Home » , , , » Topik A: Ada Apa Saja di Bumi Kita?

Topik A: Ada Apa Saja di Bumi Kita?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ilmuwan, ternyata bentuk permukaan Bumi tidaklah datar dan mulus, melainkan bermacam-macam bentuknya. Ada daerah yang menonjol, ada daerah yang cekung, ada yang terisi oleh air, dan ada juga yang kering. Selain itu, ada daerah yang penuh dengan tanaman dan ada juga yang gersang.

Dalam bahasa ilmiah, bagian Bumi bisa dibagi menjadi tiga, yaitu litosfer, hidrosfer, dan atmosfer. Di setiap bagian tersebut, kita bisa menemui bagian alam yang berbeda-beda. Yuk, kita cari tahu satu per satu!

1. Litosfer (daratan)
Litosfer adalah lapisan kerak bumi paling luar. Dapat dikatakan juga lapisan litosfer merupakan lapisan kulit bumi karena berada dipaling atas atau paling luar. Di daratan (litosfer) terdapat beberapa daerah di permukaan Bumi yang memiliki istilah-istilah berikut ini.
Bagian LitosferDeskripsiContoh
BukitTumpukan tanah yang lebih tinggi daripada tempat sekelilingnya, lebih rendah daripada gunung.Bukit Asah di Karangasem, Bali;Bukit Merese di Lombok, Nusa Tenggara Barat; Bukit Cinta, Labuan Bajo, Bukit Molenteng, Nusa Penida, Bukit Bintang, Bandung, Bukit Karang Wayag, Raja Ampat, Bukit Lintang, Kalimantan Selatan.dan sebagainya.
GunungBukit yang sangat besar dan tinggi (biasanya tingginya lebih dari 600 m).Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat; Gunung Semeru di Jawa Timur; Gunung Raung, Jawa Timur, Gunung Salak, Jawa Barat, Gunung Semeru, Jawa Timur, Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat, Gunung Sindoro, Jawa Tengah, Gunung Slamet, Jawa Tengah, Gunung Cereme, Jawa Baratdan sebagainya.
LembahWilayah bentang alam yang berada di sekitaran gunung (di bagian kaki gunung).Lembah Baliem di Papua;Lembah Harau di Sumatera Barat; Lembah Posong, Jawa Tengah, Ngarai Sianok, Sumatera Barat, Lembah Ramma, Sulawesi Selatan, Lembah Kera, Jawa Timur dan sebagainya.
Dataran RendahBagian permukaan Bumi yang berada di daerah rendah dan memiliki permukaan yang rata.Dataran rendah Pantura di Jawa Tengah;Dataran rendah Palembang di Sumatera Selatan; dan sebagainya.
Dataran TinggiBagian permukaan Bumi yang berada di daerah tinggi (sekitar 700 m di atas permukaan laut) dan memiliki permukaan yang rata.Dataran tinggi Dieng di Jawa Tengah;Dataran tinggi Alas di Aceh; Dataran Rendah Madiun, Jawa Timur, Dataran Rendah Pantai Utara Jawa Barat, Dataran Rendah Pantai Selatan Kalimantan, Dataran Rendah Pantai Timur Sumatera, Dataran Rendah Surakarta, Jawa Tengah dan sebagainya

2. Hidrosfer (perairan)
Hidrosfer adalah lapisan perairan yang menyelimuti permukaan Bumi.Meskipun sepertinya daerah dataran di Bumi sangat luas, ternyata pada kenyataannya daerah permukaan Bumi yang digenangi air lebih besar, lho. Sekitar 71% dari permukaan Bumi tertutup air, baik air yang ada di lautan, danau, sungai maupun rawa-rawa.
Bagian HidrosferDeskripsiContoh
SungaiBagian dari permukaan Bumi yang digenangi air mengalir. Sungai Kapuas di Kalimantan Barat;Sungai Batanghari yang melintasi dua provinsi, yaitu Sumatera Barat dan Jambi; dan sebagainya.
DanauGenangan air yang sangat luas dan dikelilingi daratan.Danau Toba di Sumatera Utara;Danau Towuti di Sulawesi Selatan; dan sebagainya
RawaTanah rendah (umumnya ada di daerah dekat pantai) yang digenangi air.Rawa Bayu di Banyuwangi, Jawa Timur;Rawa Lakbok di Jawa Barat; dan sebagainya.
LautKumpulan air asin (dalam jumlah banyak) yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau.Laut Maluku;Laut Jawa;Laut Banda; dan sebagainya.

Lakukan Bersama
Membuat Peta Tempat Tinggal
  1. Berkumpullah bersama kelompok.
  2. Siapkan satu lembar kertas kosong.
  3. Pergilah ke luar kelas. Lalu, buatlah peta wilayah sekolah sesuai petunjuk guru. 
  4. Setelah selesai membuat peta daerah sekolah, berkumpul kembali di kelas.
  5. Deskripsikan peta yang kalian buat bersama kelompok.
  6. Gambarkan peta daerah sekitar sekolah di papan tulis secara bergantian dengan kelompok lain. Dengan demikian, kalian akan mendapatkan gambar peta daerah sekolah di papan tulis.
Peta
Mari Refleksikan
1. Apakah di sekitar kalian ada gunung, bukit, sungai, danau, laut, atau lembah?
Ada bukit, sungai, dan lembah
2. Seperti apa gunung, bukit, sungai, danau, laut, atau lembah di daerah sekitar kalian? Apa namanya?
Sungai yang ada di daerah sekitarku adalah Sungai Serayu, Gunung yang ada di sekitar daerahku adalah Gunung Slamet, dan lembah yang ada adalah Lembah Patih
3. Jika tidak ada, menurut kalian mengapa di daerah kalian tidak ada bentuk alam seperti itu?
Di daerahku tidak ada laut karena berada di tengah pulau Jawa

Demikian pembahasan mengenai Topik A: Ada Apa Saja di Bumi Kita?. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku IPAS Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud

Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 1:34 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.