Home » » Membuat Rancangan Teks Pidato

Membuat Rancangan Teks Pidato

Pada Pembelajaran tema 7 kelas VI sekolah dasar terdapat muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Kompetensi dasar yang diajarkan pada tema 7 adalah KD 3.3 Menggali isi teks pidato yang didengar dan dibaca. KD 4.3 Menyampaikan pidato hasil karya pribadi dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif sebagai bentuk ungkapan diri.

Menyampaikan pidato berarti melisankan pidato yang telah disiapkan. Akan tetapi, menyampaikan pidato bukan sekadar membacakan naskah pidato di depan pendengar, tetapi perlu juga menghidupkan, menghangatkan suasana, dan menciptakan interaksi yang hangat dengan pendengar.

A. Pengertian Pidato
Pidato adalah kegiatan berbicara yang berisi informasi yang disampaikan kepada orang banyak. Saat berpidato diperlukan adanya orator (orang yang berpidato) dan audiensi (pendengar pidato). 
Pidato
Berpidato bisa dilakukan berdasarkan teks atau naskah pidato (yang sudah disiapkan sebelumnya), berdasarkan catatan tentang garis besar isi pidato, ada pula yang serta merta, tanpa teks. Bagi pemula, dalam berpidato sebaiknya menggunakan teks atau naskah pidato agar lancar.

B. Tujuan Pidato
Tujuan pidato sendiri bukan hanya sekadar menyampaikan aspirasi kepada pihak yang dituju, namun terdapat beberapa syarat dan ketentuan agar hal yang disampaikan akan bisa tersampaikan dengan baik. Beberapa tujuan berpidato antara lain sebagai berikut :
  1. Memberikan sapaan dalam suatu acara.
  2. Memberi suatu pemahaman atau informasi kepada orang lain.
  3. Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti keinginan kita dengan suka rela.
  4. Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan.

C. Kerangka Pidato
Kerangka pidato adalah catatan tentang pokok-pokok isi pidato yang disusun sesuai dengan urutan yang dikehendaki. Sebelum berpidato, penulis harus membuat kerangka pidato. Hal ini sangat penting agar penulis bisa menyampaikan isi pidatonya dengan lebih terstruktur. Teks pidato harus memuat hal-hal pokok berikut.
  1. Salam pembuka. Berisi kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan lain-lain)
  2. Pendahuluan. Memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas
  3. lnti. Berisi pembahasan topik secara lengkap. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan.
  4. Penutup. Penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.
  5. Salam penutup. Berisi kalimat salam penutup seperti “terima kasih”

D. Langkah Menyusun Naskah Pidato
Sebelum berpidato biasanya seseorang harus memiliki persiapan yang matang, salah satunya adalah menyusun naskah pidato. Menulis naskah pidato pada hakikatnya adalah menuangkan gagasan ke dalam bentuk bahasa tulis yang siap dilisankan. Naskah pidato disusun berdasarkan langkah-langkah berikut.
  1. Menentukan topik pidato. Sebelum menyusun kerangka atau naskah pidato, penulis harus terlebih dahulu menentukan topik apa yang ingin disampaikan.
  2. Menentukan tujuan. Setelah tema ditentukan, penulis harus menentukan tujuan pidato. Hal ini penting karena tujuan pidato akan berpengaruh pada penggunaan gaya bahasa serta gaya pembawaan. 
  3. Menentukan dan menulis poin penting dalam pidato Poin penting ini bertujuan agar penulis lebih dipermudah dalam menyusun kerangka pidato.
  4. Menyusun kerangka teks pidato. Setelah poin penting dalam pidato, penulis harus menyusun kerangka teks pidato.
  5. Mengembangkan kerangka menjadi pidato yang utuh. Pembuatan kerangka pidato harus diikuti dengan pengembangannya. Misalnya dengan pemilihan dan penggunaan bahasanya.

