Home » » Keunikan Alam Daerah Pantai

Keunikan Alam Daerah Pantai

Aku tinggal di daerah pantai. Setiap hari aku dibangunkan oleh suara ombak. Angin bertiup setiap hari dengan cukup kencang. Aku juga bisa melihat indahnya matahari terbenam setiap sore. Siang hari udara sangat panas. Karena kami tinggal di daerah pantai, ayahku bekerja sebagai nelayan. Setiap malam ayahku selalu berangkat ke laut untuk mencari ikan. Di tempatku ada tempat pelelangan ikan. Di tempat itu hasil ikan tangkapan ayahku dijual. Di sekitar rumah penduduk terdapat tempat penjemuran ikan. Ikan-ikan diawetkan dengan cara dijemur untuk dijual.

Setiap hari aku dan teman-temanku bermain di tepi pantai. Kami mencari kerang. Kerang tersebut kami jadikan hiasan dan kemudian kami jual.

Bagaimana kondisi alam daerah pantai?
Keadaan alam pantai tanahnya berpasir dan berhawa panas. Suhu udara di daerah pantai terasa sangat panas. Suhu rata-rata di daerah pantai pada siang hari bisa lebih dari 27°C. Kondisi suhu yang panas ini mengakibatkan penduduk daerah pantai berwarna kulit agak gelap.

Pekerjaan apa saja yang ada di daerah pantai?
Penduduk memilih mata pencaharian mereka sesuai dengan ketersediaan yang terkandung di alam. Sebagian besar penduduk daerah pantai lebih memilih bekerja sebagai nelayan dibandingkan bercocok tanam. Hal ini disebabkan kondisi wilayahnya yang lebih dekat ke laut. Di samping itu juga disebabkan oleh kondisi tanah yang kurang baik untuk dimanfaatkan bercocok tanam.

Apa beda daerahmu dengan yang ada di teks?
Beberapa pantai di Indonesia digunakan sebagai sarana transportasi dan bongkar muat barang. Daerah pantai yang digunakan sebagai dermaga pelabuhan, dapat Lebih jumpai, misalnya di dermaga bongkar muat barang Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, Tanjung Perak di Surabaya, dan Tanjung Emas di Semarang.

Dataran rendah merupakan dataran tempat untuk kosentrasi penduduk, karena itu daerah dataran redah sangat cocok untuk pemukiman penduduk dengan pola kosentris. Aktivitas penduduk terdiri atas berbagai jenis, mulai dari pertanian, dan  perikanan, Dibidang pertanian, perkebunan dan perikanan bisa dikembangkan karena tersedianya air yang cukup, di samping iklimnya yang menunjang untuk pertumbuhan tanaman dataran rendah.

Apa yang akan kamu lakukan kalau kamu tinggal di pantai?
Jika aku tinggal di daerah pantai aku akan membuat yang memiliki ventilasi yang banyak dan atap terbuat dari genteng tanah. Ventilasi yang banyak dimaksudkan agar banyak udara dingin yang masuk ke rumah. Karena kondisi udara daerah pantai sangat panas dan banyak angin.

Nah, saat ini aku ingin pergi ke rumah temanku Roni untuk membuat kerajinan kerang bersama. Bisakah kamu menjelaskan rute perjalanku? Rumahku berwarna hijau. Di sebelah rumahku terdapat dua pohon besar. Aku menuju arah timur. Rumah Roni adalah rumah kedua dari pertigaan jalan. Rumah Roni berada di kanan jalan.

Dari rumah Roni kami ingin menjual hasil kerajianan kami ke toko kerajinan. Kami naik sepeda menuju arah utara. Ketika bertemu pertigaan, kami berjalan menuju arah barat. Toko kerajinan berada di sebelah kanan jalan, no 3 dari pertigaan. Gambarkan rute perjalananku.

Membuat Pigura dari Kerang
Kerajinan tangan dari kulit dapat dijadikan hiasan di rumah ataupun oleh-oleh dari perjalanan wisata. Ada banyak jenis hasil dari kerajinan tangan dengan bahan dasar kerang ini. Semua bagian dari tubuh kerang dapat dijadikan kerajinan tangan yang memiliki keunikan. Salah satu hasil kerajinan dari kulit kerang adalah pigura.

Setiap proses produksi kerajinan tangan memiliki proses masing-masing. Berikut ini beberapa proses produksinya mulai dari poses pemilahan, pencucian, pengeringan, persiapan dan pembuatan. Ketika semua proses produksi tersebut dilakukan dengan cermat, maka akan menghasilkan produk kerajinan tangan kerang yang unik dan menarik. Adapun penjelasan masing-masing proses produksi tersebut antara lain.
  • Proses Pemilahan. Pilihlah cangkang kerang yang baik,  yaitu cangkang kerang lebar, tebal dan kokoh.
  • Proses Pencucian. Cangkang di bawah air mengalir atau wadah berisi air. Hal tersebut berguna untuk menghilangkan lumpur atau tanah yang melekat, selanjutnya dilakukan pembilasan sampai bersih.
  • Proses Pengeringan. Cangkang-cangkang tersebut dijemur pada ruang terbuka dengan tujuan agar kandungan air yang tersimpan cepat menguap..
  • Proses Persiapan. Proses persiapan mencakup segala hal produksi, seperti mendisain pola-pola yang akan dibentuk. Dengan memilih bentuk cangkang yang hampir sama ukuranya, 
Proses Pembuatan
Alat dan bahan yang digunakan:
  • Kertas karton
  • Kerang
  • Pasir pantai
  • Lem putih
Cara membuat pigura dari kerang laut:
  • Tentukan ukuran frame, bagian dalam harus sesuai dengan dimensi gambar.
  • Oleskan lem putih pada pinggiran kertas karton
  • Taburkan pasir pantai
  • Setelah itu, tempelkan kerang hias pada sudut-sudut, bentuk sesuai selera
  • Diamkan beberapa menit sampai lem mengering, dan siap untuk digunakan.
pigura kerang

Ketika membuat pigura, perhatikan kerapihan hasil karya yang dibuat, lakukan perbaikan dan membuang bagian yang tidak diperlukan agar karya yang dibuat tampak rajin.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:59 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....