Home » » Kehebatan Seorang Polisi

Kehebatan Seorang Polisi

Nama pemberian ayahnya adalah Iman Santoso. Waktu kecil dia sering dipanggil bugel (gemuk), lama kelamaan menjadi bugeng, dan akhirnya berubah jadi hugeng. Hoegeng yang bernama lengkap Hoegeng Iman Santoso adalah Kapolri di tahun 1968-1971. Kedisiplinan dan kejujuran selalu menjadi prinsip Hoegeng dalam menjalankan tugasnya di mana pun. Ia juga sangat gigih dalam menjalankan tugas dan berani dalam menegakkan keadilan tanpa membedabedakan orang. Hoegeng juga seorang yang sederhana.

Beliau mengajarkan pada istri dan anak-anaknya arti disiplin dan kejujuran dengan tindakan yang nyata. Selain itu beliau juga penggagas pemakaian helm bagi pengendara motor. Pada tanggal 14 Juli 2004, Hoegeng meninggal dunia dalam usia 83 tahun. Namun, kisah kejujuran, ketegasan, dan kesederhanaan Hoegeng sebagai seorang pengabdi masyarakat masih dikenang hingga kini. Beliau adalah seorang pekerja keras dan seorang polisi sejati yang perlu kita teladani dan kita hormati.

Tanggung Jawab Polisi
Dalam kaitannya dengan kehidupan bernegara  Polri merupakan alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri. Keamanan dalam negeri yang meliputi terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat, tertib dan tegaknya hukum, terselenggranya perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, serta terbinanya ketentraman masyarakat dengan menjunjung tinggi hak azasi manusia.
  • Melindungi masyarakat adalah tugas polisi yang diamanatkan undang-undang. Oleh karena itu, diharapkan agar hal ini dilakukan dengan baik oleh setiap anggota kepolisian dan diawasi oleh lembaganya sekaligus juga oleh masyarakat.
  • Pengayoman dan pelayanan berarti perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat. Masyarakat diayomi oleh lembaga kepolisian untuk membantu mereka merasa nyaman dalam menjalani kehidupannya.
  • Menegakkan Hukum Dalam penegakkan hukum, Kepolisian Negara Republik Indonesia melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap perkara pidana, berpegang pada etika profesi kepolisian, bertindak berdasarkan norma hukum dan mengindahkan norma yang lain, seperti norma agama, kesopanan, dan kesusilaan serta menjunjung tinggi hak asasi manusia. 

Suka Duka Menjadi Polisi
Tugas seorang polisi memerlukan keterampilan khusus, jadi tidak semua orang bisa menjadi seorang polisi. Ternyata bertugas menjadi seorang polisi juga banyak suka-duka dalam pekerjaan. Salah satu kebanggaan ketika menjalankan tugas sebagai seorang polisi adalah dapat bertemu banyak orang. Karena tugas polisi sangat luas dalam masyarakat, polisi bertugas menjaga dan melayani. Ketika apa yang kita jaga dan layani berjalan baik, lancar dan aman, di situlah letak kesenangan dan kepuasan tersendiri yang tidak bisa diukur.

Tugas seorang polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban tentunya sangat berat. Bayangkan ketika terjadi tindakan kejahatan, demonstrasi, dan sebagainya. Tugas polisi dalam menjaga keamanan saat terjadi tindak kejahatan tentunya mereka akan berhadapan langsung dengan pelaku yang mungkin saja bersenjata. Hal ini tentunya membahayakan jiwa polisi tersebut. Ketika terjadi demonstrasi polisi harus berhadapan dengan ribuan masa yang terkadang tidak terkendali. Pada saat hari raya seorang polisi juga tetap bertugas menjaga keamanan, saat seharusnya mereka berkumpul dengan anggota keluarga. Itulah beberapa duka saat menjalankan tugas seorang polisi.

Sikap Seorang Polisi
Polri dituntut agar dalam menjalankan tugas dan profesinya terutama dalam penegakan hukum harus sesuai dengan kepastian hukum serta keadilan bagi masyarakat. Bagaimana sikap dan perilaku anggota Polri harus mencerminkan karakter polri yang sesungguhnya sesuai dengan Tribrata. Sikap yang harus dimiliki seorang polisi dalam Tribrata antara lain :
  • Berbakti kepada nusa dan bangsa dengan penuh ketaqwaan terhadap tuhan yang maha esa.
  • Menjunjung tinggi kebenaran keadilan dan kemanusiaan dalam menegakkan hukum negara kesatuan republik indonesia yang berdasarkan pancasila dan undang undang dasar 1945
  • Senantiasa melindungi mengayomi dan melayani masyarakat dengan keikhlasan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban

Bagaimana seorang polisi dapat memengaruhi lingkungan dan masyarakat ? Tugas seorang polisi berhubungan langsung dengan masyarakat. Dalam melaksanakan tugasnya seorang polisi melakukan beberapa kegiatan antara lain sebagai berikut ;
tugas polisi
  • Melaksanakan pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli terhadap kegiatan masyarakat dan pemerintah sesuai kebutuhan;
  • Menyelenggarakan segala kegiatan dalam menjamin keamanan ketertiban dan kelancaran lalu lintas di jalan;
  • Membina masyarakat untuk meningkatkan parsipasi masyarakat, kesadaran hukum masyarakat serta ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan;
  • Turut serta dalam pembinaan hukum nasional;
  • Memelihara ketertiban dan menjamin keamanan umum;
  • Melindungi keselamatan jiwa raga, harta benda, masyarakat, dan lingkungan hidup dari gangguan ketertiban dan/atau bencana termasuk memberikan bantuan dan pertolongan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia;
  • Melayani kepentingan warga masyarakat untuk sementara sebelum ditangani oleh instansi dan/atau pihak yang berwenang;
  • Memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan kepentingan dalam lingkungan tugas kepolisian; serta
  • Melaksanakan tugas lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan, yang dalam pelaksanaannya akan diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:13 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....