Home » » Aplikasi Pecahan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Aplikasi Pecahan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Setelah mempelajari tentang bilangan pecahan pasti kalian sudah paham tentang bentuk bilangan pecahan dan taksiran. Beberapa istilah penting dalam pecahan antara lain sebagai berikut. Pecahan biasa adalah pecahan yang pembilang dan penyebutnya merupakan bilangan bulat. Pecahan campuran adalah pecahan yang terdiri atas bilangan bulat dan pecahan. Pecahan desimal adalah pecahan yang nilai penyebutnya adalah 10, 100, 1000, dan seterusnya yang ditulis dengan menggunakan tanda koma.

Pecahan murni adalah pecahan yang pembilangnya lebih kecil dari penyebutnya. Pecahan sederhana adalah mengubah pembilang dan penyebut menjadi pecahan senilai yang paling kecil. Pecahan senilai adalah pecahan yang dituliskan dalam bentuk berbeda, tetapi mempunyai nilai yang sama. Pecahan tidak murni adalah pecahan yang pembilangnya lebih besar dari penyebutnya. Pembilang adalah bilangan yang letaknya di atas tanda per pada suatu pecahan. Penyebut adalah bilangan yang letaknya di bawah tanda per pada suatu pecahan.

Tidak hanya pada waktu belajar di sekolah saja tetapi di kehidupan sehari hari pun kita menemukan bilangan pecahan. Dalam kehidupan sehari-hari banyak permasalahan yang memanfaatkan konsep pecahan. Berikut ini merupakan pembahasan yang masih terkait dengan bilangan pecahan yaitu contoh penerapan atau aplikasi bilangan pecahan dalam kehidupan sehari-hari. Perhatikan contoh aplikasi pecahan dalam kehidupan sehari-hari berikut ini.

Contoh 1
Hari minggu Meli belajar kelompok bersama 4 temannya. Meli membuat kue dan dipotong menjadi 8
bagian . Kue dibagikan dengan bagian yang sama. Berapa bagiankah kue yang sudah dimakan Meli
bersama teman-temannya?
Kue Meli

Penyelesaian:
Kue yang sudah dimakan ada 4 bagian dari 8 potongan kue. Banyak kue yang sudah dimakan adalah 4/8 bagian.

Pecahan yang senilai dengan 4/8 adalah :
8=12+16
162432

Contoh 2 
Ibu mempunyai persediaan mentega sebanyak 3/4 kg. Ibu membuatkan roti untuk kakak. Untuk membuat roti diperlukan 1/3 kg mentega. Supaya tidak kehabisan mentega, Ibu membeli lagi 1/2 kg mentega untuk persediaan. Berapa kg mentega yang dimiliki Ibu sekarang? 

Penyelesaian : 
Persediaan mentega adalah 3/4 
Mentega yang digunakan adalah 1/3 
Mentega yang tersisa adalah
3-1=3(3) - 1(4)=5
431212

Mentega tambahan adalah 1/2 Banyak mentega sekarang adalah :
Dalam menentukan hasil penjumlahan atau pengurangan dua pecahan, samakan penyebut kedua pecahan tersebut, yaitu dengan cara mencari KPK dari penyebut-penyebutnya.

5+1=5(1) + 1(6)=11
1221212
Jadi, mentega yang dimiliki Ibu sekarang adalah 11/12 kg. 

Ayo Mencoba
1. Meli menemani Ibu berbelanja di pasar tradisional. Ibu membeli beras 5 kg, daging ayam 2,5 kg, wortel 1/2 kg, dan kentang 3/4 kg. Berapa kg seluruh belanja Ibu?

Penyelesaian :
Jumlah seluruh belanjaan adalah
5 + 2,5 +1+3
24
= 5 + 2,5 + 0,5 + 0,75 
= 8,75 
Jadi, seluruh belanjaan ibu adalah 8,75 kg.

2. Edo membagi-bagi kue dengan bagian yang sama kepada 3 temannya, jika kue itu dipotong menjadi 12 bagian. Berapa bagiankah kue yang diperoleh setiap temannya? Tuliskan pecahan yang senilai dengannya.

Penyelesaian :
Jika Edo akan memberikan kue kepada 3 temannya sama rata maka jumlah
bagian kue dibagi jumlah teman Edo adalah 12÷3=4.
Jadi setiap teman Edo mendapat 4 bagian kue.

3. Ayah membeli pizza dan dipotong menjadi 4 bagian sama besar. Kemudian diberikan kepada ibu, kakak, adik, dan ayah. Berapa bagiankah pizza yang diperoleh kakak? Berapakah bagian pizza yang diperoleh ayah dan ibu?

Penyelesaian :
Bagian Pizza

Karena pizza dibagi menjadi 4 bagian dan jumlah anggota keluarga 4 orang sehingga setiap orang akan mendapat 1/4 bagian pizza.

4. Ibu memberikan dua buah melon kepada Siti dan Meli. Kemudian, Ibu meminta Siti memotong melon menjadi 8 bagian sama besar dan Meli memotong melon menjadi 12 bagian sama besar. Ibu mengambil 6/8 bagian melon Siti dan 9/ 12 bagian melon Meli. Samakah bagian melon Siti dan Meli yang diambil oleh Ibu? Bagian melon siapakah yang lebih besar yang diambil Ibu?

Penyelesaian :
Bagian Melon

Bagian melon Siti dan Meli sama besar karena 6/8 dan 9/12 merupakan pecahan senilai.

5. Siti membeli pita sepanjang 8,24 m. Kemudian, Siti memotong pita tersebut untuk membuat bunga sebesar 1,5 m. Berapakah taksiran sisa pita yang tidak dipakai Siti?

Penyelesaian :
Sisa pita Siti 
= 8,24-1,5
= 8-2
= 6
Jadi sisa pita Siti 6 meter.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:18 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.