Home » , , , » Soal Sumatif Lingkup Materi PKN Kelas IV

Soal Sumatif Lingkup Materi PKN Kelas IV

Proklamasi yang dibacakan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945, merupakan peristiwa yang tidak terlupakan bagi bangsa Indonesia. Makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah sangat penting karena dengan dibacakannya teks proklamasi tersebut menjadi penanda bahwa negeri ini telah terbebas dari belenggu penjajahan. Proklamasi ini menjadi kabar gembira bagi bangsa Indonesia sekaligus menjadi awal yang baru bagi bangsa ini. 

Kemerdekaan yang diraih bukan hasil dari pemberian, melainkan dari perjuangan demi perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan. Pembacaan teks proklamasi itu sendiri tidak berlangsung lama, namun terdapat makna yang begitu dalam. Hal ini dikarenakan proklamasi kemerdekaan merupakan harapan yang telah lama dinanti sejak sekian ratus tahun lamanya. Berikut ini contoh soal Sumatif Lingkup Materi Mata pelajaran PPKn Kelas IV Kurikulum merdeka.
Republik
A. Pilihlah jawaban yang tepat!

1.Seorang prajurit PETA yang diminta untuk menaikkan bendera setelah pembacaan teks proklamasi adalah ....
A.Latief Hendraningrat
B.Latuharhary
C.Surastri Karma Trimurti
D.AG Pringgodigdo
Pembahasan :
Jawab: A. Latief Hendraningrat . Pada awalnya S.K. Trimurti diminta untuk menaikkan bendera, namun ia menolak dengan alasan pengerekan bendera sebaiknya dilakukan oleh seorang prajurit. Oleh karena itu ditunjuklah seorang prajurit PETA bernama Latief Hendraningrat yang dibantu oleh S. Soehoed untuk tugas tersebut. Seorang pemudi muncul dari belakang membawa nampan berisi bendera Merah Putih. Bendera pun dinaikkan perlahan-lahan.
2.Pernyataan proklamasi mencerminkan tekad kemandirian bangsa Indonesia untuk lepas dari ....
A.penjajahan
B.kemandirian
C.kekuatan
D.kekayaan
Pembahasan :
Jawab: A. penjajahan. Pernyataan proklamasi mencerminkan tekad kemandirian bangsa Indonesia untuk terlepas dari penjajahan bangsa asing. Indonesia sebagai bangsa yang merdeka dan bebas, ingin mengantarkan dirinya ke gerbang kehidupan yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.
3.Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan pada tanggal ....
A.17 Agustus 1945
B.1 Oktober 1946
C.5 Oktober 1945
D.12 September 1946
Pembahasan :
Jawab: A. 17 Agustus 1945 . Proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hasil perjuangan seluruh bangsa Indonesia di seluruh tanah air. Bentuk negara yang dipilih oleh para pendiri bangsa adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia
4.Berita kemerdekaan Indonesia disebarkan para pemuda melalui media sebagai berikut, kecuali ....
A.selebaran kertas
B.tulisan tangan di berbagai tempat
C.siaran radio amatir
D.pesan singkat melalui HP
Pembahasan :
Jawab: D. pesan singkat melalui HP. Berita kemerdekaan Indonesia disebarkan para pemuda dengan selebaran kertas ataupun tulisan tangan di berbagai tempat. Pernyataan proklamasi mencerminkan tekad kemandirian bangsa Indonesia untuk terlepas dari penjajahan bangsa asing. Indonesia sebagai bangsa yang merdeka dan bebas, ingin mengantarkan dirinya ke gerbang kehidupan yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.
5.Gambaran kehidupan masa lalu yang benar-benar terjadi dinamakan ....
A.perdata
B.nasional
C.pidana
D.ekonomi
Pembahasan :
Jawab: B. nasional. Makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia jika ditelaah dari aspek hukum, bahwa proklamasi merupakan pernyataan keputusan politik tertinggi bangsa Indonesia untuk menghapuskan hukum kolonial dan diganti dengan hukum nasional, yaitu lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
6.Contoh upaya membina persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari adalah ....
