Home » , , , » Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Teks “Bertemu Orang Utan di Taman Nasional Tanjung Puting”

Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Teks “Bertemu Orang Utan di Taman Nasional Tanjung Puting”

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VI Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Kalimat Langsung dan Tidak Langsung. Tujuan pembelajaran kali ini adalah peserta didik tahu ciri-ciri dan mampu mengubah kalimat langsung dan tidak langsung.

Pada kegiatan pembelajaran kali ini peserta didik akan mengenali dan memahami fungsi tanda titik, koma, tanda tanya, tanda seru, elipsis, tanda kutip, serta dapat membacanya dengan intonasi yang sesuai konteks/register formal/informal.

Kalimat langsung adalah kalimat yang menirukan apa yang diujarkan orang secara cermat. Kalimat langsung ini dapat berupa kalimat tanya, berita, atau kalimat perintah. Sementara kalimat tidak langsung adalah kalimat yang berisi ungkapan apa yang diujarkan orang.
Orang Utan
Pada bacaan “Bertemu Orang Utan di Taman Nasional Tanjung Puting” terdapat kalimat langsung dan tidak langsung. Jika kalian cermati kembali, adakah perbedaan yang bisa kalian temukan pada kalimat-kalimatnya? Berikut adalah perbedaan antara kalimat langsung dan tak langsung
Definisi
Kalimat LangsungKalimat Tidak Langsung
Kalimat yang langsung diucapkan oleh pembicara atau pelakuKalimat yang tidak langsung diucapkan oleh pembicara atau pelaku.
Ciri-Ciri
Kalimat LangsungKalimat Tidak Langsung
  1. Menggunakan tanda petik dua (“…”)
  2. Sebelum tanda petik dua, dipisahkan dengan tanda koma (,)
  3. Huruf pertama di awal petikan menggunakan huruf kapital
  1. Tidak menggunakan tanda petik dua 
  2. Menggunakan kata hubung bahwa, agar, untuk, dan untuk pertanyaan menggunakan kata apakah serta mengenai. 
Contoh
Kalimat LangsungKalimat Tidak Langsung
  1. Lani berkata, “Kunang-kunang di hutan ini cantik sekali.” 
  2. “Apakah kamu sudah lapar?” tanya Ibu kepadaku
  1. Lani mengatakan bahwa kunang-kunang di hutan ini cantik sekali.
  2. Ibu bertanya apakah aku sudah lapar.

Latihan
Di catatan perjalanan dengan kelotok, terdapat beberapa kalimat langsung dan tidak langsung. Bekerjalah dengan teman sebangkumu.Carilah kalimat langsung dan tidak langsung dalam teks tersebut dan ubahlah jenis kalimatnya tanpa mengubah maknanya.
bawah ini dengan informasi yang kalian dapatkan dari catatan perjalanan di halaman sebelumnya. 
No.Kalimat LangsungKalimat Tidak Langsung
1.Adikku yang berusia enam tahun berseru, “Asyik sekali menjelajah hutan.”Adikku yang berusia enam tahun menyerukan bahwa menjelajah hutan itu asyik sekali.
2.“Penduduk di sekitar taman nasional sangat menghormati Prof. Birute dan memanggilnya ibu,” kata pemandu kami.Pemandu kami mengatakan bahwa penduduk di sekitar taman nasional sangat menghormati Prof. Birute dan memanggilnya ibu.
3.Ibu berkata, “Birute Galdikas adalah peneliti dan aktivis yang mengadvokasi pelestarian orang utan dan hutan hujan tropis. Ibu mengatakan bahwa Birute Galdikas adalah peneliti dan aktivis yang mengadvokasi pelestarian orang utan dan hutan hujan tropis.
4.Pak Safei memberi tahu kami, “Itu Rini, dan dua bayinya, Ricak dan Robby.”Pak Safei memberi tahu kami bahwa orang utan itu bernama Rini dan dua bayinya bernama Ricak dan Robby.
5. “Semua orang mematuhi perintah ibu untuk tidak mengambil ikan di area taman nasional,” tambah Pak Safei.Pak Safei menambahkan bahwa semua orang mematuhi perintah ibu untuk tidak mengambil ikan di area taman nasional.

Demikian pembahasan mengenai Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas VI Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:59 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.