Home » , , , » Pengelompokan Musik Ansambel

Pengelompokan Musik Ansambel

Pada pembelajaran Seni Musik Kelas VII Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan tentang Pengelompokan Musik Ansambel. Yujuan pembelajaran kali ini adalah peserta didik mampu melatihkegiatan bermain musik bersama dengan menghasilkan rasa irama dan nada yang tepat dengan penggunaan teknik yang benar. Peserta mampu menerapkan hasil latihan pada berbagai jenis genre dan style musik sesuai dengan tingkat kemampuan yang dimilikinya; dan Peserta didik mampu mendokumentasikan musik secara audio video dengan cara yang sederhana.

Ansambel adalah permainan musik secara bersama-sama. Ansambel dapat dibedakan berdasarkan jenis musik yang mereka mainkan, jenis alat musik, dan jumlah pemusik yang tampil bersama-sama. Berdasarkan jumlah pemain ansambel, maka ansambel terbagi atas ansambel kecil dan ansambel besar.

1. Ansambel Kecil
Ansambel kecil adalah kelompok pemain musik yang terdiri dari dua sampai delapan pemusik, bisanya dikenal dengan istilah:
  • Duet pemusik yang terdiri dari dua pemain musik yang bermain bersama, baik pada instrumen yang berbeda atau serupa, misalnya duet piano atau satu piano untuk dua pemain.
  • Trio, terdiri dari tiga pemain musik yang tampil bersama. Sebuah karya musik yang dimainkan oleh tiga orang dengan alat yang sama atau untuk tiga alat musik yang berbeda.
  • Kuartet adalah empat pemusik yang tampil bersama, baik berupa alat sejenis seperti empat pemain gitar yangbermainbersama atau empat pemusik yang bermain dengan alat yang berbeda-beda.
  • Quintet adalah lima musisi yang tampil dengan alat musik yang sama bersama atau sebuah musik yang terdiri dari lima instrumen.
  • Sextet adalah enam pemusik yang tampil bersama, komposisi musik yang dimainkan oleh enam pemusik, atau komposisi untuk enam instrumen.
  • Septet adalah tujuh pemusik yang bermain bersama atau sebuah karya musik untuk tujuh instrumen.
  • Oktet adalah delapan pemusik yang tampil bersama, dan mungkin juga merujuk pada komposisi yang dimaksudkan untuk dimainkan oleh delapan musisi atau komposisi untuk delapan instrumen musik.

2. Ansambel Besar
Ansambel besar memiliki kelompok musisi yang lebih banyak. Bisa berkisar dari sepuluh hingga ratusan pemain. Adapun ansambel besar adalah:
  • Chamber Orchestra. Chamber Orchestra atau musik kamar adalah komposisi orchestra yang hanya terdiri dari lima belas hingga tiga puluh pemain musik.
  • Symphony Orchestra/Philharmonic Orchestra Symphony Orchestra adalah komposisi orkestra yang terdiri dari lebih tiga puluh pemain musik.

2. Pengelompokan Musik Ansambel
Berdasarkan cara penyajiannya
  • Musik ansambel sejenis, penyajiannya menggunakan alat-alat musik sejenis, contohnya ansambel piano, atau ansambel gitar.
  • Musik ansambel campuran, penyajiannya menggunakan beberapa alat musik yang berbeda, contohnya ansambel pianika, rekorder, gitar dan lainnya.Berdasarkan peranan dan fungsinya
  • Ansambel melodis, merupakan ansambel musik yang terdiri dari alat-alat musik melodis, seperti ansambel yang alatmusiknya terdiri dari harmonika, pianika, trumpet, rekorder dan lain sebagainya.
  • Ansambel ritmis, merupakan ansambel musik yang terdiri dari alat-alat musik perkusi, seperti ansambel ansambel yang alat musiknya terdiri dari drumset, tambourine, triangle dan lain sebagainya.
  • Ansambel harmonis, Ansambel harmonis ini terdiri atas alat-alat musik yang dapat digunakan untuk memainkan melodi lagu dan juga dapat mengatur irama lagu.

