Home » , , » Desain Kelompok pada Tari Jepin Selendang

Desain Kelompok pada Tari Jepin Selendang

Desain kelompok merupakan salah satu bagian dalam unsur pendukung dalam komposisi tari. Soedarsono (1978:30) menyatakan bahwa ada lima bentuk desain kelompok, di antaranya serempak (unison), berimbang (balance), selang-seling (alternate), pecah (broken), dan bergantian (Canon). Bentuk desain kelompok tersebut memiliki kekuatan dalam menyentuh perasaan penonton pada saat mengapresiasi penyajian tari. Perpaduan antara desain kelompok tersebut akan membuat penyajian tari menjadi lebih menarik dari segi koreografinya.

Tari Jepin Selendang merupakan satu diantara tari melayu tradisi yang ada di Kota Pontianak Kalimantan Barat. Tari Jepin Selendang di Kota Pontianak berkembang di lingkungan daerah Siantan Hilir tepatnya di Jalan Parit Makmur. Tari Jepin Selendang ini dia kenali pada tahun sekitar 1990-an sebagai hiburan dan tontonan untuk masyarakat setempat.

Pada pembelajaran kali ini, Kamu akan mempelajari tentang desain kelompok pada tari Jepin Selendang. Tahukah Kamu, ada 5 bentuk desain kelompok pada tari, yaitu serempak (unison), berimbang (balanced), selang seling (alternate), terpecah (broken), dan bergantian (canon). Tetapi untuk pembelajaran ini, Kamu hanya akan mempelajari 3 desain kelompok saja, yaitu serempak (unison), berimbang (balanced), dan selang seling (alternate).

Berikut ini adalah penjelasan desain kelompok serempak (unison), berimbang (balanced), dan selang seling (alternate) dan contohnya pada tari Jepin Selendang atau tari tradisi lainnya.
No.Desain KelompokKeterangan desain kelompok dan pola lantai
1.Serempak (unison)Bentuk geraknya sama

Unison
Contoh desain unison pada tari Jepin Selendang

Unison 2
Contoh desain unison posisi duduk dengan pola lantai garis lurus.
Unison 2
Contoh desain unison pola pantai V
2.Berimbang (balanced)Gerak penari bisa sama, bisa juga tidak dan Posisi dibagi dalam 2 kelompok yang sama.
Balanced
Contoh desain balanced padatari Jepin Selendang
3.Selang-seling (alternate)Hitungan gerak penari jatuh pada hitungan  yang berbeda dan dengan bentuk yang  berbeda.
Alternate1
Alt 2
Contoh desain alternate padatari Jepin Selendang
1. Desain Kelompok Serempak (unison)
Desan serempak/unison ini memiliki kesan teratur. Serempak yang dimaksud adalah gerakan penari secara bersama dengan hitungan dan waktu yang bersamaan pula. Gerak serempak atau unisondapat diatur atau ditempatkan pada pola lantai lurus maupun lengkung yang disesuaikan dengan arah hadap yang dapat dilihat oleh penonton. 

2. Desain Kelompok Berimbang (Balance)
Desain berimbang atau balance pada penyajian tari kelompok merupakan desain yang menggambarkan posisi penari menjadi dua kelompok yang sama dan seimbang. Dalam penyajian komposisi tari kelompok harus ada keseimbangan, dimana adanya kesimbangan posisi penari pasa saat melakukan gerak dan keseimbangan gerak yang dilakukan penari. 

3. Desain Kelompok Selang-seling (alternate)
Desain selang-seling atau alternate menggambarkan posisi penari berada diantara penari lainnya. Gerak tari yang divariasikan menggunakan desain alternate akan membuat penyajian tari menjadi lebih indah dan variatif. 
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:49 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.