Home » » Langkah-Langkah Menulis Artikel

Langkah-Langkah Menulis Artikel

Pendekatan ke lingkungan adalah pendekatan yang mengkaji antara variabel manusia dengan lingkungannya pada suatu tempat (Bambang Nianto Mulyo dan Purwadi Suhandini, 2007:12). Manusia yang hidup di daerah yang berdekatan dengan perairan, baik perairan darat maupun perairan lout, maka manusianya akan cenderung pandai berenang, menggunakan perahu dan sejenisnya sebagai alat transportasi, dan bermata pencaharian sebagai nelayan. Masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan cenderung pandai bertani dan cara mengolah tanah, dan biasanya bermata pencaharian sebagai petani.

Langkah-Langkah Menulis Artikel
Artikel merupakan tulisan lepas berisi opini seseorang atau kelompok yang mengupas tuntas suatu masalah tertentu yang sifatnya aktual dan kontroversial untuk tujuan memberi informasi, mempengaruhi dan meyakinkan atau menghibur khalayak pembaca. Ada beberapa bentuk artikel seperti artikel narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi. Setiap bentuk artikel memiliki cara penulisan berbeda.Secara garis besar, langkah-langkah menulis artikel dapat kita bagi menjadi lima poin penting berikut ini:
  • Tentukan Tema. Tema haruslah spesifik. Semakin spesifik semakin menarik minat baca.
  • Tetapkan Tujuan penulisan. Kebanyakan artikel, apalagi dalam artikel jenis deskripsi dan narasi, tidak menyatakan tujuan penulisan secara tersurat, melainkan tersirat.
  • Rumuskan ide pokok atau masalah. Biasanya perumusan masalah dalam bentuk pertanyaan. Hanya saja dalam penulisan artikel deskripsi dan narasi, rumusan masalahnya tidak tersurat tapi tersembunyi dibalik alur tulisan (Nanti saya jelaskan dengan contoh di bawah).
  • Kembangkan tema dan pembahasan sesuai dengan jenis artikel (Penjabaran lebih lanjut saya uraikan dibawah)
  • Buatlah kesimpulan. Kesimpulan bikinnya mudah. Anda bisa membuatnya dengan baik bila logika atau alur artikel anda benar.
Menulis Artikel
Demikian langkah-langkah penulisan artikel secara umum. Sedangkan langkah-langkah rincinya harus anda sesuaikan dengan bentuk artikel yang ingin anda tulis. Sebab tiap bentuk artikel memiliki cara penulisan berbeda.

1. Kepandaian yang dimiliki orang yang hidup berdekatan dengan pegunungan?
Masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan memilikiketerampilan dalam bidang pertanian. Tersedianya lahan pertanian yang subur dan cuaca yang sangat mendukung mereka biasanya bekerja di bidang pertanian.

2. Alat transportasi yang ada di daerah pegunungan.
Karena daerah pegunungan biasanya jalannya menanjak maka alat transportasi yang digunakan adalah kendaraan yang mampu melewati jalan yang menanjak seperti truk. Truk banyak digunakan di daerah pegunungan selain untuk mengangkut hasil pertanian juga untuk sarana transpotasi warga.

3. Mata pencaharian penduduk.
Disamping dimanfaatkan sebagai areal hutan, wilayah pegunungan banyak dibudidayakan perkebunan, seperti kina, karet dan teh. Penduduk yang bermukim di daerah pegunungan sebagian ada yang bekerja di penambang pasir,pertanian, ladang dan buruh perkebunan. Masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan biasanya bekerja sebagai petani dan buruh perkebunan.

4. Cara bergotong royong dan lain sebagainya.
Salah satu ciri warga pedesaan adalah kegiatan gotong-royong yang masih kuat. Bagi masyarakat pedesaan yang kehidupan masyarakatnya masih terasa kekerabatannya, kegiatan gotong royong masih sering dilaksanakan. Baik dalam kegiatan keluarga seperti dalam pesta perkawinan atau khitanan maupun membangun rumah. Juga dalam kegiatan kemasyarakatan seperti bersih desa, membangun pos kamling, dan membersihkan jalan serta selokan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:27 PM

2 komentar:

  1. pengetahuan baru..
    www.sepatusafetyonline.com

    ReplyDelete
  2. sangat berguna buat tugas sekolah semoga temen saya ga tinggal salin tapi buat sendiri hahahahahahahaha

    ReplyDelete

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....