Home » » Menyunting Teks Laporan Hasil Observasi

Menyunting Teks Laporan Hasil Observasi

Menyunting teks laporan hasil observasi membutuhkan wawasan memadai untuk validasi fakta dalam sebuah teks laporan. Menyunting teks laporan hasil observasi juga membutuhkan kecermatan dalam pilihan kata, kalimat, dan tanda baca. Menyunting dilakukan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada di dalam suatu tulisan. Menyunting berkenaan dengan struktur, kaidah, maupun penggunaan bahasa di dalamnya. Kegiatan yang dilakukan dalam menyunting teks laporan antara lain mengedit, menyunting, yakni proses penentuan, seleksi, dan perbaikan (koreksi) teks yang akan dimuat atau dipublikasikan.

Menyunting merupakan langkah terakhir dari tahap penyusunan suatu teks. Penyuntingan dilakukan bertujuan untuk mendapat teks yang lebih baik dan terhindar dari kesalahan-kesalahan. Dalam menyunting teks laporan hasil observasi langkah awal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi sifat-sifat laporan hasil observasi antara lain Impersonal atau tidak bersifat pribadi, di tandai dengan penggunaan kata ganti bersifat umum, misalnya pengarangnya menggunakan kata pengamat, penulis untuk menyatakan dirinya. Objektif berarti bersifat apa adanya dengan mengemukakan sejumlah fakta. Ragam bahasa dalam teks laporan hasil observasi harus bersifat lugas. Makna yang terkandung dalam kata-katanya harus diungkap secara tegas. Laporan hasil oservasi harus disusun secara sistematis dan logis yang ditandai hubungan antar bagian tulisan tersebut.

Apa saja yang perlu diperhatikan saat menyunting teks hasil observasi?
  1. Ketepatan penulisan huruf,kata,lambang bilangan,serta ketepatan penggunaan tanda baca
  2. Ketepatan penggunaan kata kata untuk mengungkapkan suatu maksud sesuai dengan situasi dan kondisi
  3. Keefektifan kalimat untuk mewakili gagasan atau perasaan penulis yang ingin disampaikan kepada pembaca
  4. Struktur kalimat yang baik harus mengandung unsur S - P
  5. Keterpaduan paragraf.

Perhatikan contoh teks laporan hasil observasi tentang Peredaran Darah Manusai Berikut ini.

Sistem Peredaran Darah Manusia

Sistem peredaran darah manusia terdiri atas darah, pembuluh darah, dan jantung. Semua itu dapat diperinci sebagai berikut.

Darah adalah merupakan cairan merah yang kental. Terdapat sekitar 3,5 leter darah pada rata-rata tubuh manusia dan dapat digolongkan menjadi golongan A, B, O, dan AB.

Terdapat tiga jenis pembuluh darah, yaitu arteri, pena, dan kapiler. Pembuluh darah arteri yaitu adalah pembuluh darah yang lebar. Pembuluh darah jenis ini menyalurkan darah keseluruh bagian tubuh. Darah pada pembuluh arteri berwarna merah cerah dan mengandung oksigen. Pembuluh darah pena adalah pembuluh darah yang sempit. Pembuluh darah jenis ini memiliki dinding yang tipis dan tidak elastis. Adapun pembuluh darah kapiler adalah pembuluh darah yang sangat kecil.

Jantung adalah merupakan organ yang berbentuk seperti kerucut. Jantung terletak ditengah dada bagian dalam. Jantung merupakan organ yang tebal, berotot, dan mempunyai empat bilik. Rara-rata jantung mempunyai ukuran panjang kira2 13 cm, lebar 9 cm, dan tebal 6 cm. Berat jantung sekitar 300 kilogram. (Diadaptasikan dari Reading and Thinking in English, Vol. 1, 1986: 14).

Penyuntingan Teks
  1. Penggunaan kata adalah dan merupakan kurang tepat, Kata adalah digunakan biasanya menguraikan/mengartikan sesuatu. Kata merupakan biasanya digunakan untuk menjelaskan sesuatu bagian dari bagian lain, misal jari kelingking merupakan bagian dari tangan kita.
  2. Penulisan kata leter kurang tepat, kata yang tepat adalah liter.
  3. Penggunaan kata pena kurang tepat, kata yang tepat adalah vena.
  4. Penggunaan yaitu dan adalah kurang tepat, seharusnya salah satu saja dan jangan digunakan secara bersamaan.
  5. Penulisan kata ke seluruh kurang tepat, keseluruh seharusnya penulisan ke sebagai kata depan harus dipisah.
  6. Penulisan kata ditengah kurang tepat, penulisan yang benar adalah di tengah. Di sebagai kata depan penulisannya terpisah.
  7. Penulisan kata kira2 kurang tepat, kata yang tepat adalah kira-kira.
  8. Pemilihan kata kilogram kurang tepat, pilihan yang tepat adalah gram.

Setelah dilakukan penyuntingan teks ditulis kembali seperti contoh di bawah ini.

Sistem Peredaran Darah Manusia

Sistem peredaran darah manusia terdiri atas darah, pembuluh darah, dan jantung. Semua itu dapat diperinci sebagai berikut.

Darah adalah cairan merah yang kental. Terdapat sekitar 3,5 liter darah pada rata-rata tubuh manusia dan dapat digolongkan menjadi golongan A, B, O, dan AB.

Terdapat tiga jenis pembuluh darah, yaitu arteri, vena, dan kapiler. Pembuluh darah arteri adalah pembuluh darah yang lebar. Pembuluh darah jenis ini menyalurkan darah ke seluruh bagian tubuh. Darah pada pembuluh arteri berwarna merah cerah dan mengandung oksigen. Pembuluh darah vena adalah pembuluh darah yang sempit. Pembuluh darah jenis ini memiliki dinding yang tipis dan tidak elastis. Adapun pembuluh darah kapiler adalah pembuluh darah yang sangat kecil.

Jantung adalah organ yang berbentuk seperti kerucut. Jantung terletak di tengah dada bagian dalam. Jantung merupakan organ yang tebal, berotot, dan mempunyai empat bilik. Rara-rata jantung mempunyai ukuran panjang kira-kira 13 cm, lebar 9 cm, dan tebal 6 cm. Berat jantung sekitar 300 gram. (Diadaptasikan dari Reading and Thinking in English, Vol. 1, 1986: 14).
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:53 PM

3 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....