Home » , , » Soal Post Test Modul 3 Observasi Pembelajaran

Soal Post Test Modul 3 Observasi Pembelajaran

Dalam melakukan proses kegiatan belajar mengajar, observasi penting dilakukan sebagai sarana untuk meningkatkan diri dalam hal sejauh mana perencanaan pembelajaran dilakukan di dalam kelas. Begitu juga dalam hal manajemen kelas yang berkaitan dengan keterampilan guru dalam menggunakan media pembelajaran maupun keterlibatan murid dalam pembelajaran.

Observasi dalam pembelajaran didefinisikan sebagai aktivitas yang melibatkan pengamatan dan pencatatan informasi mengenai apa yang terjadi selama proses pembelajaran. Melihat pada definisi ini, maka sama sekali guru tidak harus merasa ngeri.

Manfaat dan Praktik Observasi Pembelajaran
Melalui observasi pembelajaran satuan pendidikan dapat :
  1. Terjadinya pembelajaran yang berpusat pada murid
  2. Tercapainya tujuan pembelajaran
  3. Adanya pemetaan potensi dan kebutuhan pendidik untuk peningkatan kualitas pembelajaran

Tantangan Observasi Pembelajaran
Untuk memastikan kualitas pembelajaran yang terjadi di dalam kelas, kepala satuan penidikan perlu melakukan observasi pembelajaran. Lalu, apakah observasi pembelajaran ini mudah untuk dilakukan kepala satuan pendidikan? Apas aja tantangan yang dihadapi kepala satuan pendidikan dalam melakukan observasi pembelajaran?

Sebagai kepala satuan pendidikan terkadang sayak sulitan dalam mengatur waktu. Jadwal observasi pembelajaran terkadang tertunda, karena kepala satuan pendidikan harus menghadiri berbagai kegiatan kedinasan. Rapat persiapan kegiatan akademis, pertemuan pendidik, pertemuan dengan komite dan lain sebagiannya. Kegiatan sifatnya mendadak, sehingga menunda observasi pembelajaran yang sudah dijadwalkan sebelumnya.
Observasi
Tantangan yang dihadapi oleh kepala satuan pendidikan dalam melakukan observasi adalah proses observasi yang dilaksanakan kepala satuan pendidikan belum begitu efektif, kepala satuan pendidikan menemui jalan kegiatan pembelajaran yang tidak sesuai dengan perencanaan, pendidik tidak memahami apa dan bagaimana observasi yang akan dilakukan. Dan kepala satuan pendidikan tidak siap dengan insurumen observasi sebagai dasar penilaian observasi yang objektif.

Tantangan yang utama adalah pada ketidaksiapan pendidikan itu sendiri. Ketidaksiapan juga bermacam-macam, pertama menolak untuk di observasi, tidak menyiapkan pencana pembelajaran dengan baik, merasa grogi dan tidak percaya diri dan juga mempersiapkan pembelajaran secara berlebihan, sehingga terlihat seperti direkayasa.

Komponen Observasi Pembelajaran
Melalui Observasi Pembelajaran, kepala satun pendidikan dapat memastikan, terjadinya pembelajaran yang berpusat pada murid dan tercapanya tujuan pembelajaran, adanya pemetaan kompotensi dan kebutuhan pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Lalu, apa saja yang perlu diamati oleh kepala satu pendidikan untuk memastikan terjadinya ketiga hal tersebut?
  1. Komponent kegiatan pembelajaran pertama yang diobservasi adalah, pelaksanan asesmen awal untuk mengukur kemampuan peserta didik. Melalui asesmen awal, pendidik dapat mengidentifikasi ke siapan belajar, minat, dan tingkat penguasaan kompetensi murid.
  2. Komponent observasi kegiatan pembelajaran yang kedua, kepala satu pendidikan menilai adanya kesempatan pada murid untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Pada kegiatan pembelajaran, kepala satu pendidikan dapat mengamati apakah pendidik tidak melibatkan murid selama kegiatan pembelajaran sehingga murid cenderung pasif.
  3. Komponan observasi kegiatan pembelajaran ketiga yaitu terkait dengan penerapan-penbelajaran berdifrensiasi. Kepala satuan pendidikan akan menilai apakah pelaksanaan kegiatan menerapkan pembelajaran berdifrensiasi. Pendidik dapat menerapkan difrensiasi proses, konten, ataupun difrensiasi produk bergantung pada kebutuhan pembelajaran saat itu.
  4. Komponen kegiatan pembelajaran yang keempat, kepala satuan pendidikan mengamati apakah pelaksanan kegiatan memberikan kesempatan bagi murid untuk menggunakan atau mencoba media pembelajaran.
  5. Kompetensi  kegiatan pembelajaran yang akan diamati selanjutnya adalah pelaksanan kegiatan refleksi dalam pembelajaran. Refleksii dilakukan dengan melibatkan murid untuk mengefaluhasi pembelajaran yang sudah berlangsung. Refleksi dalam pembelajaran antara lain dapat dilakukan dengan beberapa aktivitas berikut:  Pertama, pendidik memberikan pertanyaan refleksi kepada murid., dan Kedua, guru memfasilitas murid untuk menjawab pertanyaan refleksi.
  6. Komponan observasi pembelajaran terakhir adalah pelaksanan asesmen akhir atau sumatif. Asesmen sumatif, dapat dilaksanakan untuk 1 tujuan pembelajaran atau beberapa tujuan pembelajaran.