A.selalu menerima pendapat dari orang lain
B.mengendalikan sikap dan tutur kata
C.memelihara diri terhadap pengaruh asing
D.bersikap rendah diri dalam pergaulan
Pembahasan :
Jawab: B. mengendalikan sikap dan tutur kata
7.Berikut merupakan contoh-contoh perbuatan wujud cinta terhadap tanah air, kecuali ....
A.mengutamakan peranan pengusaha pribumi
B.menghargai hasil karya bangsa sendiri
C.meningkatkan produksi dalam negeri
D.memakai produksi dalam negeri
Pembahasan :
Jawab: A. mengutamakan peranan pengusaha pribumi. Mengutamakan peranan pengusaha pribumi bukan termasuk contoh perbuatan wujud cinta terhadap tanah air.
8.Sikap sebagai pernyataan rasa cinta terhadap persatuan dan kesatuan dalam hidup bermusyawarah dapat diwujudkan dengan cara .... 
A.dapat menyesuaikan diri dalam pergaulan
B.bergaul dengan siapa pun tanpa curiga
C.selalu berbuat kebaikan kepada sesama
D.gotong rotong membuat gedung balai desa
Pembahasan :
Jawab: D. gotong rotong membuat gedung balai desa
9.Memupuk persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan cara ….
A.mempelajari dan memahami kesenian tradisional
B.mengadakan pertukaran pemuda antardaerah
C.mengakui keanekaragaman budaya daerah
D.mengakui keanekaragaman budaya daerah
Pembahasan :
Jawab: C. mengakui keanekaragaman budaya daerah
10.Perhatikan beberapa hal berikut!
(1) Batas teritorial.
(2) Batas landas kontinental.
(3) Batas lempeng benua.
(4) Batas Zona Ekonomi Eksklusif atau ZEE.
Batas laut wilayah Indonesia ditunjukkan nomor ....
A.(2), (3), dan (4) 
B.(1), (3), dan (4)
C.(1), (2), dan (4)
D.(1), (2), dan (3)
Pembahasan :
Jawab: C. (1), (2), dan (4). Perbatasan laut wilayah negara: a. Batas teritorial, b. Batas landas kontinental, dan c. Batas Zona Ekonomi Eksklusif atau ZEE.
11.Tujuan NKRI termuat pada pembukaan UUD 1945 pada alinea ….
A.pertama
B.kedua
C.ketiga
D.keempat
Pembahasan :
Jawab: D. keempat. Sebagaimana yang tertuang dalam UUD 1945 alinia keempat tersebut, dapat diketahui tujuan NKRI sebagai berikut.a. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.b. Memajukan kesejahteraan umum.c. Mencerdaskan kehidupan bangsa. d. Ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan 
12.Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
(1) Membersihkan saluran air di lingkungan desa.
(2) Membangun rumah salah seorang warga.
(3) Membangun jalan desa.
(4) Membangun balai warga.
(5) Membersihkan pekarangan rumah.
Kegiatan yang dapat dilakukan dengan cara bergotong royong antarwarga masyarakat ditunjukkan pada nomor ….
A.
(2), (3), dan (4)
B.
(1), (3), dan (4)
C.
(1), (2), dan (4)
D.
(1), (2), dan (3)
Pembahasan :
Jawab: B. (1), (3), dan (4)
13.Proklamasi merupakan pernyataan keputusan politik tertinggi Indonesia untuk menghapuskan hukum kolonial, diganti dengan hukum nasional. Hal ini merupakan telaah proklamasi yang dilihat dari aspek ….
A.kultural
B.hukum
C.spiritual
D.politis
Pembahasan :
Jawab: B. hukum. Proklamasi merupakan pernyataan keputusan politik tertinggi bangsa Indonesia untuk menghapuskan hukum kolonial dan diganti dengan hukum nasional, yaitu lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
14.Alinea pertama teks proklamasi mengandung makna ….
A.pernyataan tujuan bangsa dan negara 
B.kemerdekaan bangsa Indonesia telah dinyatakan dan diumumkan kepada dunia
C.pemindahan kekuasaan dilaksanakan hati-hati dan penuh perhitungan agar tidak terjadi peperangan kembali
D.teks proklamasi dibuat sebagai sumber dari hukum tertinggi di Indonesia
Pembahasan :
Jawab: B. kemerdekaan bangsa Indonesia telah dinyatakan dan diumumkan kepada dunia. Perlu diketahui bahwa alinea pertama teks proklamasi mengandung makna bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia telah dinyatakan dan diumumkan kepada dunia. Sementara alinea kedua bermakna agar pemindahan kekuasaan pemerintahan harus dilaksanakan secara hati-hati dan penuh perhitungan agar tidak terjadi pertumpahan darah secara besar-besaran.
