Home » » Macam Alat Musik Ritmis

Macam Alat Musik Ritmis

Alat musik merupakan suatu alat yang dibuat untuk tujuan menghasilkan musik. Berdasarkan fungsinya alat musik dikelompokkan menjadi 3 (jenis) jenis, yaitu alat musik bernada/melodis, alat musik harmonis, dan alat musik tak bernada/ ritmis. Alat musik melodis adalah alat musik yang biasanya membunyikan melodi pada suatu lagu, pada umumnya alat musik ini tidak bisa memainkan kord secara sendirian. Contoh alat musik melodis. misalnya biola, trumpet, recorder, flute. Cara memainkan alat musik melodis yang satu berbeda dengan alat musik melodis yang lain. Ada alat musik melodis yang ditiup, dipetik, ditekan, atau digesek.

Alat musik ritmis adalah alat musik tidak bernada. Alat musik ini digunakan untuk keteraturan irama lagu. Cara memainkan alat musik ritmis adalah dengan dipukul, baik dipukul dengan tangan maupun dengan alat. Alat musik ritmis dapat dimainkan dengan cara dikocok. Penggunaan alat musik ritmis seringkali sebagai alat musik pengiring dan pengatur tempo lagu. Contoh alat musik ritmis adalah drum, rebana, tamborin, kastanyet, dan triangle. Salah satu alat musik tradisional Indonesia yang termasuk alat musik ritmis adalah gendang.

Alat musik harmonis adalah alat musik yang dimankan untuk memainkan harmoni pada suatu lagu. Karena alatmusik ini biasa memainkan harmoni maka cir-cirinya ialah bisa memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan. Contoh alat musik harmonis adalah guitar, keyboar, piano, harpha, kentrung, siter.

Berikut adalah beberapa contoh alat musik ritmis baik yang berasal dari Indonesia maupun mancanegara.
No.NamaKeterangan
1.Tamborin
Tamborin merupakan salah satu alat musik ritmis yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu yang berirama riang. Tamborin berbentuk berupa lingkaran logam yang pada sisi-sisinya terdapat bulatan-bulatan logam tipis yang dipasang rangkap. Tamborin ada juga yang menggunakan kulit. Tamborin memiliki beberapa simbal atau kerincingan logam kecil di sekeliling bingkainya yang akan mengeluarkan bunyi bergemerincing bila alat musik ini digoyangkan.
2.Rebana
Rebana adalah gendang berbentuk bundar dan pipih. Memiliki bingkai berbentuk lingkaran dari kayu yang dibubut dengan salah satu sisi untuk ditepuk berlapis kulit kambing. Kesenian di Malaysia, Brunei, Indonesia dan Singapura yang sering memakai rebana adalah musik irama padang pasir, misalnya, gambus, kasidah dan hadroh. Cara memainkan rebana dipukul-pukul dengan telapak tangan.
3.Drum
Drum termasuk  kelompok alat musik pukul yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul dengan tangan atau sebuah batang. Selain kulit, drum juga digunakan dari bahan lain, misalnya plastik. Drum terdapat di seluruh dunia dan memiliki banyak jenis, misalnya kendang, timpani, dan lain-lain. Dalam musik pop orang yang memainkan drum set disebut "drummer".
4.Kastanyet
Kastanyet merupakan alat musik yang terdiri atas sepasang kepingan gading atau kayu keras yang cekung yang digesek-gesekkan dengan (ibu) jari untuk mengiringi irama tari-tarian Spanyol. Kastanyet dimainkan dengan cara meletakkannya di tangan kiri lalu tangan kanan menepuk tangan kiri yang memegang kastanyet.
5.Triangle
Triangle merupakan alat musik dengan penampilan yang sangat sederhana berbentuk segitiga masuk dalam kategori perkusi idiofoni yang berarti menghasilkan suara dari getaran seluruh badan instrument tersebut. Triangle merupakan alat musik dari bahan besi logam berbentuk segitiga. Cara memainkannya adalah tangan kiri memegang gantungan tali, sedangkan tangan kanan memukul dengan batang pemukul dari besi.
6.Simbal tangan
Simbal merupakan alat musik yang telah dimainkan sejak zaman kuno, alat musik ini dimainkan dengan memukul. Simbal terdiri atas sepasang lempengan logam berbentuk lingkaran. Bagian tengah menonjol. Cara memainkannya kedua lempengan diadu atau digesekkan. Contoh simbal tangan digunakan pada Marching Band, simbal marching band biasanya terdiri atas dua keping yang terpasang pada kedua tangan pemainnya.
7.Kendang
Kendhang, atau gendang adalah instrumen dalam gamelan Jawa Tengah yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama. Kendang dibunyikan dengan tangan. Jenis kendang yang kecil disebut ketipung, yang menengah disebut kendang ciblon/kebar. Pasangan ketipung ada satu lagi bernama kendang gedhe biasa disebut kendang kalih. 
8.Timpani
Timpani merupakan alat musik tak bernada yang dipukul dengan alat. Stik atau mallet timpani berbahan dasar kayu berdiameter kurang-lebih 2 cm. ujungnya berbalut bola kapas yang biasanya terbuat dari bulu biri-biri Eropa yang sangat lembut. Tabung timpani yang berbentuk seperti mangkuk itu biasanya terbuat dari bahan kuningan atau fiber. Timpani biasanya hanya dimainkan beberapa kali saja.
9.Tifa
Tifa merupakan alat musik asli Papua. Bentuknya sebenarnya hampir mirip dengan Gendang, baik cara memukul maupun bahan yang terbuat dari kayu dan kulit hewan. Bedanya Tifa memiliki bentuk yang memanjang dan sedikit ramping dibagian tengah dibandingkan dengan Gendang yang memiliki bentuk yang cenderung membesar di bagian tegahnya. Alat Musik ini dimainkan dengan cara berdiri.
10.Marakas
Alat musik marakas mungkin sangat identik dengan suasana pantai dan angin laut yang segar. Marakas merupakan Alat Musik Ritmis Tradisional yang menghasilkan suara rincik yang semarak. Marakas diisi dengan butiran kecil yang menghasilkan bunyi apabila digoyangkan. Marakas termasuk dalam jenis perkusi idiophones atau autophones dan juga merupakan salah satu bagian penting dari musik Cuba, Salsa, Rumba, Charanga dan Trova Ensemble.
11.Konga
Konga terbuat dari kayu hampir sama dengan gendang dan bentuknya lebih panjang mempunyai keunikan tersendiri dalam bentuknya. Permukaanya menggunakan kulit hewan untuk menghasikan bunyi khas. Konga diletakan pada penyangga besi untuk gantungannya bertujuan agar pusisi tetap seimbang saat dimainkan. Teknik memaikannya alat musik konga dengan cara memukul dengan kedua tangan tanpa ada menggunakan alat bantu

Musik adalah salah satu sarana hiburan yang umumnya sangat disukai oleh semua kalangan masyarakat dari zaman dulu bahkan sampai sekarang. Musik tentunya tidak terlepasnya dari yang namanya instrumen musik atau alat musik. Alat Musik sendiri mempunyai berbagai macam jenis, menurut fungsinya alat musik terbagi menjadi 3 macam yakni ritmis, harmonis dan melodis.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:15 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.