Home » » Jenis Jenis Batang Tumbuhan

Jenis Jenis Batang Tumbuhan

Batang merupakan bagian utama tumbuhan. Tumbuh-tumbuhan yang benar-benar tidak berbatang sesungguhnya tidak ada, hanya tampaknya saja tidak ada. Hal itu disebabkan karena batang amat pendek, sehingga semua daunnya seakan-akan keluar dari bagian atas akarnya. Tumbuh tumbuhan dapat berdiri tegak karena adanya batang. Batang mempunyai peran dan fungsi yang penting bagi tumbuhan. Batang berguna untuk menopang agar tumbuhan dapat tegak, mengangkut air dan zat-zat makanan, menyimpan makanan cadangan dan juga sebagai alat perkembangbiakan. Batang tumbuhan dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu batang berkayu, batang berumput, dan batang basah.
  • Batang basah, memiliki batang yang lunak dan berair, batangnya tidak keras, batang mudah dipotong, batang pendek. Contoh tumbuhan berbatang lunak adalah: pohon pisang, bayam, pacar air, selada air, krokot, dan kangkung
  • Batang berkayu, memiliki kambium, arah pertumbuhan ke luar membentuk kulit dan ke dalam membentuk kayu, dan batang bertambah besar. Contoh tumbuhan berbatang kayu adalah : jambu, mahoni, nagka, jati, albasia, trembesi, dan rambutan
  • Batang rumput, batang tidak berkayu, memiliki ruas-ruas yang nyata, dan berongga, serta batang rumput umumnya pendek. Contoh tumbuhan yang memiliki batang rumput adalah : padi, jagung, tebu. rumput gajah, dan gelagah, .
Jenis Jenis Batang Tumbuhan

Pada umumnya batang mempunyai ciri-ciri berikut :
  • Umumnya berbentuk panjang bulat seperti silinder atau dapat pula mempunyai bentuk lain, misalnya berbentuk bintang.
  • Terdiri atas ruas-ruas yang masing-masing dibatasi oleh buku-buku dan pada buku-buku inilah muncul tunas yang membentuk cabang batang, daun, atau akar.
  • Biasanya tumbuh ke atas menuju cahaya atau matahari.
  • Selalu bertambah panjang di ujungnya.
  • Mengadakan percabangan dan selama hidupnya tumbuhan, tidak digugurkan, kecuali kadang-kadang cabang atau ranting yang kecil.
  • Umumnya tidak berwarna hijau, kecuali tumbuhan yang umurnya pendek, misalnya rumput dan waktu batang masih muda.

Perbedaan batang berkayu dan batang tidak berkayu
Batang berkayu biasanya terdapat pada tumbuhan berbiji belah (dikotil), sedangkan batang tidak berkayu biasanya pada tumbuhan berbiji tunggal, perbedaan diantara keduanya antara lain sebagai berikut :
  1. Batang tumbuhan dikotil biasanya bercabang sedangkan batang tumbuhan monokotil tidak bercabang.
  2. Batang tumbuhan dikotil pembuluh angkutnya tersebar sedangkan tumbuhan monokotil pembuluh angkutnya tersusun dalam lingkaran/berseling radial.
  3. Batang tumbuhan dikotil memiliki kambium sehingga dapat tumbuh membesar sedangkan batang dikotil tidak memiliki kambium sehingga tidak dapat tumbuh membesar.
  4. Tumbuhan batang dikotil memiliki jari-jari empulur berupa deretan parenkim diantara berkas pengangkut sedangkan batang dikotil tidak mempunyai jari-jari empulur.
  5. Batang dikotil dapat dibedakan daerah korteks dan empulurnya sedangkan batang dikotil tidak dapat dibedakan korteks dan empulurnya.

Pemanfaatan Batang Tumbuhan
Batang tumbuhan khusunya tumbuhan yang berkayu biasanya digunakan sebagai bahan bangunan dan bahan pembuatan perabotan rumah tangga. Bahan bangunan yang terbuat dari kayu misalnya papan, reng, kusen, pintu, jendela, usuk, dan gording, Sedangkan perabot rumah tangga yang biasanya terbuat dari kayu adalah lemari, meja, kursi, dipan, dan lain-lain.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 12:15 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....