Home » » Literasi Kelas V Tema 7 Membuat Ulasan Pelajaran Pelangi

Literasi Kelas V Tema 7 Membuat Ulasan Pelajaran Pelangi

Tujuan dari kegiatan ini adalah dengan membuat ulasan, siswa dapat memahami isi bacaan atau teks dengan penuh percaya diri. Hasil yang diharapkan antara lain siswa peduli terhadap perbedaan dan siswa terampil membuat ulasan teks.

Sebagai bangsa yang terdiri atas beraneka ragam suku dan sosial budaya, kita harus bangga. Semua suku bangsa yang ada di Indonesia mempunyai budaya yang beragam yang menjadi ciri dari suku bangsa masing-masing. Keragaman budaya tersebut menjadi penyusun kerangka persatuan dan kesatuan bangsa. Keragaman yang terbentuk dari perbedaan tersebut memperkaya dan memperindah kehidupan berbangsa dan bernegara. Bacalah bacaan berikut dan buatlah ulasannya!
Pelajaran Pelangi
Pelajaran Pelangi
Dahulu, warna-warna yang ada di bumi bertengkar. Semua mengklaim dirinya paling bagus dan paling berguna. Si Hijau mengatakan, “Akulah yang terpenting. Aku simbol penghidupan dan penghargaan. Aku dipilih oleh padi, rerumputan dan pepohonan. Tanpa diriku, semua makhluk akan mati.“ Si Biru menimpali, “Jangan hanya berpikir tentang bumi. Lihatlah birunya langit dan lautan luas! Air adalah sumber kehidupan, langit memberi ruang dan kedamaian.” Si Kuning menyela, “Ah, kamu terlalu serius. Aku membawa kegembiraan dan kehangatan di dunia. Matahari berwarna kuning, juga bulan. Tanpa kehadiranku, tidak ada kegembiraan.” Si Jingga tidak mau kalah, “Aku simbol kesehatan dan kekuatan. Buktinya, aku dipercaya melayani kebutuhan manusia, membawa vitamin-vitamin penting bagi kehidupan. Coba lihat aku pada wortel, labu, jeruk, dan pepaya!

“Aku darah kehidupan! Lambang keberanian dan cinta. Tanpaku, bumi akan kosong melompong,“ sela si Merah. Sementara itu, si Ungu teriak, “Aku adalah warna aristokrat dan kekuatan. Para raja dan pemimpin selalu memilih warnaku untuk pakaian dan aksesoris mereka.”

Pertengkaran makin seru. Masing-masing tidak mau mengalah. Tiba-tiba, muncul kilat dan gelegar suara petir, disertai hujan deras. Tanpa di komando, warna-warna itu merunduk ketakutan, lalu saling mendesak mencari perlindungan.

Sang Hujan berkata, “Hei, warna-warna! Jangan bertengkar! Ketahuilah, setiap kamu diciptakan untuk tujuan khusus, unik, dan berbeda satu sama lain. Kemarilah saling bergandengan tangan!” Warna-warna itu melakukan apa yang disuruh sang Hujan. “Mulai sekarang, setiap kali turun hujan, setiap kamu akan terentang di udara dalam satu pelangi yang indah, sebagai peringatan bahwa kita harus hidup bersama dalam damai.”

Dikutip dari: Intisari

Temukan kosakata baru dari bacaan di atas. Carilah arti dari kosakata tersebut di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Buatlah kalimat dengan menggunakan kosakata-kosakata tersebut. Tulislah pada kolom di bawah ini!
Kosakata Pada Bacaan
Kosakata baruArti Kata
mengklaimMeminta atau menuntut pengakuan atas suatu fakta bahwa seseorang berhak memiliki atau mempunyai hak atas sesuatu
aristokratPenganut cita-cita kenegaraan yang berpendapat bahwa negara harus diperintah oleh kaum bangsawan
aksesorisBarang yang berfungsi sebagai pelengkap dan pemanis busana
vitaminZat yang sangat penting bagi tubuh manusia dan hewan untuk pertumbuhan dan perkembangan
komandoAba-aba; perintah
seriusSungguh-sungguh, tidak bergurau