15.Pembagian wilayah di NKRI diatur dalam UUD 1945 Pasal ….
A.1 ayat (1)
B.1 ayat (2)
C.18 ayat (1)
D.18 ayat (2)
Pembahasan :
Jawab: C. 18 ayat (1). Pembagian wilayah NKRI diatur dalam UUD 1945 Pasal 18 Ayat (1). NKRI dibagi atas daerah-daerah provinsi yang dibagi menjadi kabupaten dan kota. Wilayah NKRI dibagi menjadi 34 provinsi dengan ibu kotanya. Kepala daerah provinsi disebut gubernur. Kepala daerah kabupaten disebut bupati. Kepala daerah kota disebut wali kota. Keutuhan wilayah di sini juga berarti meliputi seluruh pulau dengan segenap tanah, air, dan udara yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.
16.Wilayah NKRI dibagi menjadi 38 provinsi. Masing-masing provinsi memiliki kepala daerah yang disebut dengan ….
A.Gubernur
B.Walikota
C.Bupati
D.Menteri
Pembahasan :
Jawab: A. gubernur. Wilayah NKRI dibagi menjadi 34 provinsi dengan ibu kotanya. Kepala daerah provinsi disebut gubernur. Kepala daerah kabupaten disebut bupati. Kepala daerah kota disebut wali kota. Keutuhan wilayah di sini juga berarti meliputi seluruh pulau dengan segenap tanah, air, dan udara yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.
17.Batas laut negara Indonesia yang dihitung dari sebuah garis dasar serta memiliki jarak  12 mil ke arah laut disebut batas ....
A.landas kontinental
B.ZEE
C.teritorial
D.hukum laut internasional
Pembahasan :
Jawab: C. teritorial. Batas laut pertama yang ada di Negara Indonesia adalah batas teritorial yang merupakan batas yang dihitung dari sebuah garis dasar serta memiliki jarak 12 mil ke arah laut. 
18.Batas teritorial laut ditarik dari sebuah garis khayal saat pantai sedang mengalami surut sepanjang … mil laut.
A.350
B.100
C.12
D.16
Pembahasan :
Jawab: C. 12. Batas laut pertama yang ada di Negara Indonesia adalah batas teritorial yang merupakan batas yang dihitung dari sebuah garis dasar serta memiliki jarak 12 mil ke arah laut. Garis dasar yang ada sendiri merupakan sebuah garis khayal yang ditarik pada pantai ketika air laut sedang mengalami surut, serta menghubungkan berbagai titik yang ada pada ujung pulau.
19.Sedangkan batas ZEE wilayah laut ditarik dari sebuah garis khayal saat pantai sedang mengalami surut sepanjang … mil laut.
A.350
B.100
C.150
D.200
Pembahasan :
Jawab: D. 200. Batas laut ketiga yang ada di Negara Indonesia adalah batas Zona Ekonomi Eksklusif yang merupakan batas negara yang ditarik 200 mil dari asal garis dasar ke arah laut lepas atau laut bebas saat air laut surut.
20.Perhatikan hal-hal berikut!
(1) Laut Cina Selatan
(2) Papua Nugini
(3) Filipina
(4) Malaysia
(5) Samudra Hindia
Batas daratan sebelah utara dari Negara Indonesia ditunjukkan pada nomor ….
A.(2), (3), dan (4)
B.(1), (3), dan (4)
C.(1), (2), dan (4)
D.(1), (2), dan (3)
Pembahasan :
Jawab: B. (1), (3), dan (4). Batas daratan pada Negara Indonesia yang terdiri dari daerah di permukaan bumi dalam berbagai batas alami maupun buatan.a. Batas daratan sebelah utara Negara Indonesia terdiri dari Malaysia, Filipina, Singapura, serta Laut Cina Selatan.b. Batas daratan sebelah selatan Negara Indonesia terdiri dari Timor Leste, Australia, serta Samudra Hindia.c. Batas daratan sebelah barat Negara Indonesia terdiri dari Samudra Hindia.d. Batas daratan sebelah timur Negara Indonesia terdiri dari Papua Nugini serta Samudra Pasifik.

