Home » , , » Menulis Laporan Perjalanan Ke Jogjakarta

Menulis Laporan Perjalanan Ke Jogjakarta

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Kurikulum Merdeka terdapat kegiatan Menulis Laporan Perjalanan. Tujuan pembelajaran kali ini adalah melalui menulis laporan perjalanan dengan panduan ADiKSiMBa, peserta didik dapat menulis dengan struktur awal, tengah, akhir dengan baik.

Kalian tentu pernah melakukan perjalanan ke suatu tempat untuk berwisata atau keperluan lainnya. Kegiatan itu dapat kalian tuangkan dalam bentuk laporan perjalanan. Apakah laporan perjalanan itu? Laporan perjalanan adalah tulisan yang berisi hasil dari kunjungan atau perjalanan ke suatu tempat. Laporan perjalanan berisi fakta atau informasi berdasarkan pengamatan atau pengalaman orang yang melakukan perjalanan. Laporan perjalanan harus ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Laporan perjalanan dapat dituliskan dalam bentuk narasi atau karangan. Kalian tentu masih ingat ADiK SiMBa (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana). Unsur-unsur di dalam laporan perjalanan harus dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. 

Sekarang, ingat-ingatlah perjalanan menarik yang pernah kalian lakukan. Lalu, buatlah laporan perjalanan dalam bentuk narasi atau karangan. Tuliskan karangan kalian dengan memulai dari bagian awal yang menarik, diikuti bagian tengah yang seru, ditutup dengan bagian akhir yang juga menarik. Gunakan kerangka karangan berikut untuk memudahkan kalian bekerja.

Judul
Awal (1 paragraf)
Ceritakan nama dan waktu perjalanan yang dilakukan (apa dan kapan), orang yang ikut dalam perjalanan (siapa), dan untuk apa perjalanan itu dilakukan (mengapa).

Tengah (2—3 paragraf)
Ceritakan proses perjalanannya (bagaimana). Kalian dapat menceritakan kendaraan yang digunakan, berapa lama waktu yang diperlukan, dan suasana perjalanannya. Kalau kalian mengetahui biaya-biaya dalam perjalanan tersebut, kalian dapat mencantumkannya. Ceritakan suka duka yang dialami selama perjalanan atau saat sampai di tujuan. Ceritakan pula hal-hal yang dijumpai atau dilakukan di tempat tujuan.

Akhir (1 paragraf)
Sampaikan kesan yang kalian dapat dari perjalanan ini. Kalian juga dapat menyampaikan rencana atau saran untuk perjalanan selanjutnya. Misalnya, “Kalau berkunjung ke tempat ini, sebaiknya membawa payung.”

Berikut ini contoh laporan perjalanan :
LAPORAN PERJALANAN KE JOGJAKARTA

1. Awal
Pada akhir tahun pelajaran sekolah kami mengadakan Study Tour ke Jogjakarta. Yogyakarta menjadi tujuan karena terdapat berbagai macam tempat yang bisa menambah pengetahuan siswa; baik itu sejarah, budaya, dan tempat-tempat penting. Kegiatan tersebut dilaksankan pada tanggal 9 Juli 2022. Kegiatan study tour diikuti oleh siswa kelas IV, V, dan VI di sekolah kami. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah wawasan siswa mengenai seputar Yogyakarta dan sebagai sarana pengenalan siswa dengan budaya lain yang beragam.

2. Tengah
Kami berangkat ke Yogyakarta menggunakan Bus Pariwisata Sinar Jaya. Kami dijadwalkan berangkat tanggal 9 Juli pukul 23:00 WIB. Namun, bus baru diberangkatkan pukul 23:30 WIB dikarenakan ada kendala dalam administrasi presensi siswa. Biaya dalam melakukan perjalanan wisata study tour ini sebesar Rp.400.000,- dengan rincian sebagai berikut: transportasi: Rp.200.000,-, tiket masuk: Rp.100.000,-, makan dan Minum: 100.000,- Sumber dana kegiatan ini sebagian berasal dari iuran para siswa dan tabungan siswa.
Malioboro
Objek wisata yang kami kunjungi adalah Candi Borobudur, Museum Dirgantara, dan Malioboro. Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini ternyata sangat mengagumkan. Candi dengan banyak stupa ini adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia. Museum Dirgantara Mandalaa berisikan benda-benda koleksi sejarah, dimana sebagian besarnya berupa pesawat terbang yang pernah mengabdikan diri di lingkungan TNI AU. Malioboro adalah sebuah jalan lurus yang menurut narasumber kami membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta yang secara utuh, jalan ini menggabungkan tiga jalan yakni Jalan Margo Mulyo, Margo Utomo, dan Malioboro itu sendiri.

3. Akhir
Selama kami mengikuti kegiatan ini kami sangat senang dan gembira karena bisa melihat kekayaan budaya dan peninggalan sejarah di Indonesia. Jika kalian ingin mengunjungi Malioboro sebaiknya pada waktu sore atau malam hari. Keuntungan mengunjungi Malioboro pada sore hari yakni udara yang tidak terlalu panas. Kalian juga bisa dengan nyaman menikmati suasana Malioboro sambil duduk-duduk di kursi-kursi ruang terbuka yang tersedia.

Demikian pembahasan mengenai Menulis Laporan Perjalanan Ke Jogjakarta. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas IV Kurikulum Merdeka, Kemendikbud.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:21 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.