Home » » Manfaat Olahraga Jalan Cepat

Manfaat Olahraga Jalan Cepat

Jalan cepat adalah gerak maju dengan melangkah tanpa adanya hubungan terputus dengan tanah. Setiap kali melangkah kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah. Saat melangkah satu kaki harus berada di tanah, maka kaki tersebut harus lurus/ lutut tidak bengkok dan tumpuan kaki dalam keadaan posisi tegak lurus. Kelihatanya olahraga jalan cepat mudah dilakukan, namun perlu latihan yang sungguh-sungguh untuk dapat melakukan jalan cepat dengan benar. Ketika dalam sebuah perlombaan jalan cepat, kesalahan teknik ini dapat membuat atlet terkena diskualifikasi.

Olah raga jalan cepat merupakan metode berjalan kaki dengan kecepatan di atas rata-rata kecepatan berjalan pada umumnya yaitu sekitar 7 sampai 9 kilometer per jam. Untuk membedakannya dari jogging atau berlari, jalan cepat mengharuskan setidaknya ada satu kaki yang menapak tanah ketika berjalan. Jalan Cepat bukan hanya sekedar olahraga, tapi jalan cepat juga merupakan olahraga yang menguras banyak energi namum menyehatkan, dan juga jalan cepat di pertandingkan di cabang olahraga athletik,.

1. Teknik Jalan Cepat
Jalan cepat berbeda dengan berlari. Yang membedakan antara jalan cepat dengan lari adalah pada gerakan jalan cepat, langkah-langkah kaki yang kita gerakan selalu ada salah satu kaki yang berhubungan atau kontak dengan tanah. Sedangkan pada gerakan lari, langkah-langkah kaki yang kita gerakan ada saat kedua kaki tidak berhubungan dengan tanah. Artinya pada lari pada saat tertentu kedua kaki melayang di udara.

Ada beberapa teknik dasar yang perlu kita ketahui agar jalan cepat tidak menyalahi peraturan perlombaan yang ada, Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam jalan cepat adalah sebagai berikut:
  • Pada saat melangkahkan kaki kita, kaki tumpu harus selalu kontak dengan tanah dan lutut harus dalam keadaan lurus, sebelum kaki yang dilangkahkan mendarat ditanah.
  • Bersamaan dengan mengangkat paha (misalnya tungkai kiri) kedepan, tungkai bawah kaki kiri dan tangan kanan diayunkan kedepan, dengan diikuti badan condong ke depan.
  • Pada saat kaki kiri mendarat atau kontak dengan tanah, segera paha tungkai kanan diangkat ke depan, bersamaan dengan tungkai bawah kaki kanan dan tangan kiri diayunkan ke depan, diikuti dengan badan condong ke depan, pandangan tetap lurus ke depan.
  • Kaki mendarat mulai dari tumit kemudian berangsur-angsur menuju ke ujung kaki, lutut dalam keadaan lurus.
  • Gerakan lengan dan bahu jangan terlalu tinggi mengangkatkannya.
  • Selama berjalan usahakan agar pinggul tetap rendah dan berada di bawah, keadaan ini harus diusahaakan tetap terpelihara, hindari gerakan ke samping yang berlebihan.

2. Manfaat Olahraga Jalan Cepat
Manfaat Olahraga Jalan CepatJalan cepat selain sebagai perlombaan ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan badan kita. Dengan olahraga jalan cepat tubuh kita dibuat untuk banyak bergerak. Olahraga jalan cepat membuat otot dan rangka tubuh bergerak, denyut jantung meningkat sehingga darah beserta oksigen dan nutrisi bisa disalurkan dengan baik ke seluruh tubuh.

Jarang berolahraga membuat penyaluran oksigen ke seluruh tubuh bisa terganggu. Dampaknya, otot tubuh akan kekurangan oksigen sehingga membuat badan terasa pegal-pegal dan kaku. Kekurangan oksigen juga membuat kerja otak tidak maksimal sehingga mudah pusing dan susah konsentrasi. Agar badan kita tetap bugar kita dapat memanfaatkan jalan cepat untuk menjaga kesehatan badan. Manfaat jalan cepat bagi kesehatan kita antara lain sebagai berikut.
  • Membiasakan diri berjalan cepat setengah jam setiap hari akan menjamin kebugaran tubuh. Dengan tubuh yang bugar membantu tubuh merasa lebih sehat dan memiliki lebih banyak energi untuk bekerja dan beraktifitas.
  • Manfaat jalan cepat bagi kesehatan yang lain yaitu untuk mengontrol berat badan. Gerakan sederhana tetapi efisien ini dapat membakar banyak kalori serta mengaktifkan seluruh otot-otot didalam tubuh kita.
  • Banyak ahli kesehatan menyarankan olahraga ini karena disinyalir olahraga jalan cepat baik untuk permasalahan dengan organ jantung, menambah kinerja jantung, dan dapat mengurangi kolesterol jahat didalam tubuh manusia serta melindungi kesehatan jantung.
  • Dengan berolahraga jalan cepat denyut jantung meningkat sehingga darah mampu menyalurkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan lancarnya peredaran darah kerja otak menjadi maksimal dan bagus dalam berkonsentrasi.
  • Olahraga jalan cepat juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan paru-paru, karena dalam olahraga jalan cepat menuntut kerja paru-paru dalam bernafas untuk mengambil oksigen yang dibutuhkan tubuh melalui pernapasan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:49 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....