B. Jawablah dengan jawaban yang benar!
1. Apa bentuk negara yang dipilih oleh para pendiri bangsa Indonesia ketika merdeka?
Jawab: Bentuk negara yang dipilih oleh para pendiri bangsa adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Jelaskan tujuan NKRI yang tertuang dalam UUD 1945!
Jawab: Sebagaimana yang tertuang dalam UUD 1945 alinea keempat tersebut, dapat diketahui tujuan NKRI ialah sebagai berikut.
  1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
  2. Memajukan kesejahteraan umum.
  3. Mencerdaskan kehidupan bangsa.
  4. Ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
3. Terangkan terkait batas Zona Ekonomi Eksklusif atau ZEE wilayah Indonesia!
Jawab: Batas laut ketiga yang ada di Negara Indonesia adalah batas Zona Ekonomi Eksklusif yang merupakan batas negara yang ditarik 200 mil dari asal garis dasar ke arah laut lepas atau laut bebas saat air laut surut. Adanya Zona Ekonomi Eksklusif ini, segala sumber daya alam atau SDA yang ada di bawah permukaan laut, dasar laut, maupun berada di bawah laut sepenuhnya menjadi hak eksklusif bagi Negara Indonesia.
4. Mengapa untuk menjaga keutuhan NKRI kita harus menaati peraturan?
Jawab: Salah satu cara menjaga keutuhan Indonesia adalah dengan menaati peraturan. Peraturan dibuat untuk mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara. Tujuannya agar Indonesia menjadi lebih baik. Melalui peraturan, Indonesia akan selamat dari kekacauan.
5. Terangkan maksud dari memiliki semangat persatuan yang berwawasan Nusantara! (HOTS)
Jawab: Memiliki semangat persatuan yang berwawasan Nusantara, yaitu semangat mewujudkan persatuan dan kesatuan di segenap aspek kehidupan sosial, baik alamiah maupun aspek sosial yang menyangkut kehidupan bermasyarakat. Wawasan Nusantara meliputi kepentingan yang sama, tujuan yang sama, keadilan, solidaritas, kerja sama, dan kesetiakawanan terhadap ikrar bersama.
6. Bagaimanakah batas udara Negara Indonesia?
Jawab: Batas udara Negara Indonesia mengikuti batas kedaulatan negara yang ada di darat maupun di laut. Batas udara yang ada ini ditetapkan berdasarkan perkembangan hukum internasional yang berlaku.
7. Apakah yang dimaksud suku bangsa?
Jawab: Suku bangsa merupakan gabungan sosial yang dibedakan dari golongan-golongan sosial karena mempunyai ciri-ciri paling mendasar dan umum berkaitan dengan asal-usul dan tempat asal serta kebudayaan.
8. Mengapa Indonesia memiliki fl ora dan fauna dengan keragaman yang tinggi?
Jawab: Kondisi wilayah Indonesia yang terletak di antara dua benua dan dua samudra membuatnya memiliki keragaman fl ora dan fauna yang sangat tinggi.
9. Bagaimana upaya yang dilakukan untuk pembelaan negara secara nonfi sik?
Jawab: Pembelaan negara secara nonfi sik dapat dilakukan sebagai usaha untuk menjaga bangsa serta kedaulatan negara melalui proses peningkatan nasionalisme. Selain itu, pembelaan bisa dilakukan dengan cara menumbuhkan keaktifan dalam berperan aktif untuk mewujudkan kemajuan bangsa dan negara.
10. Uraikan penjelasan dari Undang-Undang Dasar 1945, khususnya Pasal 30 terkait dengan upaya pembelaan negara! (HOTS)
Jawab: Pasal 30, menjelaskan bahwa membela bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali. Melaksanakan kewajiban bela bangsa tersebut, merupakan bukti dan proses bagi seluruh warga negara untuk menunjukkan kesediaan mereka dalam berbakti pada nusa dan bangsa, serta kesadaran untuk mengorbankan diri guna membela negara

Demikian pembahasan mengenai Soal Sumatif Lingkup Materi PKN Kelas IV Semester 2. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 12:24 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.