Home » » Modernisasi Masyarakat Indonesia dan Dampaknya

Modernisasi Masyarakat Indonesia dan Dampaknya

Pada Pembelajaran Kelas VI Tema 9 Menjelajah Ruang Angkasa Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan terdapat muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kompetensi yang dibahas pada subtema tersebut adalah KD 3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia. KD 4.2 Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia.

Modernisasi adalah proses perkembangan masyarakat yang masih bersifat tradisional menuju ke masyarakat yang bersifat lebih modern. Bila Indonesia tidak bisa mengikuti perkembangan dalam bidang komunikasi tentunya akan menciptakan kesenjangan sosial dengan negara-negara tetangga.

A. Modernisasi dalam Masyarakat Indonesia
Kita mungkin sudah sering mendengar kata modern untuk menjelaskan sesuatu yang bukan bersifat tradisi, tetapi bersifat masa kini. Modernisasi berarti proses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat modern. Modernisasi dapat pula berarti perubahan dari masyarakat tradisional menuju masyarakat yang maju.

Modernisasi yang membentuk masyarakat modern tentu akan mengubah cara pikir dan cara hidup masyarakatnya. Para ahli menyebutkan beberapa ciri masyarakat modern. Masyarakat modern memiliki sikap hidup untuk menerima hal-hal yang baru dan terbuka untuk perubahan. Mereka memiliki keberanian untuk menyatakan pendapatnya tentang lingkungannya sendiri. Mereka juga sangat menghargai waktu dan lebih banyak berorientasi ke masa depan daripada masa lalu. Selain itu, masyarakat modern juga memandang perlu adanya perencanaan dan perhitungan yang matang. Rasa percaya diri yang tinggi, percaya ilmu pengetahuan dan teknologi, dan menghargai orang lain melalui prestasinya dalam masyarakat juga ciri masyarakat modern.

Perubahan masyarakat menjadi masyarakat modern tidak terjadi begitu saja. Perubahan pada umumnya terjadi karena adanya peningkatan jenis kebutuhan manusia yang semakin beragam. Oleh karena itu, mereka memerlukan cara-cara baru untuk memenuhinya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga menjadi pendorong kuat terjadinya perubahan masyarakat. Kemudahan-kemudahan yang tercipta karena adanya penggunaan teknologi, membuat masyarakat menyesuaikannya dengan cepat juga.

Ciri-ciri Masyarakat Modern
Secara umum masyarakat terbagi ke dalam 2 bagian yaitu masyarakat modern dan masyarakat tradisional. Masyarakat modern lebih mengedepankan nilai-nilai dan unsur budaya yang bersifat universal. Sedangkan dalam masyarakat tradisional masih memegang nilai luhur tradisi dan budaya warisan leluhur. Berikut ini beberapa ciri masyarakat modern
Modernisasi
No.Ciri-ciri Masyarakat Modern
1.Memiliki sikap hidup untuk menerima hal-hal yang baru dan terbuka untuk perubahan
2.Memiliki keberanian untuk menyatakan pendapatnya tentang lingkungannya sendiri.
3.Sangat menghargai waktu dan lebih banyak berorientasi ke masa depan daripada masa lalu
4.Memandang perlu adanya perencanaan dan perhitungan yang matang
5.Memiliki rasa percaya diri yang tinggi,
6.Mempercayai ilmu pengetahuan dan teknologi
7.Menghargai orang lain melalui prestasinya

B. Dampak Sosial Modernisasi
Modernisasi banyak membawa dampak bagi kehidupan sosial masyarakat. Salah satunya adalah usaha manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu kebutuhan manusia yang berkembang pesat adalah kebutuhan teknologi komunikasi dan informasi. Perkembangan teknologi komunikasi berkembang sangat pesat saat ini. Komunikasi kini tidak dibatasi ruang dan waktu. Seluruh penghuni dunia berkesempatan untuk saling berkomunikasi dan berkirim informasi. 

Sejak tahun 1976, Indonesia telah memiliki satelit komunikasi yang diluncurkan ke luar angkasa untuk kebutuhan komunikasi. Hingga kini, telah delapan kali Indonesia meluncurkan satelit komunikas. Satelit terakhir yang diluncurkan pada tahun 2017 adalah Satelit Telkom 3S untuk menggantikan satelit komunikasi sebelumnya.

