Home » , , , » Memahami Teks Pidato yang Memuat Sebab Akibat

Memahami Teks Pidato yang Memuat Sebab Akibat

Pidato merupakan sarana yang sering digunakan oleh seseorang untuk menyampaikan tujuannya dalam suatu forum. pidato juga disebut sebagai kegiatan berbicara di depan banyak orang. Pidato dilakukan dengan menggunakan bahasa yang baik dan dapat diterima oleh pendengar.

Umumnya, orang yang melakukan pidato akan menyampaikan gagasannya kepada orang lain atau pendengar. Menurut KBBI, pidato adalah sebuah pengungkapan pikiran ke dalam bentuk kata-kata. Pidato ditujukan kepada orang banyak. Selain itu, pidato adalah wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Pidato dilakukan untuk menyampaikan sebuah pendapat atau uraian. Pidato dilakukan oleh seseorang secara lisan. Informasi di dalam pidato menjelaskan mengenai suatu hal atau sebuah masalah. Pidato akan dilakukan dengan menggunakan kalimat-kalimat yang jelas pada waktu tertentu di hadapan banyak orang.

Kegiatan berbicara di depan khalayak umum atau yang biasa disebut dengan pidato pastinya memiliki struktur agar proses penyampaian isi atau pesan dalam pidato dapat tersampaikan dengan baik. Oleh karenanya, di dalam sebuah teks pidato terdapat struktur atau susunan teks pidato. Selain itu, Pidato mempunyai beberapa tujuan antara lain; (1) memberikan sapaan, (2) memberikan informasi, (3) memengaruhi pendengar, (4) menghibur para pendengar, (5) meyakinkan pendengar. Berikut Struktur teks Pidato.

Pembicara dalam pidato/ceramah dapat menggunakan sebab akibat untuk memperkuat argumennya. Sebab akibat dapat digunakan untuk menjelaskan hubungan antara dua hal atau peristiwa. Dengan demikian, pendengar/penonton dapat lebih memahami pesan yang disampaikan oleh pembicara.

Bekerjalah dalam kelompok. 
1. Bacalah teks pidato tersebut secara nyaring dengan volume suara dan intonasi yang tepat.

2. Lakukan bergantian dengan teman agar kalian sama-sama memiliki kesempatan menjadi pembaca pidato dan pendengar.

3. Apakah kalian mendapatkan pesan tentang sebab akibat tercapainya kemerdekaan dan proses terjadinya revolusi yang dimaksud oleh Bung Karno? Jelaskan jawaban kalian.
  • Sebab: Bangsa Indonesia harus berjuang melawan penjajah Belanda selama ratusan tahun. Akibat: Indonesia akhirnya berhasil meraih kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.
  • Sebab: Revolusi adalah proses yang terus-menerus. Akibat: Revolusi harus terus diperjuangkan untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

4. Jika kalian dapat mengakses internet, carilah video pidato Bung Karno, Proklamator Indonesia. Jika akses internet tidak tersedia, kalian dapat menyimak jenis pidato lain, misalnya ceramah di tempat ibadah terdekat di lingkungan kalian. Gunakan lembar pengamatan ini untuk mencatat. 
Bung
Lembar Pengamatan
Topik pembahasan : Imperialisme dan Kolonialisme
Nama pembicara : Ir. Soekarno
Tempat : Majelis Umum PBB ke-15 New York Amerika Serikat 
Tanggal : 30 September 1960

Masalah yang dibahas:
Seruan anti-imperialisme dan anti-kolonialisme
Penyebab timbulnya masalah:
Imperialisme dan kolonialisme harus dilenyapkan karena telah memicu peperangan dan ketegangan antarbangsa.
Dampak yang terjadi:
Imperialisme, dan perjuangan untuk mempertahankannya, merupakan kejahatan besar di dunia kita ini.
Tindakan yang perlu dilakukan:
Bung Karno menginginkan terciptanya perdamaian dan ketenangan yang merupakan hal mutlak yang diinginkan dunia. Bung Karno tak lupa mengingatkan bahwa aspirasi yang dibawa oleh Indonesia adalah milik sebagian besar negara-negara Asia-Afrika.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:43 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.