Home » , » Unduh Alur dan Tujuan Pembelajaran Kelas I dan IV SD

Unduh Alur dan Tujuan Pembelajaran Kelas I dan IV SD

Kurikulum Merdeka adalah Merdeka Belajar. Konsep ini, dibuat agar siswa bisa mendalami minat dan bakatnya masing-masing. Dilansir dari laman kurikulum.kemdikbud.go.id, Kurikulum Merdeka dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi murid. Salah satu bagian dari Kurikulum Merdeka adalah alur dan tujuan pembelajaran.

Alur Pembelajaran (AP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menuruturutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusunsecara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukandari hari ke hari untuk mengukur CP. Sebagai catatan guru berhak untuk menyusun alur pembelajaran masing-masing, yang terdiri dari rangkaian tujuan pembelajaran

Sedangkan Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi yang diharapkan dapatdicapai oleh siswa di akhir fase. CP terdiri dari 6 fase (A-F) atau tahapanyang meliputi seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA). Fase tersebut adalah: Fase A (kelas 1 – 2), Fase B (kelas 3 – 4), Fase C (kelas 5- 6), Fase D (kelas 7- 9), Fase E (kelas 10), dan Fase F (kelas 11 – 12)

Alur tujuan pembelajaran (ATP) memiliki fungsi yang sama dengan silabus. Alur Pembelajaran disusun untuk menjadi rangkaian tujuan pembelajaran sejak awal hingga akhir setiap fase dari suatu Capaian Pembelajaran. Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk mencapai CP di akhir fase tersebut. Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.

A. Komponen-Komponen komponen Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Komponen Tujuan Pembelajaran dapat memuat tiga aspek antara lain: Kompetensi, konten, dan variasi.
  1. Kompetensi adalah kemampuan yang dapat didemonstrasikan oleh siswa atau diaktualisasikan dalam bentuk produk atau kinerja (abstrak dan konkret) yang menunjukkan siswa telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran. 
  2. Konten yaitu ilmu pengetahuan inti atau konsep utama yang diperoleh siswa melalui pemahaman selama proses pembelajaran di akhir satu unit pembelajaran. 
  3. Variasi adalah sebuah keterampilan berpikir apa saja yang perlu dikuasai siswa untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan keterampilan berpikir kreatif, kritis, dan tingkat tinggi, seperti mengevaluasi, menganalisis, memprediksi, menciptakan, dan lain sebagainya. 
ATP
B. Contoh Alur Tujuan Pembelajaran
BAHASA INDONESIA FASE C KELAS 5
Capaian Pembelajaran (CP) Pada akhir fase C, pelajar memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuaidengan tujuan dan konteks sosial. Pelajar mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasiinformasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi daninformasional. Pelajar mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Pelajar memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan menambah pengetahuan dan keterampilan
Tujuan Pembelajaran 5.1Pelajar mampu membaca dengan lancar dan indah serta memahami informasi dan kosakata baruyang memiliki makna denotatif, literal, konotatif, dan kiasan untuk mengidentifikasi objek,fenomena, dan karakter.
Tujuan Pembelajaran 5.2Pelajar dapat mengidentifikasi dan menganalisis ide pokok dari teks deskripsi, narasi, dan eksposisi serta nilai – nilai yang terkandung dalam teks sastra (prosa, pantun, dan puisi), dari teks dan/atau audiovisual. 
Tujuan Pembelajaran 5.3Pelajar dapat mengajukan pertanyaan dengan menggunakan kata kunci yang relevan untuk mengklarifikasi pemahamannya terhadap teks

Dst

Berikut ini saya bagikan ATP Kelas I dan IV Sekolah Dasar yang terdiri dari beberpa mata pelajaran :
  1. ATP Bahasa Inggris
  2. ATP  Bahasa Indonesia
  3. ATP  Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial
  4. ATP Matematika 
  5. ATP PAdBP (Agama Islam)
  6. ATP PJOK
  7. ATP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  8. ATP Seni Musik
  9. ATP Seni Rupa

Bagi Bapak/Ibu Guru yang membutuhkan ATP Kelas IV silahkan :
  1. ATP Kelas IV Unduh DI SINI
  2. ATP Kelas I Unduh DI SINI

Semoga bermanfaat !
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 9:20 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.