Home » , , » Mengaji dan Mengkaji Q.S. At-Tin

Mengaji dan Mengkaji Q.S. At-Tin

Surah at-Tīn adalah surahke-95 dalam Al-Qur’an. Surah ini termasuk surah Makkiyah atau surah yang diturunkan ketika Rasul saw. berada di periode Mekah atau sebelum hijrah. Surah at-Tīn terdiri atas 8 ayat. Nama at-Tīn terambil darikata pada ayat pertama surah ini. At-Tīn artinya buah btin. Buah Tin dan Zaitun banyak tumbuh di Syam (sekarang negara Palestina, Suriah, Yordania dan Lebanon) dan Baitul Maqdis (Yerusalem Palestina), tempat para nabi diutus, antara lain Nabi Isa a.s.

A. Membaca Q.S. At-Tīn
Perhatikan warnanya. Hijau berarti dibaca memantul (qalqalah). Tentu kalian ingat, bukan, hukum bacaan qalqalah di kelas 3? Biru berarti dibaca dengan samar dan mendengung.  Kuning berarti dibaca jelas.
Surat At Tin
Allah memerintahkan membaca Al-Qur’an dengan tartil. Tartil berarti membaca dengan memperhatikan hukum bacaan tajwid dengan benar. Perhatikan contoh potongan ayat surah at-Tīn pada tabel berikut!
Surat Tin
Mengenal Hukum Bacaan Nun Sukun dan Tanwin
Jelas atau iẓhār pada contoh berwarna kuning. Nun sukun atau tanwin dibaca iẓhār jika bertemu dengan 6 huruf halqi (huruf-huruf yang keluar dari tenggorokan), yaitu
Izhar
Samar dan mendengung atau ikhfā` pada contoh berwarna biru. Nun sukun  atau tanwin dibaca ikhfā` jika bertemu dengan 15 huruf berikut
ikfa
Selain kedua cara membaca di atas, jika terdapat nun sukun atau tanwin bertemu huruf tertentu maka dibaca dengan cara berikut.

Suara n menjadi hilang dan masuk ke huruf sesudahnya atau idgām. Hukum idgām ada dua, yaitu idgām bigunnah dan idgām bila gunnah. Idgām bigunnah dibaca dengan mendengung
Idgham
Idgām bilā gunnah dibaca dengan tanpa mendengung. Nun sukun atau tanwin dibaca idgām bilā gunnah jika bertemu dengan 2 huruf berikut
Bilaghunah
Mengubah suara n menjadi m atau iqlāb. Nun sukun atau tanwin dibaca iqlāb jika bertemu dengan huruf nun.

Aktivitasku
Ayo, latihan membaca surah at-Tīn!Bacalah berulang-ulang agar kalian dapat membaca surah at-Tīn dengan benar!Tunjukkan bacaanmu di depan guru! (Kamu boleh menunjukkan bacaanmu dalam bentuk video. Mintalah bantuan orang tuamu di rumah.)

Aktivitas Kelompok
Detektif Tajwid
Alat dan Bahan:
1. Al-Qur’an
2. Lup (jika ada)

Cara mengerjakan:
  1. Berbagilah peran dalam kelompok kecilmu (4-5 anak).
  2. Sebagai detektif, carilah contoh hukum nun sukun atau tanwin pada al-Qur’an menggunakan lup.
Detektif
Mengartikan Q.S. At-Tīn
Perhatikan arti kata surah at-Tīn berikut!
Arti
Bacalah terjemah surah at-Tīn berikut! 
  1. Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,
  2. demi gunung Sinai,
  3. dan demi negeri (Makkah) yang aman ini.
  4. Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya,
  5. kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya,
  6. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan; maka mereka akan mendapat pahala yang tidak ada putus-putusnya.
  7. Maka apa yang menyebabkan (mereka) mendustakanmu (tentang) hari pembalasan setelah (adanya keterangan-keterangan) itu?
  8. Bukankah Allah hakim yang paling adil? 

Aktivitas Kelompok
Pasangkan ayat dan terjemahnya
Pasangan
B. Memahami Pesan Pokok Q.S. At-Tīn
Surah at-Tīn adalah surah ke-95 dalam Al-Qur’an terdiri atas 8 ayat. Surah ini termasuk surah Makkiyah atau surah yang diturunkan ketika Rasul saw. berada di periode Mekkah atau sebelum hijrah. Para ulama menamai surah ini dengan at-Tīn atau Wa at-Tīn. Nama at-Tīn terambil dari kata pada ayat pertama surah ini. At-Tīn artinya buah tin.

