permainan maupun di luar permainan, antara lain sebagai berikut :
Kerja Sama Dalam Cita Cita
  • Bekerjasama dengan pemain yang lain, tanpa kerjasama dengan pemain yang lain permainan sepakbola tidak akan berhasil. Setiap pemain harus dapat mendukung pemain yang lain.
  • Bekerjasama dengan pelatih, pelatih adalah orang yang menentukan strategi permainan sepak bola. Setiap pemain harus memperhatikan instruksi yang diberikan oleh seorang pelatih.
  • Bekerjasama dengan klub sepakbola, sebelum seorang pemain sepak bola dapat bermain di sebiah klub pemain tersebut harus menandatangani kontak kerjasama antara klub dengan pemain.
  • Bekerjasama dengan manajer pemain, hubungan kerja antara manajer dan artis dimulai dari mencarikan pekerjaan, lalu mengadakan pertemuan dengan klien, melakukan kontrak kerja.
  • Bekerjasama dengan sponsor, seorang pemain biasanya bekerjasama dengan sponsor, misalnya Cristiano Ronaldo bekerjasama dengan produsen sepatu Nike.

Dalam suatu organisasi atau tim, untuk mencapai tujuan bersama diperlukan suatu kerjasama dari anggota-anggota yang ada di dalamnya. Pentingnya menjalin kerjasama dalam organisasi atau tim akan berdampak positif terhadap kinerja yang efektif.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:30 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....