Home » , , , » Mengidentifikasi Fakta dan Data dalam Teks Pidato

Mengidentifikasi Fakta dan Data dalam Teks Pidato

Pidato merupakan kegiatan mengungkapkan pikiran dalam bentuk katakata yang ditujukan pada orang banyak. Pidato juga diartikan sebagai cara menyampaikan ide/gagasan dalam bentuk kata-kata dengan ekspresi wajah, intonasi suara, dan gestur. Pidato disampaikan untuk beberapa tujuan, di antaranya untuk menyampaikan informasi dan memengaruhi khalayak. Untuk mencapai tujuan itu, biasanya penulis memasukkan data dan fakta agar pendengar tertarik mengikuti pidatonya sampai selesai. 

Tujuan pidato yaitu untuk menyampaikan informasi, mengajak seseorang untuk melakukan hal tertentu, dan memberi motivasi serta hiburan. Untuk mencapai tujuan itu, biasanya penulis memasukkan data dan fakta agar pendengar tertarik mengikuti pidatonya sampai selesai. Sebab, informasi yang disampaikan dalam pidato harus berupa fakta dan data yang benar.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fakta adalah hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan atau sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Sedangkan, data adalah keterangan yang benar dan nyata. Sebuah pidato harus berisi fakta dan data untuk memperkuat pendapat sang pemberi pidato dan membuat pendengarnya percaya.
fAKTA DAN dATA
Sebuah teks pidato terkadang juga memuat kata ilmiah. Kata ilmiah adalah kata-kata yang berdasarkan ilmu pengetahuan tertentu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata ilmiah adalah kata bersifat ilmu, secara ilmu pengetahuan atau memenuhi kaidah ilmu pengetahuan. Biasanya teks pidato menggunakan kata-kata ilmiah yang sesuai dengan topik yang akan disampaikan.

Berlatih
1. Kalian sudah membaca teks pidato “Masalah Sampah”. Temukan informasi yang bersifat fakta dan data dalam teks pidato tersebut dan tuliskan di dalam tabel berikut!
FaktaData
Saat ini sampah sudah menjadi masalah yang memprihatinkan dalam kehidupanKementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) merilis bahwa jumlah timbunan sampah nasional sebesar 175.000 ton per hari atau setara 64 juta ton per tahun dengan asumsi sampah yang dihasilkan setiap orang 0,7 kg per hari
Setiap orang menghasilkan sampah yang tidak sedikit jumlahnya, baik sampah organik maupun sampah anorganik.Sampah yang paling banyak dihasilkan adalah sampah organik, seperti sisa makanan dan tumbuhan, diikuti oleh sampah anorganik, seperti plastik, kertas, kaleng, kaca, dan botol minuman.
Perilaku membuang sampah sembarangan di tempat-tempat umum, seperti di jalanan, selokan, sungai, ataupun laut adalah perilaku tidak terpujiSampah tersebut juga menyebabkan pendangkalan sungai. Jika hujan turun, air akan meluap ke permukiman warga.
Banjir disebabkan oleh selokan yang tersumbat karena banyaknya sampah yang dibuang sembarangan.Bencana yang akan timbul bila kita membuang sampah sembarangan salah satunya adalah banjir
Selain menyebabkan banjir dan merusak ekosistem laut, sampah anorganik juga dapat merusak unsur hara pada tanah sebab sampah anorganik membutuhkan waktu lama untuk teruraiJika sampai di laut, sampah akan merusak ekosistem laut. Terumbu karang menjadi rusak, biota laut akan mati, dan ikan tidak bisa berkembang biak. Selain menyebabkan banjir dan merusak ekosistem laut, sampah anorganik juga dapat merusak unsur hara pada tanah sebab sampah anorganik membutuhkan waktu lama untuk terurai.

2. Temukanlah kata-kata ilmiah dalam teks pidato “Masalah Sampah”, kemudian tuliskan di dalam tabel berikut. Temukan artinya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia cetak ataupun daring. Kalian juga dapat menggunakan sumber lain untuk menemukan arti kata-kata ilmiah tersebut.
No.Kata IlmiahLetakArti Kata
1.OrganikPargaraf 2zat yang berasal dari makhluk hidup
2.AnorganikPargaraf 2benda selain manusia, tumbuhan, dan hewan; benda yang tidak hidup
3.AsumsiPargaraf 2dugaan yang diterima sebagai dasar, dugaan sementara, atau landasan berpikir yang dianggap benar
4.ProduksiPargaraf 3hasil atau proses mengeluarkan hasil
5.OksigenPargaraf 4gas yang tidak berwarna, berasa, dan berbau; zat asam
6.HaraPargaraf 4zat yang diperlukan tumbuhan atau hewan untuk pertumbuhan
7.KomposPargaraf 4pupuk campuran yang terdiri atas bahan organik (daun, jerami, dan kotoran hewan yang membusuk)

Demikian pembahasan mengenai Mengidentifikasi Fakta dan Data dalam Teks Pidato  Novel. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas XII Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:52 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.