Perhatikan penjelasan Q.S. at-Tīn berikut!
Ayat 1-3
Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun, demi gunung Sinai, dan demi negeri (Makkah) yang aman ini.
Buah Tin dan Zaitun banyak tumbuh di Syam (sekarang negara Palestina, Suriah, Yordania dan Lebanon) dan Baitul Maqdis (Yerusalem Palestina), tempat para nabi diutus, antara lain Nabi Isa a.s. Gunung Sinai di Mesir adalah tempat Nabi Musa a.s. bermunajat. Sedangkan Makkah adalah tempat kelahiran dan pengutusan Nabi Muhammad saw. Ketiga nabi ini memiliki misi yang sama, yaitu mengajak manusia menuju tauhid atau mengesakan Allah.

Ayat 4
Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya,
Allah telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya, jauh lebih sempurna daripada hewan. Allah juga membekali manusia dengan akal dan sifat-sifat yang unggul. Dengan kelebihan-kelebihan itulah Allah memberikan amanat kepada manusia sebagai pemimpin di bumi. Manusia sebagai pemimpin bertugas untuk melestarikan bumi.

Ayat 5
kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya,
Bila manusia durhaka kepada Allah dan tidak menaati utusan-Nya, maka akan dikembalikan ke tempat yang serendah-rendahnya, yaitu ke neraka. Tubuh sempurna yang dilengkapi akal namun durhaka, tidak akan menyelamatkan manusia dari azab Allah.

Ayat 6
kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan; maka mereka akan mendapat pahala yang tidak ada putus-putusnya.
Orang-orang yang benar-benar beriman dan mengerjakan kebajikan akan dibalas dengan pahala yang tidak ada putus-putusnya dan diselamatkan dari neraka.

Ayat 7
Maka apa yang menyebabkan (mereka) mendustakanmu (tentang) hari pembalasan setelah (adanya keterangan-keterangan) itu?
Allah menciptakanmu dengan bentuk yang sempurna. Melewati berbagai tahap dari bayi, anak, kemudian akan menjadi remaja, dewasa, tua, hingga meninggal. Itu merupakan bukti yang paling jelas tentang kekuasaan Allah. Dia Mahakuasa untuk membangkitkanmu dari kematian. Maka, apa yang menyebabkan mereka mendustakanmu tentang hari pembalasan yaitu hari kiamat setelah adanya keterangan-keterangan yang gamblang itu?

Ayat 8
Bukankah Allah hakim yang paling adil?
Jangan kaukira Allah menciptakan manusia secara sia-sia. Allah telah menurunkan aturan syariat. Dia akan memberi putusan dengan adil yaitu memberi pahala kepada orang yang taat dan menghukum orang yang bersalah.

Aktivitasku
Peta Konsep
Buatlah peta konsep pesan pokok surah at-Tīn bersama kelompokmu! Kalian dapat berkreasi dalam bentuk, warna, tulisan atau gambar atau paparan menggunakan teknologi informasi. Presentasikan di depan kelasmu.
Peta Konsep
C. Menulis Q.S. At-Tīn
Anak-Anak, menulis surah at-Tīn itu mudah. Kalian masih ingat, bukan? 
Menulis Al-Qur’an dimulai dari sebelah kanan ke kiri

D. Menghafal Q.S. At-Tīn
Menghafal surah at-Tīn itu mudah. Ulangi hafalanmu mulai dari 1 ayat, 2 ayat dan seterusnya. Ulangi hafalanmu beberapa kali. Bacalah surah at-Tīn setiap waktu. Saat kalian salat, bacalah surah at-Tīn. Surah at-Tīn dapat dibaca setelah membaca surah al-Fātihah dalam salat.

Aktivitasku
Hafalkan surah at-Tīn berikut!Tunjukkan hafalanmu di depan Bapak/Ibu Guru! (Kamu boleh menunjukkan hafalanmu dalam bentuk video. Mintalah bantuan orang tuamu di rumah.
Pesan Moral
Demikian pembahasan mengenai Mengaji dan Mengkaji Q.S. At-Tin. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku PAI Kelas IV Kurikulum Merdeka, Kemendikbud.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:44 PM

1 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.