Saat observasi pembelajaran berlangsung, Kepala Satuan Pendidikan terkadang mendapati pendidik yang tidak siap untuk diobservasi. Akibatnya pendidik menjadi grogi, kurang percaya diri, dan tegang saat mengajar selama observasi berlangsung. Materi pembelajaran pun tidak tersampaikan dengan baik dan kegiatan observasi pembelajaran berjalan kurang optimal.

Untuk menghindari hal tersebut, Kepala Satuan Pendidikan dapat mempraktikkan beberapa tips di video ini yang membantu jalannya observasi pembelajaran sehingga tidak menegangkan bagi pendidik

1. Latihan Pemahaman
A. Manfaat dan Praktik Observasi Pembelajaran
Apa saja manfaat yang diperoleh Kepala Satuan Pendidikan ketika mengobservasi pembelajaran di dalam kelas? 
Jawaban : Semua benar
B. Tantangan Observasi Pembelajaran
Berikut adalah tantangan yang dihadapi Kepala Satuan Pendidikan dalam mengobservasi pembelajaran, kecuali:
Jawaban : kesiapan murid di kelas
C. Komponen Observasi Pembelajaran
Berikut ini adalah komponen-komponen yang diamati dalam observasi pembelajaran, kecuali..
Jawaban : Adanya data keseluruhan murid
D. OTT (Observasi Tanpa Tegang)
Apa yang akan terjadi jika pendidik belum menyiapkan diri untuk jalannya kegiatan observasi pembelajaran? 
Jawaban : Semua benar
2. Cerita Reflektif
A. Manfaat dan Praktik Observasi Pembelajaran
Bagaimana praktik observasi pembelajaran yang biasa dilakukan oleh Bapak Ibu?
Praktik observasi pembelajaran ditempat kami sama seperti satuan pendidikan lainnya, dimana supervisor masuk kedalam kelas dan memantau proses pembelajaran. Evaluasi disampaikan oleh supervisor setelah selesai observasi.
B. Tantangan Observasi Pembelajaran
Apa saja tantangan yang Anda hadapi dalam mengobservasi pembelajaran?
Tantangannya adalah penguasaan bidang TIK oleh pendidik dalam pembelajaran berfariatif, terutama bagi pendidik yang memasuki masa pensiun.
C. Komponen Observasi Pembelajaran
Apa saya yang biasa Anda amati saat melakukan observasi pembelajaran?
Asesmen diagnosis atau asesmen awal pembelajaran, proses pembelajaran, asesmen akhir dan refleksi.
D. OTT (Observasi Tanpa Tegang)
Bagaimana jalannya observasi pembelajaran di sekolah Anda? Apakah pendidik masih tegang saat observasi berlangsung?
Tegang saat observasi juga dipengaruhi oleh karakter masing-masing pendidik. Jadi menurut kami, tegang tidak menjadi masalah saat observasi meskipun saya sen
3. Post test
1.
Kepala Satuan Pendidikan membuat catatan hal-hal yang perlu diperbaiki pendidik dan menuliskannya di lembar instrumen setelah observasi selesai. Hal tersebut merupakan salah satu tips yang dapat digunakan Kepala Satuan Pendidikan untuk mengurangi ketegangan pendidik pada saat?
A.Persiapan observasi
B.Observasi pembelajaran berlangsung
C.Tindak lanjut observasi pembelajaran
D.Persiapan sampai dengan tindak lanjut observasi pembelajaran
Pembahasan :
Jawaban : D
2.Apa yang akan terjadi jika pendidik tidak siap saat Kepala Satuan Pendidikan melakukan observasi pembelajaran?
A.Pendidik menjadi grogi
B.Pendidik secara berlebihan menyiapkan murid dan proses pembelajaran terlihat seperti direkayasa
C.Pendidik mengajar tidak sesuai dengan rencana pembelajaran
D.Semua benar
Pembahasan :
Jawaban : D
3.
Dalam sebuah observasi pembelajaran, Kepala Satuan Pendidikan menemukan bahwa pendidik menyediakan dua jenis soal operasi perkalian yang berbeda.  Satu jenis soal untuk murid-murid yang sudah memahami operasi perkalian di bawah 100, dan satu jenis lainnya untuk murid yang masih kesulitan memahami operasi perkalian di bawah 100. Penilaian yang tepat terkait pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan temuan tersebut adalah?
A.Kegiatan pembelajaran tidak menunjukan adanya perbedaan pada proses konten atau produk
B.Kegiatan pembelajaran menunjukan adanya perbedaan pada proses yang difasilitasi pendidik
C.Kegiatan pembelajaran menunjukan adanya perbedaan pada konten yang diberikan pada murid
