Home » , , , » Struktur Teks Biografi R.A. Kartini

Struktur Teks Biografi R.A. Kartini

Biografi termasuk dalam kategori teks cerita ulang. Biasanya, cerita ulang disusun secara kronologis, mengikuti urutan waktu peristiwa yang terjadi. Dalam hal fungsi dan tujuan, cerita ulang masuk dalam jenis teks narasi. Tujuannya adalah untuk mengisahkan suatu peristiwa atau kisah dengan sejelas mungkin, sehingga pembaca atau pendengar seakan-akan dapat menyaksikan peristiwa tersebut secara langsung.

Seperti halnya teks cerita pendek atau novel, dalam biografi terdapat unsur-unsur seperti penokohan, latar, dan alur kejadian. Karena biografi ditulis oleh orang lain, maka dalam penulisannya menggunakan kata ganti orang ketiga tunggal seperti ‘ia’, ‘dia’, atau ‘beliau’. Penggunaan kata ganti ini bervariasi tergantung pada penyebutan nama atau panggilan tokoh. Pada biografi juga banyak digunakan kata-kata deskriptif untuk memberikan gambaran yang lebih rinci tentang sifat-sifat tokoh. Contohnya, kata sifat seperti genius, rajin, dan ulet. Selain itu, biografi juga sering menggunakan kata kerja untuk menjelaskan peristiwa atau tindakan fisik yang dilakukan oleh tokoh. Misalnya, belajar, membaca, berjalan, atau melempar.

Biografi juga banyak menggunakan kata kerja mental dalam rangka penggambaran peran, contohnya: memahami, menyetujui, menginspirasi, mencintai. Selain itu, biografi juga sering menggunakan kata sambung, kata depan, ataupun nomina yang berhubungan dengan urutan waktu. Contoh: sebelum, sudah, pada saat, kemudian, selanjutnya, sampai, hingga, pada tanggal, nantinya, selama, saat itu. Hal ini terkait dengan pola pengembangan teks cerita ulang yang pada umumnya bersifat kronologis.

Untuk memahami sebuah teks, kalian juga perlu mendalami strukturatau bagian-bagiannya. Teks biografi dan teks rekon berisi kisah kehidupan atau pengalaman seseorang yang berbentuk cerita dengan penyajian secara kronologis sesuai urutan waktu. Untuk itu, teks biografi dan teks rekon memiliki struktur yang sama terdiri atas tiga bagian, yaitu orientasi, masalah atau peristiwa/kejadian penting, dan reorientasi. Penjelasannya sebagai berikut.
  1. Orientasi merupakan pengenalan tokoh atau gambaran awal mengenai iden titas tokoh atau sosok biografi. Orientasi umumnya berisi nama, tempat dan tanggal lahir, latar belakang keluarga, serta riwayat pendidikan.
  2. Masalah atau peristiwa/kejadian penting berupa paparan suatu cerita yang berisi berbagai kejadian/peristiwa saat tokoh mengalami masalah, memecahkan masalah, proses karier, peristiwa menyenangkan, menegangkan, menyedihkan, atau mengesankan hingga akhirnya me ngan tarkannya mencapai mimpi, cita-cita, dan kesuksesan.
  3. Reorientasi merupakan bagian penutup atau simpulan. Bagian ini berisi pandangan, ulasan, atau pemikiran penulis secara pribadi atas biografi tokoh yang dikisahkan. Reorientasi ini bersifat pilihan semata, jadi boleh ada maupun tidak ada.

Struktur Teks Biografi R.A. Kartini
Struktur TeksNomor ParagrafAlasan
OrientasiParagraf 1 dan 2Berisi pengenalan R.A Kartini secara umum, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, latar belakang keluarga, serta riwayat pendidikan.
Permasalahan atau peristiwa pentingParagraf 3 sampai 7Berisi permasalahan hidup atau kejadian penting/ peristiwa yang pernah dialami oleh R.A Kartini, seperti beliau mendirikan sekolah bagi gadis–gadis di Jepara, Selain pendidikan, Kartini juga menaruh perhatian pada masalah sosial yang terjadi. Menurutnya, seorang wanita perlu memperoleh persamaan, kebebasan, otonomi serta kesetaraan hukum. Tidak ada sebuah diskriminasi jenis kelamin.
ReorientasiParagraf 8Tahap ini adalah bagian penutup atau simpulan. Berisi mengenai pandangan dan pemikiran penulis terhadap sosok R.A Karini

Demikian pembahasan mengenai Struktur Teks Biografi R.A. Kartini. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum Merdeka, Kemendikbud.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:33 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.