Home » » Pembelajaran 1 Tema 5 Subtema 3 Ayo Belajar Berwirausaha

Pembelajaran 1 Tema 5 Subtema 3 Ayo Belajar Berwirausaha

Tahukah kamu bahwa banyak pelaku usaha menghasilkan berbagai produk bernilai jual dari benda-benda yang tidak terpakai?

Ayo Membaca
Ternyata bunga kering tidak sekadar menumpuk menjadi sampah. Ibu Made, seorang pelaku wirausaha, memanfaatkan bunga kering menjadi aneka produk pewangi. Baca teks berikut dalam hati.

Kreativitas yang Membuahkan Hasil
Rangkaian bunga kering buatan Ibu Made Yuliani memenuhi etalase di rumahnya. Indah dipandang dengan aroma semerbak memenuhi ruangan.

Ibu Made Yuliani adalah seorang tokoh wirausaha Bali yang memulai usahanya dengan mengumpulkan bunga-bunga kering yang berjatuhan di sekitar tempat tinggalnya di Pulau Dewata. Berawal dari rangkaian bunga kering, usahanya kini berkembang pesat dan menghasilkan aneka produk pewangi. Sabun alami, pelembap tubuh, serta pewangi ruangan diramu dan dibuatnya dari beragam jenis buah dan tanaman.

“Kreativitas sangat penting dalam usaha ini”, ujar Bu Made.

“Bunga-bunga kering yang awalnya tampak tidak menarik, dirangkai kembali menjadi karya seni yang memiliki nilai jual,” lanjut Bu Made lagi.

Pelanggan produk yang dihasilkan oleh Ibu Made Yuliani tidak hanya berasal dari dalam negeri, namun banyak yang berasal dari mancanegara.

Jawab pertanyaan berikut:
1. Apa jenis usaha yang dilakukan Ibu Made Yuliani?
Usaha yang dilakukan oleh Ibu Made Yuliani adalah pengrajin rangkaian bunga kering.

2. Apa bahan yang digunakan Bu Made untuk menjalankan usahanya?
Bahan yang digunakan Ibu Made Yuliani untuk menjalankan usahanya adalah bunga kering.

3. Apa manfaat usaha tersebut bagi masyarakat dan lingkungan?
Manfaat usaha tersebut bagi masyarakat dan lingkungan adalah dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan membuat lingkungan menjadi bersih dari sampah bunga kering.

4. Apa yang dapat kamu pelajari dari cara Bu Made berwirausaha?
Hal yang dapat saya pelajari dari cara Ibu Made Yuliani berwirausaha adalah kreativitas dalam menambah nilai jual sesuatu yang terlihat tidak berguna ternyata dapat membawa Bu Made mencapai kesuksesan.

Ayo Berdiskusi
Diberlakukannya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) tentunya akan memengaruhi arus barang dan jasa, termasuk produk-produk yang dihasilkan oleh Ibu Made Yuliani.

Apakah MEA itu? Bagaimana MEA memengaruhi kehidupan kita? Apa manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya? Ayo, kita pelajari lebih lanjut!

Apakah MEA itu?
MEA singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN. Para pemimpin Asean sepakat memberlakukan pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara pada akhir 2015 agar daya saing Asean meningkat dan untuk menarik investasi asing. Penanaman modal asing di wilayah ASEAN sangat dibutuhkan untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan.

Pembentukan MEA nantinya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat.

Bagaimana MEA mempengaruhi kita?
MEA tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional, seperti dokter, pengacara, akuntan, dan lainnya.

Dengan diterapkannya MEA, peluang tenaga kerja asing untuk mengisi berbagai jabatan serta profesi di Indonesia akan semakin terbuka.

Begitu pula sebaliknya, tenaga kerja Indonesia juga mempunyai peluang yang lebih besar untuk bekerja di negara-negara anggota ASEAN lainnya.

Hal ini menandakan bahwa kualitas produk dan sumber daya manusia Indonesia harus terus ditingkatkan agar mampu ikut berpartisipasi bersama tenaga kerja asing.

Apa keuntungan MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya?
Riset terbaru dari Organisasi Perburuhan Dunia atau ILO menyebutkan pembukaan pasar tenaga kerja mendatangkan manfaat yang besar.

Selain dapat menciptakan jutaan lapangan kerja baru, Hal ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan 600 juta orang yang hidup di Asia Tenggara.

ILO memperkirakan bahwa permintaan tenaga kerja profesional akan naik 41% atau sekitar 14 juta di tahun 2015.

Sementara, permintaan akan tenaga kerja kelas menengah akan naik 22% atau 38 juta, sementara tenaga kerja level rendah meningkat 24% atau 12 juta.

Berdasarkan teks di atas, jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa yang kamu ketahui tentang MEA?
MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) merupakan perdagangan bebas yang memungkinkan suatu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di kawasan ASEAN.

2. Apa yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha dalam menghadapi MEA? Jelaskan.
Hal yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha dalam menghddapi MEA adalah pelaku usaha harus meningkatkan kualitas barang agar layak bersaing dengan barang asing.

3. Apa yang perlu disiapkan oleh tenaga kerja Indonesia agar mampu ikut berpartisipasi di MEA?
Hal yang perlu disiapkan oleh tenaga kerja Indonesia agar mampu berpartisipasi di MEA adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar dapat bersaing dengan tenaga kerja asing.

