Home » » Pembelajaran 1 Tema 4 Subtema 2 Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah

Pembelajaran 1 Tema 4 Subtema 2 Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah

Pada Pembelajaran 1 Tema 4 Subtema 2 Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah akan mempelajari tentang menjelaskan makna dan  amanat pantun dengan benar. Dengan kegiatan berkreasi membuat pantun, siswa dapat menjelaskan amanat pantun buatannya. Dengan kegiatan mencari tahu, siswa dapat menjelaskan berbagai macam >gangguan yang dapat mempengaruhi organ peredaran darah manusia. Dengan kegiatan mencari tahu, siswa dapat mempresentasikan berbagai gangguan yang dapat mempengaruhi organ peredaran darah manusia menggunakan model sederhana. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Manusia rentan dengan berbagai macam gangguan pada organ tubuhnya, di antaranya gangguan pada organ peredaran darah. Apa penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia? Apa saja jenis gangguan pada organ peredaran darah manusia?

Ada beberapa penyakit atau gangguan pada sistem peredaran darah manusia yang dialami banyak orang. Gangguan pada sistem peredaran darah dan organ peredaran darah disebut penyakit kardiovaskular. Kardiovaskular artinya adalah hal yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Ini karena organ sistem peredaran darah manusia terdiri dari jantung dan pembuluh darah.

Ayo Membaca
Bacalah pantun di bawah ini !
Di situ kamu di sini aku
Bergandeng tangan bersuka ria.
Sehat selalu ini badanku
Karena rajin berolahraga

Si Nana mengayuh sepeda 
Di dahinya penuh peluh
Wahai anak-anak muda
Sehat itu pasti kamu butuh

Apa makna dari pantun di atas? Makna pantun pertama tentang mahalnya kesehatan tubuh manusia. Demikian juga pada pantun kedua, yang bermakna himbauan untuk berolahraga. Nah, dapatkah kamu membuat pantun yang makna atau isinya tentang pentingnya menjaga organ peredaran darah agar terhindar dari gangguan kesehatan?

Ayo Berkreasi
Buatlah pantun yang berisi tentang pentingnya menjaga organ peredaran darah agar terhindar dari gangguan kesehatan. Tuliskan pantunmu pada kolom berikut.
PantunPantun
Akhir pekan pergi ke pasar
Hansip lewat bawa penjahat
Jika ingin darah lancar
Wajib makan makanan sehat
Beli kue donat lalu ditata
Lalu dimakan wajahnya merah
Jagalah selalu jantung kita
Jantung berguna edarkan darah
Terbangun dari tidur nyenyak
Langit pagi tampak cerah
Jangan makan banyak lemak
Bisa menghambat peredaran darah
Sinar matahari cerah memancar
Berpencar ke arah bagian gunung
Jika sirkulasi darah lancar
Terhindar dari gangguan jantung
Batman punya sahabat Robin
Berdua pergi ke negara Armenia
Pertinggi kadar hemoglobin
Agar terhindar dari Anemia
Membuat lubang memakai pahat
Berbaring tidur sambil telungkup
Agar jantung selalu sehat
Tidur dan istirahat yang cukup
Belajar sambil main catur
Makin pintar dan cekatan juga
Olahraga secara teratur
Agar daya tahan terjaga
Makan pagi lauknya tongkol
Buah pepaya manis dan segar
Hindari rokok dan alkoh*l.
Pasti tubuh sehat dan bugar
Main bola sebentar rehat
Anak kecil main jungkat-jungkit
Jika jantung kita sehat
Darah lancar bebas penyakit
Main petak umpet bagian jaga
Teman sembunyi berpencar
Pembuluh darah harus dijaga
Agar darah mengalir lancar

Darah adalah bagian tubuh manusia yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh. Darah merupakan komponen penting di dalam tubuh yang memengaruhi semua kinerja organ tubuh. Oleh karena itu, organ peredaran darah seperti jantung dan pembuluh darah hendaknya dijaga kesehatannya. Tahukah kamu penyebab terjadinya gangguan pada organ peredaran darah manusia?