E. Membuat Rancangan Pidato
Rancangan konsep pidato akan mempermudah penulis untuk membuat pidato sesuai dengan tujuan yang perlu dicapai, sehingga mudah dipahami oleh pendengar pidato. Berikut contoh rancangan pidato yang berisi tentang pentingnya bemusyawarah.
Rancangan Teks Pidato
Unsur PidatoKeterangan
Topik"Bermusyawarah untuk kepentingan bersama"
Salam PembukaBerisikan kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan lain-lain)
PendahuluanMemaparkan topik permasalahan yang akan dibahas. Pidato kali ini akan membahas topil Bermusyawarah untuk kepentingan bersama
IntiBerisikan pembahasan topik secara lengkap mengenai musyawarah. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan ymusyawarah  Keterangan lengkap tentang topik disampaikan secara rinci.
PenutupPenyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan
Salam PenutupBerisikan kalimat salam penutup seperti ‘terima kasih’.

F. Menyusun Teks Pidato
Pada saat menulis sebuah pidato sesungguhnya tidak jauh berbeda dengan kegiatan menulis naskah yang lain. Saat menulis teks pidati harus memperhatikan pilihan, kosakata, kalimat, dan paragraf . Situasi resmi atau kurang resmi akan menentukan kosakata dalam menulis. Berikut ini teks Pidato Bermusyawarah untuk Kepentingan Bersama
Unsur PidatoKeterangan
Topik"Bermusyawarah untuk kepentingan bersama"
Salam PembukaAssalamualaikum Wr Wb. Yang terhormat Bapak/Ibu Guru yang saya hormati, juga teman-teman yang saya cintai. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato dengan topik Bermusyawarah untuk kepentingan bersama.
PendahuluanMusyawarah merupakan kegiatan membahas suatu masalah dengan tujuan agar mendapatkan solusi. Musyawarah sering juga kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh kecil di saat kita menentukan waktu belajar kelompok.
IntiBeberapa manfaat musyawarah antara lain sebagai berikut : Pertama musyawarah melatih untuk menyuarakan pendapat (ide). Setiap orang pasti memiliki ide atau gagasan yang dapat diungkapkan dalam memecahkan suatu permasalahan yang sedang dibahas.

Kedua melalui musyawarah masalah dapat segera terpecahkan. Dengan bermusyawarah, akan bisa didapatkan beberapa jalan alternatif dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang menyangkut kepentingan bersama.

Ketiga musyawarah dapat mengambil keputusan yang memiliki nilai keadilan. Musyawarah merupakan proses dengar pendapat yang nantinya keputusan yang diambil adalah merupakan kesepakatan bersama antar sesama anggota. 

Keempat musyawarah menghasilkan keputusan yang dapat menguntungkan semua pihak. Keputusan yang diambil dalam suatu musyawarah tidak boleh merugikan salah satu pihak atau anggota dalam musyawarah.

Marilah mulai sekarang kita membudayakan musyawarah dalam kehidupan sehari-hari karena melalui musyawarah kepentingan bersama akan tetap terjaga. Musyawarah memiliki kelebihan, salah satu diantaranya adalah keputusan yang diambil merupakan keputusan bersama yang merupakan jalan tengah yang membuat masalah teratasi.
PenutupDari pidato yang telah saya sampaikan di atas maka dapat saya simpulkan tentang musyawarah untuk kepentingan bersama yaitu: pertama musyawarah dapat melatih menyuarakan ide. Kedua musyawarah dapat memecahkan masalah yang sedang kita hadapi. Ketiga musyawarah dapat menghasilkan keputusan yang menguntungkan semua pihak. Keempat musyawarah menghasilkan keputusan yang dapat menguntungkan semua pihak.
Salam PenutupDemikian pidato singkat ini saya sampaikan. mohon maaf bila ada kata atau kalimat yang kurang jelas. Terima kasih. Wasalamualaikum wr.wb

Demikian pembahasan Membuat Rancangan Teks Pidato. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Kelas VI Tema 7, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:06 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.