Berdasarkan golongannya
Musik ansambel adalah bentuk sajian musik yang terdiri dari alat musik yang berbeda-beda. Beberapa jenis alat musik yang dipilih tersebut biasanya mengandung unsur ritmis, melodis, dan harmonis. Berdasrakan golongan alat musiknya ansambel dapat dikelompokkan menjadi beberapa golongan seperti di bawah ini.

a. Digolongkan dari sumber bunyinya
  • Aerophone merupakan alat musik yang sumber bunyinya itu berasal dari getaran udara. Contoh: rekorder dan pianika.
  • Membranophone merupakan alat musik yang sumber bunyinya dari membran. Contoh: rebana dan drum.
  • Chordophone merupakan alat musik yang sumber bunyinya itu berasal dari dawai atau snare. Contoh: gitar, kecapi dan biola.
  • Idiophone merupakan alat musik yang sumber bunyinya itu berasal dari badan atau body alat itu sendiri. Contoh: angklung dan gong.
  • Electrophone merupakan alat musik yang berfungsi jika ada tegangan listrik. Contoh: organ listrik dan juga gitar listrik.

b. Digolongkan dengan dasar cara memainkannya
  • Dipetik, seperti kecapi, banyo dan gitar.
  • Digoyangkan/digetarkan, seperti angklung da tambourine.
  • Ditiup, seperti seruling, terompet dan klarinet.
  • Dipukul, contoh dari alat musik yang dipukul ini seperti drumset, tifa, bongo,conga, marimba dan rebana.
  • Digesek, seperti biola, rebab dan selo.

Contoh: Ansambel Vokal, Perkusi Gelas, Perkusi Badan dan Vokal
Lagu: Yamko Rabe Yamko (Lagu Daerah Papua)
amko Rabe Yamko
A. Pilihan Ganda
Berilah tanda silang (X) untuk pilihan A, B, C, atau D yang jawabannya benar!

1. Bernyanyi kelompok secara bersama dalam satu suara disebut
a. Bernyanyi Solo
b. Vokal Grup
c. Paduan Suara
d. Bernyanyi Unisono

2. Teknik yang digunakan untuk melatih nada-nada dengan tepat dan benar disebut
a. intonasi
b. resonansi
c. frasering
d. artikulasi

3. Untuk melatih pengucapan yang jelas disebut …
a. teknik artikulasi
b. teknik pernafasan
c. teknik intonasi
d. teknik unisono

4. Untuk berlatih pernafasan yang dapat membantu jika mereka untuk meletakkan tangan mereka tepat di samping tubuh bagian tengah untuk merasakan gerakan - baik pada sisi badan di dasar tulang rusuk. Latihan pernafasan di atas adalah
a. pernafasa dada
b. pernafasan perut
c. pernafasan diafragma
d. pernafasan bahu

5. Untuk menyanyikan sebuah lagu membutuhkan penghayatan dan penjiwaan. Istilah menyanyi ini disebut …
a. intonasi
b. resonansi
c. ekspresi
d. artikulas

B. Benar atau Salah
Nyatakan Benar atau Salah penyataan di bawah ini!
1. Alat musik dimainkan dalam berbagai cara sesuai sumber bunyinya. Yang termasuk alat musik melodis adalah rekorder dan pianika. 
Benar
2. Rumus tangga nada mayor adalah 1 - ½ - 1 – 1 – 1 – 1 - ½
Salah
C. Essay
Ungkapkanlah dengan pernyataan, sesuai yang telah dipelajari atau pun dipraktekkan
1. Musik merupakan media ekspresi yang menyenangkan bagi pemain dan penikmatnya. Ada banyak cara dalam penyajian musik, salah satunya dengan ansambel musik. Apakah yang dimaksud dengan ansambel musik?
Ansambel adalah permainan musik secara bersama-sama
2. Sebutkan 3 alat musik yang termasuk alat musik ritmik!
drumset, tambourine, triangle
D. Praktik
Mainkanah lagu “Soleram” dengan menggunakan alat musik Pianika/Rekorder
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:31 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.