Home » , » Unduh Modul Ajar PJOK Kelas I dan IV Sekolah Dasar

Unduh Modul Ajar PJOK Kelas I dan IV Sekolah Dasar

Modul ajar adalah sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik. Modul ajar merupakan penerapandari Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran.

Modul ajar yang disusun oleh seorang guru harus sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik, dengan mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang. Sebagai seorang Guru perlu memahami konsep mengenai modul ajar agar proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna.
Merdeka
Komponen modul ajar terdiri dari 17 komponen, dimana komponen 1 sampai 6 adalah informasi umum, komponen nomor 7 sampai nomor 13 adalah bagian refleksi dan komponen nomor 14 sampai 17 adalah komponen lampiran. Adapun susunannya adalah sebagai berikut:
  1. Identitas sekolah
  2. Kompetensi awal
  3. Profil Pelajar Pancasila
  4. Sarana dan Prasarana
  5. Target peserta didik
  6. Model yang digunakan
  7. Tujuan Pembelajaran
  8. Pemahaman Permakna
  9. Pertanyaan Pemantik
  10. Kegiatan Pembelajaran
  11. Asesmen
  12. Pengayaan Dan Remedial
  13. Refleksi Peserta Didik Dan Guru.
  14. Lembar Kerja Peserta Didik
  15. Bahan bacan guru dan peserta didik
  16. Glosarium
  17. Daftar Pustaka

Penjelasannya 17 komponen modul ajar adalah sebagai berikut:

1. Identitas
Identitas modul yakni Informasi tentang modul ajar yang dikembangkan. Pada bagian identitasi ini terdiri dari :
  • Nama penyusun, institusi, dan tahun disusunnya modul ajar.
  • Jenjang sekolah (SD/SMP/SMA)
  • Kelas
  • Alokasi waktu
  • Dll

2. Kompetensi Awal
Kompetensi awal adalah pengetahuan dan/atau keterampilan yang perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik tertentu. Kompetensi awal merupakan ukuran seberapa dalam modul ajar dirancang.

3. Profil Pelajar Pancasila
Merupakan tujuan akhir dari suatu kegiatan pembelajaran yang berkaitan erat dengan pembentukan karakter peserta didik. Profil Pelajar Pancasila (PPP) dapat tercermin dalam konten dan/atau metode pembelajaran. Di dalam modul pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila tidak perlu mencantumkan seluruhnya, namun dapat memilih Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran dalam modul ajar satu atau beberapa dimensi profil pelajar Pancasila.

4. Sarana dan Prasarana
Merupakan fasilitas dan bahan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Sarana merujuk pada alat dan bahan yang digunakan, sementara prasarana di dalamnya termasuk materi dan sumber bahan ajar lain yang relevan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Ketersediaan materi disarankan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik baik dengan keterbatasan atau kelebihan. Teknologi, termasuk sarana dan prasarana yang penting untuk diperhatikan, dan juga dimanfaatkan agar pembelajaran lebih dalam dan bermakna.

5. Target Peserta Didik
Peserta didik yang menjadi target  yaitu:
  • Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
  • Peserta didik dengan kesulitan belajar: memiliki gaya belajar yang terbatas hanya satu gaya misalnya dengan audio. Memiliki kesulitan dengan bahasa dan pemahaman materi ajar, kurang percaya diri, kesulitan berkonsentrasi jangka panjang, dsb.
  • Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin.

6. Model Pembelajaran Dalam Modul
Merupakan model atau kerangka pembelajaran yang memberikan gambaran sistematis pelaksanaan pembelajaran. Model pembelajaran dapat berupa model pembelajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (PJJ Daring), pembelajaran jarak jauh luar jaringan (PJJ Luring), dan blended learning.

7. Tujuan Pembelajaran Dalam Modul
Tujuan pembelajaran harus mencerminkan hal-hal penting dari pembelajaran dan harus bisa diuji dengan berbagai bentuk asesmen sebagai bentuk dari unjuk pemahaman. Tujuan pembelajaran menentukan kegiatan belajar, sumber daya yang digunakan, kesesuaian dengan keberagaman murid, dan metode asesmen yang digunakan.

