Home » , , , » Mendiskusikan Informasi dalam Teks Eksplanasi

Mendiskusikan Informasi dalam Teks Eksplanasi

Secara umum, teks eksplanasi adalah teks yang berisi rentetan peristiwa yang terjadi secara konkret berdasarkan fakta. Artinya, teks eksplanasi ini menjelaskan tentang alasan atau metode mengenai kejadian suatu peristiwa yang berkaitan dengan hubungan sebab-akibat.

Teks eksplanasi bertujuan memberikan pemahaman dan wawasan secara jelas kepada pembaca . Itulah sebabnya, di dalam teks eksplanasi harus memuat proses, sebab, dan akibat suatu kejadian .

Hati-Hati Tukang Tipu!
Biasanya, ketika seseorang mulai menjadi wirausaha, salah satu pertanyaan yang diajukan adalah dapat modal dari mana. Sayangnya, kebutuhan akan modal ini dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. Tak jarang, penipuan tersebut mengiming-imingi calon korban dengan hadiah atau undian dengan jumlah yang besar. Pada ujungnya, korban justru merugi karena harus mengeluarkan sejumlah uang. Niatnya mendapatkan modal justru menjadi korban penipuan.

Bagaimana cara mengenali bahwa kalian sedang berhadapan dengan penipu?

Pertama, biasanya pelaku menghubungi korban melalui layanan pesan singkat (SMS-short message service), telepon, atau aplikasi chat dan mengaku dari perusahaan besar. Kedua, isi pesannya memberi kabar bahwa korban mendapatkan hadiah atau memenangi undian. Ketiga, nomor yang digunakan adalah nomor pribadi.

Bunyi pesannya biasanya seperti ini. Perhatikan, penulisan pesannya pun tidak menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dapatkah kalian menemukan kesalahannya?
Penipu
Jika perintah dalam pesan tersebut dituruti, pelaku akan menggiring korban untuk melakukan transfer uang. Biasanya alasannya untuk membayar pajak atau biaya pengiriman hadiah. Jika korban menolak, pelaku akan mengancam, misalnya rekening diblokir, hadiah hangus, atau ancaman lain. 

Sekarang kalian sudah tahu ciri-ciri si tukang tipu. Apa yang harus kalian lakukan sebagai tindakan berjaga-jaga?
  1. Jangan pernah memberikan kata sandi atau password apa pun kepada orang lain. Kata sandi adalah milik kalian pribadi. Cukup kalian dan orang tua yang tahu.
  2. Waspadalah terhadap telepon, chat, SMS, atau email mencurigakan dari pihak yang tidak dikenal, sekalipun ada nama perusahaan terkenal yang disebutkan.
  3. Laporkan hal tersebut kepada orang tua atau guru. Jika diperlukan, orang tua atau guru akan melakukan pengecekan ke kantor resmi lembaga atau perusahaan yang disebutkan dalam SMS.
  4. Jangan sembarangan menghubungi nomor atau website yang tercantum dalam pesan tersebut

Sekarang, diskusikan pertanyaan berikut ini dalam kelompok 3—5 orang.
PertanyaanJawaban
Apakah kalian, teman kalian, atau keluarga kalian pernah mendapatkan pesan semacam itu?Pernah
Apa yang sebaiknya kalian lakukan ketika mendapatkan pesan tersebut? Mengabaikannya atau menghapusnya segera.
Mengabaikannya dan segera menghapusnya.Alasan: karena saya sudah mengetahui bahwa itu penipuan. Informasi bahwa itu penipuan saya dapatkan dari orang tua dan saudara yang pernah mendapatkan pesan sama.
Bagaimana cara kalian menyebarkan informasi agar teman dan keluarga kalian terhindar dari penipuan semacam ini?Menunjukkan pesan itu kepada teman atau anggota keluarga untuk waspada dan tidak tergoda
Ada orang yang sudah mengetahui penipuan ini. Dia menjawab pesan dari penipu dengan tujuan berbuat iseng untuk membalas perbuatan penipu tersebut. Orang-orang ini berpura-pura sudah mentransfer uang sesuai permintaan penipu, istilahnya menipu penipu.Apakah kalian setuju dengan perbuatan tersebut? Sebutkan alasan kalian.Saya setuju dan juga tidak setuju. Saya setuju karena sekali-sekali, penipu perlu diberikan efek jera.Saya tidak setuju karena hanya akan membuang waktu dan energi saja untuk menanggapinya..

Demikian pembahasan mengenai Mendiskusikan Informasi dalam Teks Eksplanasi  Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:55 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.