Home » » Menjaga Kebersihan Tubuh Kita

Menjaga Kebersihan Tubuh Kita

Kesehatan adalah harta yang paling berharga, dengan tubuh yang sehat kita dapat menikmati hidup. Untuk apa memiliki banyak harta jika tubuh kita sakit, namun idealnya adalah memiliki tubuh sehat dan kecukupan dari segi materi. Kesehatan juga mahal harganya, maka jagalah sehatmu sebelum datang sakitmu. Menjaga kesehatan tubuh menjadi salah satu hal yang harus di lakukan oleh setiap orang. Banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh tersebut. Cara menjaga kesehatan tubuh dimulai dengan kegiatan yang kita lakukan sehari-hari dan bersifat mendasar.

Hal yang paling mendasar yang harus kita lakukan adalah mandi minimal dua kali sehari. Selain menggosok gigi dan mencuci rambut, saat mandi, bersihkanlah seluruh bagian tubuhmu dengan saksama dengan sabun dan air bersih. Terutama di bagian-bagiaan lipatan tubuh dan daerah pribadi kita. Tempat-tempat itu mengeluarkan keringat jauh lebih banyak dari pada bagian lain tubuh kita. Hal ini menyebabkan bagian tubuh ini mudah dihinggapi kuman penyakit dan juga dapat menimbulkan bau tak sedap.

1. Mandi
Mandi adalah mencuci tubuh dengan air dengan cara menyiramkan air ke badan atau merendam badan di dalam air. Kita perlu mandi untuk menghilangkan bau dan debu yang menempel pada tubuh. Mandi bermanfaat untuk memelihara kesehatan, menjaga kebersihan, serta mempertahankan penampilan agar tetap rapi. Setelah mandi, manusia biasanya merasa segar, bersih, dan santai. Mandi ternyata memiliki beberapa cara agar mandi tersebut dapat bermanfaat bagi tubuh kita. Beberapa cara mandi yang tepat antara lain sebagai berikut.
  • Mandilah dengan tepat waktu. Sebagian orang mandi biasanya ada menghabiskan waktu lama atau singkat. Jangan terlalu cepat dalam mandi karena akan berakibat pada kondisi fisik anda. Mandi terlalu cepat akan mengakibatkan kotoran yang menempel pada tubuh tidak terbuang dengan sempurna.
  • Mandi dengan air dingin atau biasa. Mandilah menggunakan air dingin atau biasa, ternyata air dingin mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan melembapkan kulit. Jika suhu udara sangat dingin, gunakanlah air panas untuk mandi dan menetralisir suhu yang ada di dalam tubuh. Mandi air panas dilakukan pada kondisi tertentu saja, jangan dibiasakan mandi air panas untuk sehari-hari.
  • Basahi tubuh dengan sempurna, ternyata mandi tidak hanya soal mengguyur air ke tubuh. Tapi harus diperhatikan dengan detail, agar air yang diguyur bisa masuk ke sela-sela tubuh yang tak tersentuh.Pastikan air masuk ke seluruh tubuh, lalu gosok dengan sabun. Setelah menggosoknya dengan sabun, bilas dengan air secara perlahan.
Kebersihan Tubuh
2. Menggosok Gigi
Menggosok gigi merupakan kegiatan membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang masing tertinggal di sela-sela gigi. Jika anda melakukan cara menggosok gigi dengan cara yang baik dan benar serta mengunakan teknik menggosok gigi yang pas, maka anda juga dapat terhindar dari berbagai masalah yang akan timbul, seperti gusi yang bengkak karena terlalu menekan keras sikat gigi, dan masalah klasik yang terjadi pada mulut (bau mulut).

Cara menyikat gigi dengan baik dan benar dapat dilakukan dengan cara mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Sikat gigi depan anda dengan cara menjalankan sikat gigi pelan-pelan dan naik turun. Biasanya orang yang menyikat gigi secara kasar, akan mengakibatkan gusi lecet dan berdarah.
  • Gosok bagian gigi sebalah kanan dan kiri. Caranya hampir sama dengan menyikat gigi depan anda, yaitu gosok perlahan dengan irama naik turun. Jika susah mengosok naik turun anda bisa menggosok biasa namun dengan durasi lebih lama.
  • Menggosok gigi geraham. Sikat dengan pelan-pelan sehingga kotoran tak ada yang tertinggal karena biasanya plak kuning terjadi di daerah ini. Gunakanan ujung bulu sikat untuk menjangkau area gigi geraham dengan sedikit tekanan sampai ujung sikat sedikit melungkung.
  • Menggosok gigi tengah dilakukan dengan cara menegakan lurus sikat gigi, lalu sikat gerakkan sikat keatas kebawah.

3. Pakaian
Mulai usia praremaja sampai usia dewasa, tubuh kita tumbuh pesat dan hormon-hormon pertumbuhan pun aktif bekerja. Hal ini menyebabkan keringat yang kita hasilkan menjadi lebih banyak dan lebih berbau. Hal ini terjadi pada semua orang, laki-laki dan perempuan. Sangatlah penting bagi kita, untuk membersihkan diri dengan lebih sering dan lebih saksama. Gunakan selalu pakaian yang bersih dan kering dan gantilah baju, termasuk pakaian dalam, minimal dua kali sehari.

Gunakanlah pakaian dengan bahan yang bersifat menyerap keringat misalnya pakaian yang terbuat dari katun. Bahan ini lembut, ringan, dan sangat nyaman. Bukan hanya itu, katun juga baik untuk kesehatan serta kebersihan tubuh Anda. Katun juga menyerap keringat yang ada dan dengan demikian mencegah pertumbuhan jamur.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:01 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....