Home » » Rangkuman Muatan SBdP Kelas 3 Tema 8 Subtema 2

Rangkuman Muatan SBdP Kelas 3 Tema 8 Subtema 2

Selamat datang di blog ini, semoga apa yang anda butuhkan ada di sini. Pada tulisan kali ini saya mencoba merangkum tema VIII Praja Muda Karana khususnya muatan pelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Tema 8 terbagi menjadi empat subtema yaitu ema 8 terbagi menjadi empat subtema yaitu Subtema 1 Aku Anggota Pramuka, Subtema 2 Aku Anak Mandiri, Subtema 3 Aku Suka Bertualang, dan Subtema 4 Aku Suka Berkarya. Rangkuman atau resume ini ditulis dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi tematik tema 8 kurikulum 2013.

Rangkuman Muatan SBdP Tema 8 Subtema 2 Aku Anak Mandiri
Kompetensi Dasar
3.3Mengetahui dinamika gerak tari
4.3
Memeragakan dinamika gerak tari

Pembelajaran 1 Subtema 2
Menari Tempurung
Gerak kuat adalah gerak yang dilakukan dengan tenaga yang kuat. Gerak lemah merupakan gerak yang dibawakan dengan pelan dan lemah lembut.  Anggota tubuh yang dapat digerakkan, yaitu kepala, tangan, dan kaki. 
  1. Contoh gerak kepala yaitu : menoleh, mengangguk, menggeleng, dan mendongak.
  2. Contoh gerak tangan yaitu : melambai, merentang, mengangkat tangan, dan melenggang.
  3. Contoh gerak kaki yaituberjalan, berjinjit, jalan di tempat, dan meloncat. 

Pernahkah kamu menari tempurung? Cobalah ikuti kegiatan berikut ini. Siapkan dua buah tempurung kelapa. Benturkan kedua bagian punggung tempurung sehingga berbunyi. Bunyikan sesuai dengan petunjuk berikut ini !

Gerakan Tangan
Tepuk satu kali di sebelah kiri dan kanan secara bergantian. Posisi tangan sejajar dengan bahu.
Tari Bathok
  1. Tepuk satu kali di sebelah kiri bawah.
  2. Tepuk satu kali di sebelah kanan bawah.
  3. Tepuk satu kali di sebelah kiri atas.
  4. Tepuk satu kali di sebelah kanan atas. Lakukan sambil mengangkat kaki kiri. Lakukan gerakan sebanyak tiga kali.

Gerakan Kaki dan Tangan
Gerakan Tangan
  1. Satu langkah ke kiri dan satu langkah ke kanan. Lakukan gerakan sampai empat kali. Pada langkah kedua dan keempat tepukan tempurung.
  2. Letakan kaki kanan di depan. Tepukkan tempurung satu kali di depan
  3. Letakkan kaki kiri di depan. Tepukkan tempurung satu kali di belakang.

Gerakan Kepala
Gerakan Kepala
Kepala menoleh ke kiri, tepukkan tempurung di sebelah kanan. Kemudian lakukan gerakan sebaliknya. Kepala menoleh ke kanan, tepukkan tempurung di sebelah kiri. Cobalah berlatih bersama teman-temanmu mengikuti gerakan tersebut. Lakukan berulang-ulang. Jika tidak ada tempurung kelapa, ganti dengan tepukan tangan.

Pembelajaran 3 Subtema 2
Menari Tempurung
Gerak merupakan salah satu unsur dalam tari. Saat melakukan gerak kuat membutuhkan tenaga. Tenaga bisa membuat kita melakukan gerak kuat dan gerak lemah. Gerakan kuat dilakukan dengan sekuat tenaga dan penuh semangat. Gerakan kuat pada tarian menggambarkan semangat riang gembira. 

Gerakan lemah pada tarian dilakukan dengan lemah lembut. Gerakan lemah pada tarian menggambarkan perasaan sedih. Kita dapat meragakan gerak kuat dan lemah menggunakan anggota tubuh kita. Kita dapat menggerakan kepala, kaki dan tangan dengan kuat dan lemah.

Masih ingatkah kamu dengan tari Tempurung yang sudah dipelajari sebelumnya? Ikuti petunjuk berikut untuk berlatih menari tari Tempurung!
  1. Tepukkan tangan ke depan atas dan ke bawah belakang. Tepukkan tangan sambil berjalan dalam barisan.
  2. Tepukkan tangan dua kali di sebelah kiri dan sebelah kanan. Tepukkan tangan secara bergantian sebanyak empat kali.
  3. Jalan ke kiri dua langkah dan tepukkan satu kali. Lalu, jalan ke kanan dua langkah dan tepukkan tangan satu kali. Lakukan gerakan tepuk tangan sambil melompat. Lakukan sebanyak dua kali.
  4. Tepukkan tangan di sebelah kiri bawah. Tepukkan tangan di sebelah kanan bawah. Tepukkan tangan di sebelah kiri atas. Tepukkan tangan di sebelah kanan atas sambil mengangkat kaki kiri. Lakukan sebanyak dua kali.
  5. Jalan ke kiri dua langkah dan tepuk tangan satu kali. Lalu, jalan ke kanan dua langkah dan tepuk tangan satu kali. Sambil melangkah tengokkan kepala ke kiri dan ke kanan secara bergantian. Lakukan sebanyak dua kali.
  6. Tepukkan tangan ke depan atas dan ke belakang bawah. Tepuk tangan dilakukan sambil berjalan membentuk lingkaran. Lalu, dengan gerakan yang sama berjalan keluar meninggalkan tempat menari.

Demikian pembahasan mengenai Rangkuman Muatan SBdP Tema 8 Subtema 2 Aku Anak Mandiri. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:04 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.