Home » » Hubungan Antara Manusia dan Air

Hubungan Antara Manusia dan Air

Semua makhluk hidup, mulai dari pohon beringin yang besar hingga seekor siput yang kecil, memerlukan air untuk kelangsungan hidupnya dan pertumbuhannya. Tanaman-tanaman berhijau daun memerlukan air untuk membuat makanannya. Tiga per empat bagian tubuh manusia terdiri atas air. Air diperlukan oleh hampir semua bagian tubuh manusia. Air diperlukan untuk membantu mencerna makanan. Air membantu sel darah untuk menyebarkan makanan ke semua bagian tubuh. Air juga membantu membuang kotoran sisa proses metabolisme tubuh.

Manusia menggunakan air untuk berbagai keperluan. Para petani menggunakan air untuk membantu tanamannya tumbuh dan berkembang dengan baik. Para nelayan menggunakan air untuk keperluan budidaya perikanan. Air digunakan sebagai pembangkit listrik untuk keperluan sehari-hari. Air juga digunakan sebagai sarana transportasi. Berbagai sumber air telah ada di bumi sejak dahulu. Sungai dan danau, merupakan salah satu contoh sumber air yang terbentuk secara alami.

Laut juga merupakan sumber air. Mengapa air penting bagi kita ? Salah satu kebutuhan pokok sehari-hari makhluk hidup di dunia ini yang tidak dapat terpisahkan adalah Air. Tidak hanya penting bagi manusia Air merupakan bagian yang penting bagi makhluk hidup baik hewan dan tubuhan. Tanpa air kemungkinan tidak ada kehidupan di dunia inti karena semua makhluk hidup sangat memerlukan air untuk bertahan hidup.

Sebagian besar zat pembentuk tubuh manusia itu terdiri dari 73% adalah air. Kehidupan yang ada di dunia ini dapat terus berlangsung karen tersedianya Air yang cukup. Berikut ini air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia dengan segala macam kegiatannya, antara lain digunakan untuk:
  • Keperluan rumah tangga, misalnya air digunakan untuk minum, masak, mandi, mencuci dan mengepel lantai,
  • Keperluan industri, misalnya air digunakan sebagai bahan baku minuman kemasan, selain itu air juga digunakan untuk pembangkit tenaga listrik yang sangat dibutuhkan oleh sektor industri.
  • keperluan pertanian dan peternakan, para petani sangat membutuhkan air dalam jumlah yang banyak untuk mengairi sawah dan lahan pertaniannya. Para peternak juga sangat membutuhkan air untuk memelihara ternak mereka.
  • Keperluan pelayaran, dalam pelayaran sangat membutuhkan air sebagai sarana transportasi.

Bumi yang kita tempati juga terdiri sebagian besar dari air. Maka tidak heran jika air dapat kita temukan di mana-mana. Air dapat kita temukan di laut, sungai, danau, waduk, bendungan, kolam, sumur dan masih banyak tempat lainnya.

Air dalam jumlah yang banyak ternyata dapat menimbulkan bencana. Bencana banjir tidak dapat dihindari bila musim hujan berkepanjangan telah melanda. Banyak dampak yang menyebabkan kerusakan dan dapat merugikan banyak orang bila terkena musibah banjir. Berikut dampak-dampak terhadap lingkungan karena banjir :
Banjir
  1. Banjir dapat merusak sarana dan prasarana, karena banjir dapat merusak bahkan menghancurkan rumah, gedung, mobil atau angkutan umum.
  2. Banjir dapat melumpuhkan jalur transportasi. Bila bencana banjir datang banyak jalanan yang lumpuh dan tidak bisa dilewati oleh semua jenis kendaraan, baik itu mobil maupun motor. Karena genangan air yang cukup tinggi sehingga membuat motor atau mobil tidak mampu melewati daerah tersebut dan menyebabkan jalanan tersebut lumpuh dan macet total. Selain mobil dan motor, lalu lintas kereta api pun jadi terhambat akibat banjir.
  3. Banjir dapat merusak dan menghilangkan harta benda, peralatan, bahkan jiwa manusia. Banyak yang kehilangan harta benda bila benca banjir datang, dan juga kehilangan berbagai macam peralatan rumah karena banjir yang memasuki rumah terutama benda elektronik. Yang paling berharga apabila bencana banjir ini sampai merenggut korban jiwa.
  4. Banjir menghentikan aktivitas sehari-hari, seperti kegiatan bekerja dan sekolah. Bencana banjir membuat semua orang kehilangan kegiatan karena banyak sekolah yang terkena banjir dan jalur transportasi lumpuh yang menyebabkan banyak orang tidak dapat berangkat kekantor.
  5. Banjir dapat menyebabkan pemadaman listrik. Jika bencana banjir melanda suatu tempat, maka tempat tersebut akan terkena pemadaman listrik untuk mencegah terjadinya musibah lain seperti listrik kornslet. Dengan tidak adanya listrik akan membuat aktifitas terhenti.
  6. Banjir dapat mencemari lingkungan sekitar. Luapan air banjir dapat membuat lingkungan menjadi kotor akibat sampah-sampah yang menumpuk atau sampah yang tergenang akibat banjir tersebut.
  7. Banjir dapat menyebabkan erosi dan tanah longsor. Semakin deras hujan turun maka semakin tinggi air banjir yang menyebabkan tanah dan jalana terkikis dan dapat menjadi longsor.

Demikian juga pada saat musim kemarau, dengan berkurangnya jumlah air permukaan mengakibatkan banyak kerugian bagi manusia. Seperti kita lihat di televisi banyak warga yang mengantri untuk mendapatkan air bersih. Ada juga warga masyarakat yang harus berjalan beberapa kilometer untuk mendapatkan air bersih.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 11:47 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....