Home » , , , » Menjawab pertanyaan cerpen “Hatarakibachi” karya Awit Radiani.

Menjawab pertanyaan cerpen “Hatarakibachi” karya Awit Radiani.


Dalam cerpen Hatarkibachi yang mengisahan seorang peremupan Indonesia yang menjadi wakil sastrawan negerinya untuk menghadiri pertemuan yang digelar tuan Satoshi. Yang memiliki kenalan dengan orang Jepang, kenalan itu ia kenal sebelumnya dan sempat saling jatuh cinta.

Cerpen yang berjudul Hatarakibachi karanagn Awit Radiani adalah cerpen yang menceritakan tentang kehidupan sosial masyarakat Jepang. Cerpen dalam cerpen ini penulis mengambarkan lingkungan fisik negara jepang yang memiliki permandagan yang khas, dengan baguan yang tinggi-tinggi yang menjadi kebangaan negara. Misalnya pada kalimat berikut:  “Tokyo Skay Tower berdiri menusuk langit. Ah. Lagi-lagi sebuah menara land mark kota yang pamer ketinggian”
Hatarakibachi” karya  Awit Radiani.
Selain itu Jepang juga memang selalu terkenal denagn kebudayaan dan hasil produksinya yang selalu laris di pasar dunia. Misalnya pada kalimat berikut: “Aku geleng kepala. Merek jepang memang ada dimana-mana. Di seberang hotel aku pun lihat papan nama restoran dengan brand yang sama seperti di Jakarta”.

Untuk lebih memahami tokoh, penokohan, tema, dan pesan dalam cerpen di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Temukan arti kosakata di bawah ini dengan menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia.
a. landmark
b. kurator
c. asperger syndrom
d. eksentrik
e. etos

  • landmark adalah kejadian penting. Arti lainnya dari landmark adalah sesuatu yang mudah dilihat.
  • kurator adalah pengurus atau pengawas museum (gedung pameran seni lukis, perpustakaan, dan sebagainya)
  • asperger syndrom adalah gangguan perkembangan yang memengaruhi kemampuan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi secara efektif
  • eksentrik adalah aneh; ganjil; tidak wajar
  • etos adalah pandangan hidup yang khas dari suatu golongan sosial;
2. Temukan tokoh utama dan tokoh pendukung dalam cerpen di atas. Kemudian, jelaskan mengenai tokoh dan penokohannya dalam tabel berikut.
No.TokohPenokohan
1.Nina ChanNina Chan sebagai tokoh utama memiliki sifat yang ramah terhadap orang , dia juga mudah bergaul , pintar dan suka bercanda
2.EndoSeorang yang tidak teguh pendirian, dia juga suka menyendiri, pintar merayu dan suka melakukan tindakan yang eksentrik.
3.Satoshi SanSatoshi-san, seseorang yang peduli dengan sekitar

3. Mengapa Nina-chan merasa ia kurang layak untuk hadir pada kongres budaya itu?
Nina-chan merasa tidak percaya diri dan merasa kurang layak karena ia merasa karya belum apa-apa dan menurutnya banyak yang lebih berpengalaman dari dirinya.
4. Benarkah kecurigaan Nina-chan bahwa Endo melakukan rekayasa agar Nina-chan terpilih? Jelaskan alasan dari jawaban kalian.
Kecurigaan Nina-chan bahwa Endo melakukan rekayasa agar Nina-chan terpilih benar. Edo melakukan rekayasa agar Nina-chan terpilih, karena Edo sendiri ingin berjumpa dengan Nina-chan. Sehingga ia melakukan rekayasa agar Nina-chan pergi pada kongres. Edo dibantu oleh Satoshi-san untuk melancarkan aksinya.
5. Di manakah latar dari cerpen di atas? Jelaskan alasan yang mendukung jawaban kalian.
Latar cerpen di atas umumnya ada di negara Jepang, seperti di bandara, stasiun, hotel. Hal itu juga terlihat di dalam cerpen sebutan tempat maupun makanan yang biasanya dijumpai di negara matahari terbit tersebut.
6. Sudut pandang apakah (orang pertama atau orang ketiga) yang digunakan pencerita? Jelaskan alasan dari jawaban kalian.
Sudut padang orang pertama, dibuktikan dengan menggunakan kata “aku” dan “ku”
7. Sebutkan tema yang diusung dalam cerpen tersebut. 
Tema percintaan
8. Sebutkan salah satu pesan atau amanat dari cerpen di atas.
Kita perlu berhati-hati terhadap pria yang seperti “kutu loncat” atau (orang yang hanya mengantungkan hidupnya dengan menumpang dari satu orang ke orang lain) yang hanya mementingkan cinta sesaat.

Demikian pembahasan mengenai Menjawab pertanyaan cerpen “Hatarakibachi” karya  Awit Radiani.. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas XI Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:44 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.