Hari ini Siti dan teman-temannya membaca majalah, surat kabar, dan beberapa artikel di internet tentang berbagai gangguan pada organ peredaran darah manusia. Mereka ingin mengetahui berbagai penyebab terjadinya gangguan pada organ peredaran darah manusia dan jenis gangguan pada organ peredaran darah manusia.
Siti Sedang Belajar
Ayo Menulis
1. Coba cari tahu berbagai penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia. Kamu dapat bertanya kepada orang yang kamu anggap tahu. Kamu juga bisa membaca tentang berbagai penyebab gangguan pada organ peredaran darah manusia dari surat kabar, majalah, ataupun dari internet. Kemudian, tuliskan pada tabel seperti berikut!
No.Penyebab Gangguan pada Organ Peredaran Darah Manusia
1.Penyumbatan pembuluh darah dalam jantung, misalnya lemak
2.Penyempitan pembuluh darah.
3.Terbentuknya kerak keras di bagian dalam dinding pembuluh nadi.
4.Telalu lama berdiri atau bekerja dengan menggunakan kaki terlalu lama
5.Gangguan peredaran darah otak dapat berupa tersumbatnya pembuluh darah atau pecahnya pembuluh darah
6.Kadar hemoglobin (Hb) dalam darah yang terlalu rendah
7.Tubuh terlalu banyak memproduksi sel darah putih abnormal
8.bentuk sel darah merah yang tidak beraturan, sehingga daya ikat sel darah merah terhadap oksigen dan karbon dioksida menurun.
9.Darah pasien hemofilia sulit membeku jika terjadi luka.

2. Coba cari tahu berbagai gangguan pada organ peredaran darah manusia. Kamu dapat bertanya kepada orang yang kamu anggap tahu. Kamu juga bisa membaca tentang berbagai gangguan pada organ peredaran darah manusia dari surat kabar, majalah, ataupun dari internet. Kemudian, tuliskan pada tabel seperti berikut.
No.Gangguan Organ Peredaran Darah Manusia
1.Jantung Koroner
2.Hipertensi
3.Skelrosis
4.Varises
5.Stroke
6.Anemia
7.Leukimia
8.Thalassemia
9.Hemofilia

Tanda-tanda sirkulasi darah tidak lancar adalah ketika mengalami sesak napas, nyeri dada, dan sakit kepala. Sirkulasi darah yang tidak lancar juga sering menjadi penyebab sakit jantung dan stroke. Melancarkan sirkulasi darah dapat dilakukan dengan cara mudah, tetapi efeknya sangat besar bagi tubuh. Caranya adalah dengan membiasakan diri untuk lebih sering berjalan kaki atau berolahraga. Berjalan kaki setiap hari kurang lebih selama tiga puluh menit setelah makan, dapat melancarkan sirkulasi darah dan membantu proses pencernaan makanan dalam tubuh.

Ayo Renungkan
Apa yang kamu pelajari pada hari ini? Apakah kamu sudah menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. 
Sirkulasi darah memiliki peran mengalirkan darah dan nutrisi dari jantung ke seluruh tubuh dan sebaliknya. Ketika sirkulasi darah tidak lancar, beragam gangguan kesehatan pada tubuh Anda dapat terjadi. Sirkulasi darah tidak lancar akan menimbulkan dampak pada berbagai organ dan jaringan. Anda sebaiknya mengetahui penyebab-penyebab yang dapat membuat sirkulasi darah tidak lancar, agar dapat menghindarinya. Beberapa dari cara menjaga organ peredaran darah sudah saya lakukan

Kerja Sma dengan Orang Tua
Pernahkah anggota keluargamu menderita sakit karena gangguan peredaran darah? Sakit apa yang pernah dialami anggota keluargamu itu? Bagaimana cara menyembuhkannya?
Pengalaman saya tentang anggota keluarga yang menderita penyakit akibat gangguan peredaran darah adalah  kakak saya pernah didiagnosa menderita stroke akibat penyumbatan pembuluh darah oleh lemak. Cara yang kami lakukan untuk menyembuhkan kakak adalah melalui tindakan DSA di rumah sakit
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:41 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.