Home » , , » Seberapa Kuat Paru-paru Milikku?

Seberapa Kuat Paru-paru Milikku?

Paru-paru setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Pada umumnya, jenis kelamin juga memengaruhi kapasitas paru-paru. Mari kita lakukan aktivitas berikut ini bersama-sama agar kalian mengetahui kapasitas paru-paru setiap orang.

Kapasitas vital adalah volume udara yang keluar masuk paru-paru. Ketika kita melakukan aktivitas, tubuh akan membutuhkan lebih banyak oksigen dan mengeluarkan lebih banyak karbondioksida, akibatnya kapasitas vital meningkat. Berbeda dengan sebelum melakukan aktivitas, tubuh membutuhkan oksigen lebih kecil dan karbondioksida yang dikeluarkan kecil, sehingga sebelum melakukan aktivitas kapasitas vital lebih kecil.

Alat dan bahan:
  1. jeriken ukuran 5 liter;
  2. air;
  3. selang air;
  4. spidol besar;
  5. baskom plastik;

Langkah percobaan:
Paru
  1. Siapkan baskom yang hampirpenuh berisi air.
  2. Isi jeriken dengan air. Caranya dengan membenamkan jeriken ke dalam baskom berisi air yang telah disiapkan sebelumnya. 
  3. Kemudian, baliklah jeriken tersebut dengan cepat tanpa mengangkatnya ke luar dari air. 
  4. Simpan salah satu ujung selang di dalam mulut jeriken, sedangkan ujung selang satunya kalian pegang dekat dengan mulut.
  5. Hiruplah udara melalui hidung dalam-dalam dan embuskan napas kalian dengan kuat melalui ujung selang di tangan. 
  6. Amati napas kalian akan memaksa sebagian air keluar dari jeriken. Tandai tingkat air pada jeriken dengan spidol.
  7. Kosongkan jeriken dan isi dengan air sampai pada tanda yang tadi dibuat, lalu catat hasilnya. Volume air mewakili kapasitas vital paru-paru kalian.
  8. Lakukan bergantian dengan anggota kelompok kalian dan catat hasilnya pada lembar kerja 5.2. 
  9. Lakukan pengukuran ulang, namun sebelum mengukur kapasitas vital paruparu, setiap peserta didik diharuskan berlari selama 1 menit. Selanjutnya catat hasilnya pada lembar kerja 5.2 
  10. Diskusikan hasil percobaan tentang kapasitas vital masing-masing individu berdasarkan jenis kelamin dan aktivitas pada lembar kerja  

Lembar Kerja
Seberapa Kuat Paru-paru Milikku?
Lakukan demonstrasi pengukuran kapasitas paru-paru sesuai petunjuk yang terdapat pada Buku Siswa. Selanjutnya, catat hasil pengukuran kalian pada lembar kerja berikut dan jawablah pertanyaan di bawahnya.
Nama Anggota KelompokKapasitas Paru-paru Tanpa Aktivitas OlahragaKapasitas Paru-paru setelah Melakukan Aktivitas Olahraga
















1. Apakah ada perbedaan kapasitas paru-paru sebelum dan setelah melakukan aktivitas olahraga? Utarakan pendapat kalian mengapa hal itu bisa terjadi pada kolom berikut.
Ketika kita melakukan aktivitas, tubuh akan membutuhkan lebih banyak oksigen dan mengeluarkan lebih banyak karbondioksida, akibatnya kapasitas vital meningkat. Berbeda dengan sebelum melakukan aktivitas, tubuh membutuhkan oksigen lebih kecil dan karbondioksida yang dikeluarkan kecil, sehingga sebelum melakukan aktivitas kapasitas vital lebih kecil.
2. Apakah kapasitas paru-paru laki-laki dan perempuan berbeda?
Berbeda
3. Jika kapasitas paru-paru laki-laki dan perempuan berbeda, menurut kalian mengapa hal itu bisa terjadi?
Pria memiliki kapasitas oksigen yang lebih besar dibandingkan wanita dikarenakan salah satunya adalah jenis kelamin dan hormon

Mari Refleksikan
1. Bagaimana proses bernapas pada manusia?
Saat bernapas, kita menghirup oksigen melalui hidung. Kemudian, udara melewati trakea, bronkus, dan menuju paru-paru. Di sana terjadi pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Oksigen disebarkan ke seluruh tubuh dan karbon dioksida dikeluarkan lewat mulut.
2. Mengapa manusia untuk hidup dan bertumbuh perlu bernapas?
Dengan bernapas kita mendapat oksigen yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi dan menghangatkan tubuh.
3. Apakah hubungan antara frekuensi pernapasan dengan aktivitas seseorang?
Semakin tinggi aktivitas seseorang maka frekuensi pernapasannya semakin meningkat. Hal ini dikarenakan energi yang dibutuhkan lebih banyak untuk mendukung aktivitas tersebut.
4. Apakah kalian sudah menjaga kesehatan organ pernapasan dengan baik?
Sudah. Saya selalu menjaga kesehatan organ pernapasan.
5. Apakah lingkungan sekitar dapat memengaruhi kesehatan organ pernapasan kalian? Mengapa?
Lingkungan sekitar dapat memengaruhi kesehatan organ pernapasan. Jika kita hidup di daerah industri (pabrik) atau kota besar yang mengandung banyak polutan, tentu akan menjadi faktor gangguan pernapasan. Berbeda halnya, jika kita hidup di daerah pegunungan yang udaranya masih bersih.

Demikian pembahasan mengenai Seberapa Kuat Paru-paru Milikku? Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku IPAS Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:11 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.