Home » , , » Menciptakan Karya Seni dari Kertas Bekas

Menciptakan Karya Seni dari Kertas Bekas

Pada Pembelajaran Unit 12 ini siswa diajak untuk membuat karya seni dari bahan daur ulang kertas untuk membuat karya seni yang indah dan bermanfaat dengan bentuk dan media kertas yang disukai dan menyesuaikan ketersediannya. Dalam proses pembelajaran guru dapat memilih pendekatan model pembelajaran Visual Auditori dan Kinestetik (VAK) atau model lain yang di pandang cocok untuk mengeksplorasi dan menciptakan karya seni dari kertas bekas. Untuk mengukur kompetensi dilakukan melalui penilaian tes perbuatan (performance test) dengan bentuk tes penilaian produk dan karya seni yang indah dan bermanfaat bahan daur ulang kertas yang telah dikumpulkan/didokumentasikan.

A. Masalah Limbah Kertas
Sampai dengan saat ini kertas merupakansalah satu media dokumentasi, belajar,informasi yang cukup penting dan masihbayak digunakan masyarakat, namun setelahtidak terpakai orang sering mengabaikankertas tersebut, bahkan membuangnya, Jikakertas itu diabaikan akan menumpuk dan mengotori rumah atau kantor dan biasanya orang akan menjualnya ke tukang loak.

Menurut (Sahil, 2016), Pengolahan sampah yang dilakukan, melibatkan pemanfaatan dan penggunaan pada sarana dan prasarana, diantaranya ialah menempatkan sampah pada wadah yang sudah tersedia, proses pengumpulan sampah, kemudian pemindahan, disusul dengan pengangkutan sampah, serta pengolahan sampah hingga pada proses pembuangan akhir.

B. Mengolah Limbah Kertas
Menjual kertas bekas memang merupakan sebuah solusi praktis yang cukup baik, akan tetapi kertas-kertas bekas yang di jual dengan harga murah yang awalnya hanya mengotori rumah itu dapat kita olah menjadi barang-barang yang memiliki fungsi sehingga bisa bermanfaat serta mempunyai nilai artistik dan nilai ekonomis yang tinggi. Menurut Sugandi (2018) kesadaran masyarakat secara mandiri saling berkaitan antar masyarakat sebagai sebuah sistem yang memiliki arti, apabila perubahan pada suatu bagian akan mempunyai implikasi yang tidak kalah penting dalam masyarakat lain.
Limbah
Limbah kertas bekas tersebut dapat diolah menjadi berbagai macam produk karya seni kerajinan seperti: tempat pensil, vas bunga, tempat tisu, tempat majalah, keranjang buah, wadah perhiasan, sarung telepon genggam, asbak, dan hiasan dinding, dan lain-lain. Siswa dapat menentukan karya seni kerajinan yang akan dibuat dengan menyesuaikan bahan daur ulang kertas bekas yang akan di pakai.

C. Menciptakan Produk Karya Seni Dari Limbah Kertas
Siswa dapat merencanakan produk karya seni yang akan dibuat beserta kebutuhan bahan tambahan dan alat yang digunakan, kemudian adalah siswa akan melakuakan proses menciptakan karya seni yang indah dan bermanfaat dari bahan daur ulang kertas sesuai bahan kertas bekas yang didapatkan dan merencanakan bentuk produk karya seni yang akan di buat. Dalam proses penciptaan karya seni ini siswa dibebaskan untuk berkreasi sesuai idenya sendiri menyesuaikan bahan-bahan dan alat yang tersedia.

D. Langkah-Langkah Pembuatan Karya Seni Daur Ulang Kertas Bekas Koran
Berikut adalah salah satu langkah-langkah pembuatan karya seni daur ulang kertas bekas koran: untuk membuat tempat pencil dari kertas bekas koran,dengan langkah- langkah sebagai berikut :
Koran
  1. Siapkanlah bahan dan alat berupa: kertas koran, lem kertas, dan tali sebagai dekorasi. Alat: guting, gluegun/lem tembak, penggaris, dan pensil;
  2. Gulunglah kertas koran dengan sama besar dan rapi kemudian ditambahkan lem pada ujung koran yang telah digulung;
  3. Gulungan kertas koran siap digunakan;
  4. Potonglah sama panjang gulungan kertas koran tersebut sesuai ukuran yang diinginkan;
  5. Rekatkan dengan lem tembak satu sama lain potongan gulungan kertas koran pada sisi bagian dalam;
  6. Bentuklah lingkaran dan tambahkan dekorasi tali pada ujung atas dan bawahsupaya lebih rapi dan menarik;
  7. Buatlah tutup bagian bawah dengan gulungan kertas koran dengan lem tembak kemudian dipotong melingkar sesuai ukuran;
  8. Pasangkan tutup bawah dengan lem tembak dan rapikan, wadah tempat pensil telah selesai dan siap digunakan.

Alat dan bahan
Kertas koran bekas. Alternatif: kertas jenis lain yang tipis, bahan alam yang menyerupai kertas. Jika terdapat kertas lain dengan karakteristik yang berbeda maka berbeda pula proses pembuatanya.
Bahan hiasan tambahan sesuai keinginan dan bahan pewarna tambahan sesuai keinginan.

Alat dapat menyesuaikan kebutuhan berdasarkan bahan yang digunakan. Siswa dipersilahkan memilih dan mencoba alat bahan yang berbeda. Siswa dipersilahkan menggunakan alat yang dibuat sendiri/alat khas daerah sekitar.

Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:01 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.