Home » » Ansambel Musik Sejenis

Ansambel Musik Sejenis

Istilah ansambel berasal dari bahasa Perancis yang memiliki arti rombongan musik atau sandiwara. Menurut kamus musik ansambel adalah kelompok kegiatan musik dengan jenis kegiatan yang  seperti yang tercantum dalam sebutannya. Seperti ansambel tari dan nyanyi, ansambel rekorder, dan ansambel gitar.

Secara garis besar ansambel dapat diartikan sebagai bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan alat musik tertentu. Berdasarkan penyajiannya ansambel musik dibagi menjadi dua yaitu ansambel musik sejenis dan amsambel musik campuran.

A. Jenis Musik Ansambel
Musik ansambel campuran, yaitu bentuk penyajian musik ansambel yang menggunakan beberapa jenis alat musik. Alat – alat musik yang digunakan beberapa/bermacam – macam jenis alat musik. Contoh : ansambel campuran yang akan memainkan lagu – lagu tertentu, maka alat musik yang digunakan terdiri beberapa macam alat musik, antara lain recorder, pianika, gitar, castanget, triangle, tambourine, dan cymbal.

Ansambel musik sejenis merupakan ansambel yang menggunakan alat musik sejenis, misalnya rekorder, pianika, atau tamborin. Alat musik yang digunakan dapat berupa alat-alat musik ritmis atau melodis. Keberhasilan bermain ansambel musik sejenis terletak pada beberapa hal, yaitu :
  1. Pembagian alat musik yang seimbang.
  2. Memainkan alat musik secara disiplin, tertib, memperhatikan partitut, dan dirigen
  3. Kerja sama antar pemain ansambel. Keharmonisan sert keselarasan dlam sajian musik ansambel adalah ditentukan adanya kekompakan antarpemain
  4. Keseimbangan nada antara pemain musik ansambel. 

Berdasarkan peranan dan fungsi alat-alat musik yang digunakan, music ansambel dikelompokan menjadi 3 macam:
  1. Ansambel melodis, yaitu alat music yang digunakan berfungsi untuk memainkan rangkaian nada-nada yang merupakan melodi lagu. Contohnya piano, rekorder, pianika, biola, terompet, dan harmonica.
  2. Ansambel ritmis, yaitu alat music yang digunakan berfungsi untuk mengatur irama sebuah lagu. Contohnya tamborin, drum set, triangle, gong, dan gendang.
  3. Ansambel harmonis, yaitu alat music yang digunakan bisa berfungsi untuk memainkan melodi lagu dan juga mengatur irama lagu.

Bermain Ansambel Sejenis
Sebelum memaminkan ansambel sejenis bentuklah kelompok pemain berama teman-taman. Berikut ini lagu yang dapat digunakan untuk latihan ansambel sejenis.
Ansambel Sejenis
Jika latihan dilakukan dengan tekun dan kerjasama yang baik tentunya ansambel musik sejenis sederhana ini dapat berhasil dengan baik. Selamat mencoba.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:56 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.