8. Pemahaman Bermakna
Pemahaman bermakna adalah informasi tentang manfaat yang akan peserta didik peroleh setelah mengikuti proses pembelajaran. Manfaat tersebut nantinya dapat peserta didik terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

9. Pertanyaan Pemantik
Pertanyaan pemantik adalah pertanyaan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis dalam diri peserta didik. Pertanyaan pemantik memandu siswa untuk memperoleh pemahaman bermakna sesuai dengan tujuan pembelajaran.

10. Kegiatan Pembelajaran
Urutan kegiatan pembelajaran inti dalam bentuk langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang dituangkan secara konkret, disertakan opsi/ pembelajaran alternatif dan langkah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa.  Langkah kegiatan pembelajaran ditulis secara berurutan sesuai dengan durasi waktu yang direncanakan, meliputi tiga tahap, yakni pendahuluan, inti, dan penutup berbasis metode pembelajaran aktif.

11. Asesmen
Asesmen digunakan untuk mengukur capaian pembelajaran di  akhir kegiatan.  Kriteria pencapaian harus ditentukan denganjelas sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Ada tiga jenis asesmen yang harus dijelaskan guru dalam modul ajar yaitu :
  • Asesmen sebelum pembelajaran (diagnostik).
  • Asesmen selama proses pembelajaran (Formatif)
  • Asesmen akhir pembelajaran (sumatif)

12. Pengayaan dan Remidial
Pengayaan adalah kegiatan pembelajaran yang diberikan pada peserta didik dengan capaian tinggi agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Remedial diberikan kepada peserta didik yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau pembelajaran mengulang. Saat merancang kegiatan pengayaan, perlu diperhatikanmengenai diferensiasi contohnya lembar belajar/kegiatan yang berbeda dengan kelas.

13. Refleksi
Refleksi peserta didik dan guru, dicantumkan dalam modul ajar berupa instrumen , pertanyaan, angket, kuisioner agar siswa dan guru dapat mencermati/merenungkan kembali kegiatan yang dilakukan

14. Lembar Kerja Siswa
Lembar kerja siswa ini ditujukan untuk peserta didik (bukan guru) dan dapat diperbanyak sesuai kebutuhan untuk diberikan kepada peserta didik termasuk peserta non-reguler

15. Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik
Bahan bacaan guru dan peserta didik igunakan sebagai pemantik sebelum kegiatan dimulai atau untuk memperdalam pemahaman materi pada saat atau akhir kegiatan pembelajaran.

16. Glosarium
Glosarium merupakan kumpulan istilah-istilah dalam suatu bidang secara alfabetikal yang dilengkapi dengan definisi dan artinya. Glosarium diperlukan untuk kata atau istilah yang memerlukan penjelasan lebih mendalam

17. Daftar Pustaka
Daftar pustaka adalah sumber-sumber referensi yang digunakan dalam pengembangan modul ajar. Referensi yang dimaksud adalah semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb.).

Bagi Bapak/Ibu guru yang membutuhkan modul ajar Pendidikan Jasmani dan Olah Raga berikut ini beberapa contoh modul yang dapat Bapak?Ibu unduh :
  1. Modul Ajar Muatan Gerak Dasar Lokomotor.(.doc)
  2. Modul Ajar Muatan Gerak Dasar Non Lokomotor. (.doc)
  3. Modul Ajar Muatan Gerak Dasar Manipulatif. (.doc)
  4. Modul Ajar Muatan Aktivitas Senam. (.doc)
  5. Modul Ajar Muatan Gerak Berirama. (.doc)
  6. Modul Ajar Muatan Aktivitas Kebugaran Jasmani. (.doc)
  7. Modul Ajar Muatan Pola Perilaku Hidup Sehat. (.doc)

Silahkan unduk berkas :
  1. Modul Ajar PJOK Kelas IV (.rar) sebesar 23 mb DI SINI
  2. Modul Ajar Pjok Kelas I (.rar) sebesar 9 mb DI SINI
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:14 AM

2 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.