4. Sebagai pelajar, apa yang harus kamu lakukan mulai saat ini agar nanti ketika sudah menyelesaikan pendidikan mampu ikut berpartisipasi di MEA?
Sebagai pelajar kita harus belajar dengan rajin dan sungguh-sungguh agar bisa menjadi pribadi yang unggul dan berdaya saing tinggi di era MEA.

5. Apa manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya?
Manfaat MEA bagi Indonesia dan negara ASEAN lainnya adalah seluruh negara dapat menjual barang dan jasa dengan mudah, mencipatakan jutaan lapangan kerja baru, dan meningkatkan kesejahteraan 600 juta orang yang hidup di Asia Tenggara.

Pada pertemuan berikutnya, kamu akan melakukan debat secara berkelompok tentang kesiapan tenaga kerja Indonesia menghadapi MEA. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang tema terkait.. Berlatihlah melakukan debat.

Ayo Mencoba
Perhatikan cendera mata dari magnet berikut.
Cendera Mata
Cendera mata di atas dapat kamu tempelkan di pintu kulkas. Apakah pintu kulkas termasuk benda magnetis atau benda nonmagnetis? Mengapa?
Pintu kulkas termasuk benda magnetis karena pintu kulkas memiliki lapisan magnet yang berfungsi sebagai perekat ketika pintu kulkas ditutup.

Di mana lagi kamu dapat menempelkan cendera mata di atas? Jelaskan.
Cendera mata tersebut dapat ditempelkan pada benda-benda magnetis seperti penggaris besi, knalpot, gagang pintu, seng, dan lainnya.

Ayo, kita melakukan percobaan tentang medan magnet.

Percobaan Medan Magnet
Medan magnet adalah daerah atau wilayah yang dipengaruhi oleh gaya magnet. Medan magnet tidak dapat kita lihat, tetapi dapat digambarkan. Besar medan magnet tergantung pada kekuatan magnet.

A. Tujuan percobaan:
Mengidentifikasi medan magnet

B. Alat dan Bahan:
1. Magnet
2. Serbuk besi yang diperoleh dari gundukan pasir
3. Kertas karton berukuran A4

C. Langkah-langkah Percobaan:
1. Taruhlah magnet di bawah kertas karton berukuran A4.
2. Taburkan serbuk besi secukupnya di atas kertas karton tersebut.
3. Ketuklah kertas karton secara perlahan.
4. Gerakkan magnet di seputar kertas.
5. Jauhkan magnet dari kertas.

Tulislah laporan berdasarkan percobaan yang kamu lakukan.

Laporan Percobaan Medan Magnet
Tujuan Percobaan :Mengidentifikasi medan magnet
Alat dan bahan :1..Magnet
2. Serbuk besi yang diperoleh dari gundukan pasir
3. Kertas karton berukuran A4
Langkah-langkah :Langkah-langkah Percobaan:
  1. Taruhlah magnet di bawah kertas karton berukuran A4.
  2. Taburkan serbuk besi secukupnya di atas kertas karton tersebut.
  3. Ketuklah kertas karton secara perlahan.
  4. Gerakkan magnet di seputar kertas.
  5. Jauhkan magnet dari kertas.
Hasil Percobaan:
  1. Di daerah sekitar kutub magnet garis-garis yang dibentuk oleh pasir besi sangat rapat.
  2. Di bagian tengah magnet garis-garis yang terbentuk oleh pasir besi lebih renggang jika dibandingkan dengan daerah di sekitar kutub magnet..
Kesimpulan:
    Dari pengamatan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa medan magnet paling kuat adalah di sekitar kutub magnet yang ditunjukan oleh rapatnya garis-garis yang dibentuk oleh pasir besi. Sedangkan pada bagian tengah magnet memiliki medan magnet yang kurang kuat yang ditunjukan dengan renggangnya garis-garis yang dibentuk oleh pasir besi.
      Ayo Membaca
      Perhatikan contoh formulir pengiriman barang untuk dalam negeri berikut. 
      FORMULIR PENGIRIMAN BARANG DALAM NEGERI
      Formulir Pengiriman Barang


      Berdasarkan teks formulir tersebut, jawablah pertanyaan berikut.
      Apa saja informasi penting yang tercantum dalam pengiriman barang?
      Informasi penting yang tercantum dalam pengiriman barang adalah data penerima dan pengirim barang yang meliputi nama, alamat, kode pos, dan nomor telepon, tanggal pengiriman, dan tanda tangan pengirim dan petugas.

      Mengapa kita perlu mencantumkan kode pos dalam formulir pengiriman barang?
      Kita perlu mencantumkan kode pos untuk mempermudah kurir dalam mengirimkan barang.

      Apa yang terjadi jika alamat penerima barang tidak ditulis dengan lengkap? Jelaskan.
      Jika alamat penerim barang tidak ditulis lengkap maka kurir yang mengirim barang tersebut akan kesulitan menemukan alamat si penerima yang dapat mengakibatkan barang tidak sampai ke tangan penerima.

      Mengapa kita perlu mencantumkan nomor telepon pengirim dan penerima dalam formulir tersebut?
      Nomor telepon pengirim perlu dicantumkan agar sang kurir bisa menghubungi penerima untuk mengonfirmasi kesesuaian barang dan alamat,  atau menghubungi penerima ketika alamat tak kunjung ditemukan atau terjadi hal lain.

      Formulir tersebut hanya merupakan salah satu contoh formulir pengiriman barang. Setiap lembaga atau perusahaan dapat membuat formulir dengan data dan format yang berbeda.
      Posted by Nanang_Ajim
      Mikirbae.com Updated at: 4:55 AM

      0 komentar:

      Post a Comment

      Mohon tidak memasukan link aktif.