Home » , , , » Membuat Peta Pikiran untuk Merangkum

Membuat Peta Pikiran untuk Merangkum

Kalian telah belajar merangkum dengan mengurutkan gagasan pokok setiap bab atau subbab pada buku atau pada bab buku. Cara lain untuk membantu kalian merangkum adalah mencatat ide kalian selama membaca dalam peta pikiran. Peta pikiran akan membantu kalian merancang rangkuman. Kalian mungkin akan merasa bingung harus memulai dari mana, mencampurkan ide-ide, atau justru kehilangan ide pokok dari cerita. 

Dengan mengatur pikiran kalian secara visual, kalian dapat melihat semua gagasan pokok di depan mata dan bagaimana mereka saling terkait satu sama lain. Hal ini akan membantu kalian memahami isi cerita dan menulis rangkuman secara lebih cepat, tepat, dan efektif. 

Menggunakan peta pikiran merupakan strategi membaca untuk meningkatkan pemahaman melalui pengelompokan ide yang muncul dalam proses membaca dan mengaitkan satu ide dengan ide yang lain. Langkah-angkah merangkum menggunakan peta pikiran dapat dimulai sebelum  membaca buku
  1. Sebelum membaca bacalah bagian parateks buku (misalnya informasi hak cipta, daftar isi, kata pengantar, atau sinopsis buku) secara sepintas lalu untuk mengetahui ide dasar pada materi buku. 
  2. Selama membaca, tandai informasi pada  buku dengan pensil. Misalnya, dengan menggarisbawahi informasi yang penting, melingkari kosakata, frasa, atau kalimat yang belum  dipahami, atau membubuhkan tanda tanya pada informasi yang dipertanyakan. 
  3. Setelah membaca, tuliskan ide yang paling umum pada bagian tengah peta pikiran, kemudian menempatkan gagasan pokok sebagai cabang ide besar tersebut. 
  4. Tarik garis-garis yang menghubungkan antargagasan  tersebut.

Bagaimana cara membuat peta pikiran? Sebenarnya, tidak ada aturan yang baku. Kalian dapat berkreasi sebebasnya dengan peta pikiran. Mulailah dengan judul buku atau topik tertentu. Lalu, buatlah garis-garis cabang setiap bab, poin-poin penting di dalamnya, dan keterkaitan mereka. Setelah selesai, kalian dapat melihat seberapa banyak kalian telah memahami isi sebuah buku atau topik tertentu.

Tantangan:
Kalian telah mengamati contoh peta pikiran isi buku Itam dan U. Sekarang kalian dapat membuat peta pikiran sebuah bacaan fiksi atau nonfiksi dari perpustakaan sekolah. Ingatlah untuk mencatat bagian-bagian buku terlebih dahulu seperti yang telah kalian lakukan pada kegiatan 4.


Peta Pikiran

Demikian pembahasan mengenai Membuat Peta Pikiran untuk Merangkum. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:11 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.