Contoh kalimat :
  1. Perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, Pfizer mengklaim telah menemukan vaksin terbaik.
  2. Banyak daerah itu masih diatur oleh para raja dan aristokrat.
  3. Pemilihan dan pemakaian aksesori dapat membuat baju terlihat menarik.
  4. Vitamin A  berperan  meningkatkan kekebalan tubuh.
  5. Bung Karno memiliki penampilan khas yakni mengapit tongkat komando.
  6. Adakalanya seseorang masih berpikir serius tentang berita yang tidak jelas sumbernya.

Pelangi adalah gambaran sebuah masyarakat. Perbedaan selalu ada. Perbedaan yang ada janganlah menjadi penghalang untuk menjalin persatuan dengan anggota masyarakat yang lain. Apa, sih, arti penting persatuan?
Persatuan sangat penting bagi sebuah negara yang ingin hidup sejahtera. Persatuan juga akan mewujudkan kerja sama yang baik dengan negara lain. Negara Indonesia sangat besar dan luas sehingga sangat sulit untuk mengaturnya apabila tidak ada persatuan. Maka dari itu, sebuah persatuan sangat penting di dalam negara agar terwujud kesatuan dan persamaan.

Dari cerita pelangi, tentunya kamu dapat mengambil beberapa hikmah mengenai pentingnya persatuan dalam keragaman. Tuliskan hikmah yang dapat diambil dari cerita “Pelajaran Pelangi”.
  1. Kita dapat terhindar dari menyombongkan diri sebagai yang terbaik diantara yang lainnya.
  2. Perbedaan yang ada bukan menjadi penghalang persatuan dengan anggota masyarakat yang lainnya.
  3. Menerima keragaman suku bangsa dan budaya sebagai kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya
  4. Lebih mengutamakan kepentingan negara daripada kepentingan kawasan atau suku masing-masing

Buatlah ulasan mengenai bacaan yang berjudul “Pelajaran Pelangi”!
Judul Cerita : Pelajaran Pelangi
Unsur intrinsik
a.Setting cerita:Latar waktu : Dahulu, Latar tempat : Di Langit, Latar suasana : Menegangkan
b.Karakter:Karakter antagonis : Si Merah, Si Kuning, Si Hijau, Si Biru, Si Jingga. Karakter protagonis : Sang Hujan.
c.Alur:Alur mundur dimana biasanya pengarang memberikan ceritanya dimulai dari konflik/permasalahan kemudian menuju penyelesaian
d.Penokohan:Si Merah, Si Kuning, Si Hijau, Si Biru, Si Jingga berwatak sombong. sedangkan Sang Hujan berwatak bijaksana
e.Sudut pandang penulis:Sudut pandang orang ketiga tunggal dimana penulis berada di luar kisah tak serta terlibat dalam cerita.

Bagian yang paling menarik :
Masing-,masing warna mengaku dirinya paling cantik dan paling berguna
Informasi penting :
  1. Warna hijau simbol penghidupan dan penghargaan dan tanpa flora semua makhluk akan mati. 
  2. Warna biru pada langit dan lautan luas yaitu sumber kehidupan, langit memberi ruang dan kedamaian.
  3. Warna kuning membawa kegembiraan dan kehangatan di dunia. Warna jingga simbol kesehatan dan kekuatan ibarat pada wortel, labu, jeruk, dan pepaya.
  4. Warna merah ambang keberanian dan cinta.
  5. Warna ungu warna ningrat dan kekuatan sehingga para raja dan pemimpin selalu menentukan warnau ungu
Pendapat saya tentang bacaan ini
Cerita ini sangat menarik untuk diambil hikmahnya dalam hidup bermasyarakat. Ternyata perbedaan yang ada bukan menjadi penghalang untuk bersatu.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:42 PM

1 komentar:

  1. Saya mendukung kegiatan ini karena membantu menjawab soal" sekolah ku terimakasih untuk
    www.mikirbae.com

    ReplyDelete

Mohon tidak memasukan link aktif.