Home » » Rangkuman Muatan SBdP Tema 8 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka

Rangkuman Muatan SBdP Tema 8 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka

Selamat datang di blog ini, semoga apa yang anda butuhkan ada di sini. Pada tulisan kali ini saya mencoba merangkum tema VIII Praja Muda Karana khususnya muatan pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Tema 8 terbagi menjadi empat subtema yaitu ema 8 terbagi menjadi empat subtema yaitu Subtema 1 Aku Anggota Pramuka, Subtema 2 Aku Anak Mandiri, Subtema 3 Aku Suka Bertualang, dan Subtema 4 Aku Suka Berkarya. Rangkuman atau resume ini ditulis dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 8 kurikulum 2013.

Rangkuman Muatan SBdP Tema 8 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka
Kompetensi Dasar
3.2Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu
4.2
Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu

Pembelajaran 1 Subtema 1
Bernyanyi lagu Pantun Pramuka
Saat menyanyikan sebuah lagu dengan pola irama bervariasi, perbedaan panjang pendek bunyi dapat diamati dari lirik pada setiap bagian lagu. Perbedaan panjang pendek bunyi juga mudah diamati jika menyanyi diiringi dengan alat musik ritmis atau tepuk tangan.

Udin menjadi anggota pramuka. Udin menjadi anggota pramuka siaga. Udin dan teman-teman senang menjadi anggota pramuka siaga. Pramuka memiliki tepuk tangan yang khas yaitu tepuk pramuka. Cobalah tepuk tangan pramuka berikut ini.
Tepuk Pramuka
Cobalah melakukan tepuk pramuka bersama temanmu, sekarang perhatikan lagu Pantun Pramuka berikut ini. Ikuti nyanyian dengan bertepuk tangan, bagilah kelas menjadi dua kelompok. Satu kelompok bertugas untuk menyanyi dan kelompok lainya bertugas untuk bertepuk tangan. Ulangi kegiatan dengan bertukar peran.
Pantun Pramuka
Pola irama yang sama pada lagu pantun pramuka terdapat pada baris ke 1 dan 2, sedangkan pola irama yang berbeda terdapat pada baris 3 dan 4.

Kegiatan bertepuk tangan dapat diganti dengan bertepuk meja, selain itu juga bisa diganti dengan menggunakan alat musik pukul.

Pembelajaran 3 Subtema 1
Mengenal variasi pola irama
Ketika mendengar sebuah karya musik, beberapa organ tubuh manusia bergerak secara spontan mengikuti ketukan musik tersebut, seperti: hentakan ujung kaki ke lantai, kepala yang digerak-gerakan, menepukkan tangan ke paha dan sebagainya. Apabila diperhatikan dengan seksama, akan teramati bahwa terdapat ketukan yang berlangsung secara terus-menerus, tanpa tekanan dan mempunyai kecepatan yang tetap. Ketukan ini disebut beat. 

Pola irama adalah sekelompok bunyi dengan susunan tertentu dalam satu atau beberapa birama yang muncul secara berulang-ulang dan teratur dalam sebuah lagu. Pola irama yaitu panjang pendeknya bunyi. Panjang pendeknya bunyi dapat dihitung berdasarkan ketukan. Ketukan merupakan bunyi yang teratur yang digambarkan seperti bunyi detak jarum jam.

Pola irama dapat terjadi terhadap ketukan dengan tiga macam bentuk, yaitu : (1) Pola irama rata, (2) Pola irama tidak rata dan (3) Sinkop. 
  1. Pola irama rata adalah pola dimana susunan panjang pendek bunyi terbagi rata atau terbagi sama terhadap ketukannya
  2. Pola irama tidak rata adalah pola dimana susunan panjang pendek bunyi tidak terbagi rata atau tidak terbagi sama terhadap ketukannya
  3. Pola irama sinkop adalah bentuk pola irama dengan aksen kuat yang biasa berpindah ke tempat pulsa yang seharusnya tidak mendapat aksen atau tekanan lebih

Pola irama berjalan menurut birama. Birama yaitu kuat dan lemahnya bunyi dalam lagu. Kuat lemahnya bunyi dibatasi garis birama. Birama ditandai dengan tanda birama. Contoh dari tanda birama yaitu 4/4. Artinya setiap birama ada empat ketukan.

Latihan pramuka akan ditutup dengan menyanyikan lagu
Aku Dapat Berbaris
Kegiatan ini dapat dilakukan menggunakan alat musik pukul.

Demikian Pembahasan mengenai Rangkuman Muatan SBdP Tema 8 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:35 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.