D.Kegiatan pembelajaran menunjukan adanya perbedaan pada produk yang dihasilkan selama pembelajaran
Pembahasan :
Jawaban : C
4.Kepala Satuan pendidikan memiliki jadwal kegiatan yang sangat padat sehingga observasi pembelajaran sering tertunda. Hal tersebut merupakan tantangan observasi pembelajaran yang dihadapi Kepala Satuan Pendidikan terkait dengan…
A.Pengaturan waktu
B.Proses belaksanaan observasi
C.Ketidaksiapan pendidik
D.Ketidaksiapan murid
Pembahasan :
Jawaban : A
5.
Berikut ini merupakan kegiatan yang dapat dilakukan Kepala Satuan Pendidikan untuk memberikan apresiasi kepada pendidik, kecuali…
A.Menentukan jadwal observasi sesuai agenda Kepala Satan Pendidikan
B.Mengucapkan terima kasih setelah observasi berakhir
C.Menyapa dan memberikan semangat sebelum observasi berlangsung
D.Memberikan umpan balik sesuai dengan hasil observasi pembelajaran yang objektif
Pembahasan :
Jawaban : A
6.Kepala Satuan Pendidikan mengetahui apa saja yang masih perlu diperbaiki oleh pendidik dalam mengajar. Manakah manfaat pembelajaran berikut yang sesuai dengan pernyataan tersebut …
A.Kepala Satan Pendidikan dapat memastikan teriadinya pembelajaran yang berpusat pada murid
B.Kepala Satan Pendidikan dapat memastikan tercapainya tujuan pembelajaran
C.Kepala Satuan Pendidikan dapat memastikan adanya pemetaan potensi dan kebutuhan pendidik untuk peningkatan kualitas pembelajaran
D.Kepala Satan Pendidikan dapat memastikan reward dan punishment yang sesuai untuk pendidik
Pembahasan :
Jawaban : C
7.
Kondisi ideal yang menunjukkan adanya partisipasi aktif murid dalam pembelajaran adalah.....
A.Sebagian murid menyampaikan pendapat mereka dalam diskusi kelompok
B.Semua murid membuat visualisasi isi cerita dari bacaan yang mereka baca dalam bentuk gambar atau diagram
C.Beberapa murid mengamati penggunaan alat peraga oleh pendidik
D.Semua benar
Pembahasan :
Jawaban : D
8.Hal apa yang perlu dipersiapkan Kepala Satuan Pendidikan supaya observasi pembelajaran tidak tertunda?
A.Membuat jadwal yang mengakomodir ketersediaan waktu baik Kepala satuan Pendidikan maupun pendidik
B.Melakukan observasi sewaktu-waktu
C.Tidak menghadii undangan rapat mendadak yang bersamaan dengan jadwal observasi pembelajaran
D.Mengobservasi pembelajaran di luar jam sekolah jika bersamaan dengan agenda rapat
Pembahasan :
Jawaban : A
9.
Saat observasi pembelajaran berlangsung, Kepala Satuan Pendidikan mengamati beberapa kegiatan yang terjadi di dalam kelas sebagai berikut. Manakah di antara kegiatan tersebut yang bukan merupakan kegiatan refleksi dalam pembelajaran?
A.Pendidik meminta murid menyatakan perasaannya selama pembelajaran berlangsung dengan memilih gambar berbagai macam ekspresi
B.Pendidik menjelaskan kepada murid apa saja yang sudah merekapelajari hari itu
C.Pendidik meminta murid menjawab beberapa pertanyaan refleksi kepada murid
D.Pendidik memfasiltasi murid menjawab apa saja yang sudah mereka pelajari dan apa yang belum mereka pahami dari pembelajaran hari itu.
Pembahasan :
Jawaban : A
10.Setelah memeriksa perencanaan pembelajaran yang dibuat pendidik, apa yang perlu dilakukan oleh Kepala Satuan Pendidikan untuk mengetahui efektivitas praktik mengajar pendidik?
A.Melakukan observasi pembelajaran
B.Berdiskusi dengan murid
C.Menanyakan langsung pada pendidik
D.Meminta pendidik membuat laporan pembelajaran
Pembahasan :
Jawaban : A
11.Saat melakukan observasi pembelajaran di kelas, Pak Nala membawa checklist komponen yang harus diamati selama pendidik mengajar. Praktik yang dilakukan Pak Nala sebagai Kepala Satuan Pendidikan tersebut membuat observasi pembelajaran berlangsung….
A.tidak efektif
B.objektif
C.manipulatif
D.tidak terstruktur
Pembahasan :
Jawaban : B

Demikian pembahasan mengenai Modul 3 Observasi Pembelajaran platform Merdeka Mengajar. Semoga bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:46 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.