Home » » Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku

Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku

Tumbuhan merupakan sumber kehidupan bagi manusia dan hewan di muka bumi ini. Ada beragam jenis tumbuhan yang dapat memberikan sumber energi dan dapat menjaga kesehatan manusia. Dengan adanya sumber energi dari tumbuhan, kamu dapat melakukan aktivitas setiap hari.

Ayo Mencoba
Masih ingatkah kamu dengan permainan ‘Ambil Benderanya!’? Hari ini kamu akan bermain dengan permainan yang berbeda dengan menggunakan teknik berlari. Sebelumnya kamu bisa mendiskusikan terlebih dahulu teknik berlari dengan teman sekelasmu.

Kamu akan bermain ‘Cepat, Masuk!’
Perhatikan cara bermainnya.
Permainan Cepat Masuk

Cepat, Masuk!
  1. Bagilah siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari enam orang.
  2. Setiap kelompok memiliki satu bola kecil.
  3. Setiap kelompok dibagi menjadi dua kelompok kecil dan berdiri saling berhadapan dengan jarak sekitar 15-20 m atau sesuai dengan kebutuhan. 
  4. Setiap pemain di sebelah kiri depan memulai permainan setelah mendengar peluit.
  5. Pemain paling depan cepat berlari menuju rumah rekannya di seberang depan.
  6. Saat memasuki batas rumah, pemain harus bersalaman dan lari untuk berdiri di barisan belakang.
  7. Teman yang disalami berlari ke arah rumah di seberang depan dan menyalami teman yang berdiri di paling depan barisan. Kemudian dengan cepat ia berlari menuju ke belakang barisan.
  8. Teman yang disalami berlari cepat menuju rumah di seberangnya dan melakukan hal yang sama. Begitu seterusnya sampai semua anggota kelompok selesai menempati rumah di seberang.
  9. Kelompok yang seluruh anggotanya berpindah tempat ke rumah teman lebih dahulu adalah pemenangnya.

Ayo Membaca 
Tumbuhan Sumber Karbohidrat, Protein, dan Vitamin
Manusia dan hewan memerlukan makanan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, jenis tumbuhan yang banyak mengandung sumber energi perlu dikonsumsi setiap hari. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung karbohidrat, seperti padi, jagung, dan umbi-umbian

Manusia dan hewan juga memerlukan makanan yang cukup mengandung protein untuk pertumbuhannya, seperti untuk tumbuh tinggi, besar, dan mengganti sel-sel yang rusak dalam tubuh. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung protein, sehingga membuat kita tumbuh sehat. Tumbuhan tersebut adalah kacang kedelai yang terdapat pada tahu dan tempe, kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, serta jenis kacang-kacangan lain.

Manusia membutuhkan jenis makanan yang mengandung vitamin. Vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan dan melindungi tubuh kita dari serangan berbagai penyakit. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung vitamin untuk menjaga tubuh kita agar selalu sehat, yaitu sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan tersebut meliputi bayam, kangkung, kacang panjang, terong, buncis, tomat, pepaya, mangga,apel, jeruk, dan banyak lagi.

Bacalah teks dalam hati. Temukan ide pokok masing-masing paragraf dan buatlah kesimpulannya
ParagrafIde PokokKesimpulan
1. Manusia dan hewan memerlukan makanan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.Manusia dan hewan memerlukan makanan
2. Manusia dan hewan juga memerlukan makanan yang cukup mengandung protein untuk pertumbuhannya.Manusia dan hewan memerlukan protein
3. Manusia membutuhkan jenis makanan yang mengandung vitamin. Manusia membutuhkan vitamin 

Gabungkan kesimpulan 1, 2, dan 3 dalam tulisanmu. Gunakan kata baku dan kata penghubung.
Manusia dan hewan memerlukan makanan untuk melakukan aktivitas dan protein untuk pertumbuhannya. Manusia juga membutuhkan vitamin untuk menjaga kesehatan dan melindungi tubuhnya.

Ayo Menulis
Kamu sudah belajar tentang pentingnya tumbuhan bagi kehidupan. Menjaga tumbuhan tidak bisa dilakukan sendiri. Kamu harus bekerja sama dengan teman di sekitarmu untuk menjaganya. Bekerja sama adalah wujud dari penerapan sila Persatuan Indonesia. Tulislah cerita tentang penerapan sila Persatuan Indonesia terkait dengan merawat kebun atau taman sekolah

SD Nusantara 03 memiliki lahan kosong yang cukup luas di halaman belakang sekolah. Lahan tersebut tidak digunakan untuk kegiatan apapun. Namun, pada bulan akhir ini, kepala sekolah dan para guru berinisiatif untuk mengubah lahan tidur tersebut menjadi lahan yang produktif. Lahan kosong tersebut diubah menjadi kebun sekolah. Para siswapun diajak untuk ikut mengubah lahan kosong tersebut menjadi kebun sekolah. 

Siswa dijadwal untuk merawat dan menanam tumbuhan yang ada di kebun sekolah tersebut. Mereka mungkin tidak mengenal satu sama lain, apalagi jika jenjangnya berbeda terlalu jauh, tapi sebagai warga satu sekolah, mereka memiliki rasa kecintaan yang sama terhadap kebun sekolah yang baru. Merekapun berkerja sama bahu membahu merawat tanaman yang ada di kebun sekolah.

Berkat kerjasama diantara mereka, kini kebun sekolah tersebut menjadi tempat yang sbagus untuk beristirahat atau berkegiatan. Pohonnya rindang dan udaranya pun sejuk, serta pemandangannya pun cukup menarik.  Merekapun berjanji akan merawat kebun tersebut bahkan hingga lulus nanti.

Buatlah rencana tentang penerapan sila Persatuan Indonesia di sekolah. Isilah tabel berikut terkait rencanamu bekerja sama dengan teman satu kelompok untuk merawat lingkungan sekolah.
NamaTugasTempatWaktu
Siti Menyiram tanaman bungaHalaman depanPagi hari
Udin Mengambil air dari sumur untuk menyiram bungaHalaman depanPagi Hari
EdoMenyapu halaman belakang sekolah Halaman belakangPagi hari
DayuMenyapu halaman depan sekolah Halaman depanPagi hari
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:02 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.