Home » » Bersatu Untuk Indonesia Makmur

Bersatu Untuk Indonesia Makmur

Wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke tentu memiliki berbagai keunikan. Setiap daerah memiliki sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan negara. Letak geografis Indonesia sangat memengaruhi iklim yang terjadi. Iklim Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Letak Indonesia di sekitar garis khatulistiwa mengakibatkan Indonesia selalu mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Keberadaan matahari sepanjang tahun bermanfaat bagi kegiatan agraris sehingga membuat Indonesia menjadi penghasil berbagai komoditas alam.

Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau yang menyimpan potensi-potensi alam yang luar biasa. Setiap daerah di Indonesia memiliki sumber daya alam yang khas, berbeda satu dengan yang lainnya. Kekayaan alam dan hasil bumi Indonesia tidak perlu diragukan. Diperlukan usaha untuk mengelolanya dengan benar dan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, seperti yang diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar 1945.
Sumber Daya Alam
Persatuan dan kesatuan mutlak diperlukan untuk menyatukan tujuan pengelolaan sumber daya alam dan hasil bumi Indonesia. Tanpa persatuan dan kesatuan, kemakmuran rakyat Indonesia tidak akan tercapai. Setiap daerah bekerja sama dan saling mengisi untuk mengelola sumber daya dan hasil bumi. Kemakmuran masyarakat tidak hanya untuk masyarakat daerah tertentu, tetapi untuk seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, setiap usaha pengelolaan sumber daya dan hasil bumi adalah untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Ayo Berdiskusi
Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut bersama dengan kelompokmu.

1. Diskusikan:
a. Manfaat persatuan dan kesatuan dalam mengelola sumber daya alam dan hasil bumi.
Kekayaan sumber daya alam yang ada di Indonesia tentu tidak tersebar secara merata. Hal ini dapat menyebabkan kelangkaan sumber daya alam tertentu di suatu wilayah. Persebaran sumber daya alam yang tidak merata akan menimbulkan saling ketergantungan antar wilayah untuk memenuhi kebutuhannya masing-masing. Agar tidak terjadi perselisihan dalam pemanfaatan sumber daya alam maka dibutuhkan persatuan dan kesatuan. Dengan persatuan dan kesatuan sumber daya alam yang ada dapat dimanfaatkan bersama.

b. Hal-hal yang dapat terjadi jika sumber daya alam dan hasil bumi tidak dikelola dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan.
Jika saja pengelolaan sumber daya alam tidak mengedepankan persatuan dan kesatuan maka akan menimbulkan beberapa masalah, diantaranya adalah terjadi ketimpangan pertumbuhan ekonomi antara daerah yang memiliki sumber daya alam yang melimpah dengan daerah yang memiliki sedikit sumber daya alam

c. Berikan contoh menggunakan dua daerah yang mempunyai ketampakan dan sumber daya alam yang berbeda.
Misalnya saja antara Provinsi Aceh dengan Provinsi Lampung. Provinsi Aceh memiliki sumber daya alam Minyak bumi dan Gas Alam yang begitu melimpah sementara Lampung memiliki sumber daya alam yang sedikit. Denggan adanya persatuan dan kesatuan ternyata kekayaan alam Aceh yang melimpah juga dapat dinikmati oleh masyarakat Lampung.

2. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas secara bergantian dengan penuh percaya diri.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:07 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.