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi juga memengaruhi kehidupan masyarakat. Teknologi industri yang semakin maju dapat melipatgandakan hasil produksi dengan cepat dan dengan kualitas yang tinggi. Selain itu, kemajuan teknologi juga membantu pendistribusian barang hasil produksi sehingga barang dapat tersedia di mana saja dan kapan saja.

Kemajuan ilmu pengetahuan teknologi sebagai bagian dari modernisasi dapat pula menyebabkan kesenjangan dalam masyarakat. Masyarakat yang sudah paham dan mampu memanfaatkan teknologi akan semakin maju. Sedangkan masyarakat yang belum mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan akan semakin tertinggal. Ketertinggalan akan pemanfaatan teknologi dapat borpotensi menimbulkan konflik di masyarakat.

Masuknya pengaruh asing merupakan salah satu dampak terbukanya sistem komunikasi dan informasi. Pengaruh asing tersebut banyak juga yang kurang sesuai dengan norma mayarakat di Indonesia, sehingga dapat dengan mudah menimbulkan gesekan dalam kehidupan sosial masyarakat.

Kemajuan bidang industri menimbulkan pula dampak terhadap masyarakat. Contohnya adalah dengan adanya pencemaran lingkungan akibat kegiatan industri. Air, tanah, dan udara yang tercemar jelas akan membahayakan kehidupan masyarakatnya. Industrialisasi dengan menggunakan peralatan canggih pengganti tenaga manusia juga berdampak pada masyrakat. Dampak yang sangat nyata adalah meningkatnya pengangguran. Hal ini disebabkan karena lapangan pekerjaan bagi mereka semakin sedikit. Meningkatnya pengangguran dapat menyebabkan tindak kekerasan dan kriminalitas di dalam masyarakat.
Dampak Sosial Modernisasi

C. Membuat Kliping Dampak Modernisasi

Kebiasaan Orang Indonesia yang Dipengaruhi Budaya Asing
Sadarkah kamu bahwa Indonesia mengalami banyak perubahan akibat adanya modernisasi. Perubahan memang selalu mengarah menjadi baik, tetapi ada juga yang menjadi tidak baik karena ketidaksesuaian dengan kebiasaan di Negara kita. Berikut adalah contoh-contoh perubahan kebiasaan orang Indonesia yang dipengaruhi negara lain.

1. Cara Berpakaian
Dewasa ini, cara berpakaian masyarakat mengikuti perkembangan fashion dari negara lain. Seperti yang kita lihat bahwa banyak sekali menggunakan celana pendek di depan umum. Orang dulu menutup auratnya tetapi sekarang dibuka dan bahkan yang lebih parah lagi menjadi tren mode untuk kalangan remaja dan menjadi kebiasaan banyak orang.
Cara Berpakaian
2. Jenis Hiburan
Jenis hiburan orang Indonesia sekarang sudah mulai mengadopsi dari budaya asing. Sekarang ini jenis hiburan masyarakat Indonesia semakin banyak dan bervariasi seperti bermain game controller, Virtual Reality, Augmented Reality, dan menyukai musik-musik kpop, barat dan lainnya. Nah, karena kita menyukai musik dari negara lain biasanya kita jadi termotivasi ingin belajar bahasa dari negara tersebut bukan?. Tapi akibatnya kita jadi meninggalkan permainan tradisional atau permainan khas dari Indonesia.
Hiburan
3. Gaya Hidup
Gaya hidup atau lifestyle masyarakat Indonesia juga sudah banyak dipengaruhi oleh budaya asing loh. Sebagian masyarakat sudah menerapkan gaya hidup yang lebih baik seperti tepat waktu, workaholic, vegetarian. Tetapi ada juga dampak negatif yang didapat jika memilih gaya hidup yang salah seperti suka memakan junk food, mengkonsumsi minuman keras, dan lainnya.
Nasi Tumpeng
Sumber : https://pastelbooks.id/kebiasaan-orang-indonesia-yang-dipengaruhi-budaya-asing/

Demikian pembahasan mengenai Modernisasi Masyarakat Indonesia dan Dampaknya. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Kelas VI Tema 9, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 5:43 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.