Home » , , , » Menentukan Nilai-Nilai yang Terdapat Teks Bob Sadino: Mereka Bilang Saya Gila!

Menentukan Nilai-Nilai yang Terdapat Teks Bob Sadino: Mereka Bilang Saya Gila!

Buku pengayaan adalah buku penunjang buku utama (buku teks) yang digunakan oleh siswa. Penulisan naskah buku pengayaan ini tidak mengacu kepada kurikulum dan tidak ada aturan yang mengikat karena buku pengayaan ini salah satu buku pelengkap perpustakaan.

Buku pengayaan sangat penting untuk menambah wawasan kamu selain  pengetahuan yang didapatkan dari buku teks. Buku pengayaan bisa dijadikan  sebagai buku bacaan umum, komik, cerita, atau gurauan karakter. Buku  pengayaan yang baik adalah buku pengayaan yang betul-betul menunjang  buku teks yang digunakan di sekolah. 

Kita dapat meningkatkan kemampuan  berfikir dan memperluas wawasannya dengan sering membaca buku-buku pengayaan yang bermutu dan update sesuai dengan keadaan sekarang. Salah  satu contoh adalah buku pengayaan yang di dalamnya berisi motivator atau  biografi orang-orang sukses. Buku pengayaan seperti itu akan merangsang  pemikiran dan pola pikirmu, sehingga mempunyai tekad untuk maju yang  diawali belajar dengan baik dan sungguh-sungguh. 

Buku pengayaan ini  terbagi menjadi tiga kelompok yaitu buku pengayaan untuk pengetahuan, keterampilan dan kepribadian. Ketiga jenis ini dibuat oleh penulis dengan sebuah teknik penyampaian materi yang menarik dan inovatif.

Setelah membaca teks Bob Sadino: Mereka Bilang Saya Gila!, kamu diminta menyampaikan tanggapannya antara lain dengan beberapa pertanyaan berikut. 
Bob
a. Apakah kamu berkeinginan untuk menjadi enterpreneur seperti Bob Sadino?
Ya, saya berkeinginan menjadi enterpreneur, bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan bekerja secara mandiri.
b. Apa yang membuat Bob Sadino sanggup bangkit kembali setelah terpuruk dalam kemiskinan?
Bob menganggap apa yang dihadapinya adalah sebuah tantangan yang harus dihadapi. Menyerah berarti sebuah kegagalan.
c. Apa rumus keberhasilan yang dibuat oleh Bob Sadino?
Bob membuat rumusan keberhasilan dengan membaginya dalam empat hal yaitu tahu, bisa, terampil, dan ahli.
  • Tahu, merupakan hal yang ada di dunia kampus, di sana banyak diajarkan berbagai hal, tetapi tidak menjamin mereka bisa.
  • Bisa, ada di dalam masyarakat. Mereka bisa melakukan sesuatu ketika terbiasa dengan mencoba berbagai hal walaupun awalnya tidak bisa sama sekali.
  • Terampil adalah perpaduan keduanya. Dalam hal ini orang bisa melakukan hal dengan kesalahan yang sangat sedikit.
  • Ahli, menurut Bob tidak jauh berbeda dengan terampil. Namun, predikat "ahli" harus mendapatkan pengakuan dari orang lain, tidak hanya klaim pribadi.

Setelah kamu membaca rangkuman buku pengayaan yang berjudul Bob Sadino: Mereka Bilang saya Gila! Selanjutnya temukan nilai-nilai yang ada dalam isi buku serta bukti kalimat yang mendukung nilai-nilai tersebut. Siswa juga ditugaskan untuk memberi penjelasan atau makna dari kalimat tersebut. 

No.Nilai yang Terkandung dalam Buku PengayaanBukti kalimat dan penjelasan
1.Nilai sosial ekonomi
  1. Siapa sangka, pendiri dan pemilik tunggal Kem Chicks (supermarket) ini pernah menjadi sopir taksi dan kuli bangunan dengan upah harian Rp100,00.
  2. Anak bungsu dari keluarga berkecukupan ini mungkin tidak akan menjadi seorang pengusaha yang menjadi inspirasi semua orang seperti sekarang, jika dulu ia tidak memilih untuk menjadi orang miskin.- 
  3. Tak lama setelah itu Bob beralih pekerjaan menjadi kuli bangunan. Gajinya ketika itu hanya sebesar Rp100. Ia pun sempat mengalami depresi akibat tekanan hidup yang dialaminya.
  4. Bob merasakan pahitnya menghadapi hidup tanpa memiliki uang. Untuk membeli beras saja dia kesulitan.
  5. Ketika bisnis telur ayam terus berkembang Bob melanjutkan dengan menjual daging ayam. Kini Bob memiliki PT Kem Foods (pabrik sosis dan daging).
2.Nilai moral
  1. Keadaan tersebut ternyata diketahui teman-temannya di Eropa. Mereka prihatin. Keprihatinan juga datang dari saudara saudaranya. Mereka menawarkan berbagai bantuan agar Bob bisa keluar dari keadaan tersebut. Namun, Bob menolaknya- 
  2. "Ternyata ketika saya tidak punya uang dan saya punya keluarga, saya bisa merasakan kekuatan sebagai orang miskin. Itu tantangan, powerfull. Seperti magma yang sedang bergejolak di dalam gunung berapi,” papar Bob.
3.Nilai kemanusiaan
  1. "Kalau saja saya terima bantuan kakak-kakak saya waktu itu, mungkin saya tidak bisa bicara seperti ini kepada Kalian. Mungkin saja Kem Chick tidak akan pernah ada," ujarnya.- 
  2. Pengalaman hidup Bob yang panjang dan berliku menjadikan dirinya sebagai salah satu ikon entrepreneur Indonesia. Kemauan keras, tidak takut risiko, dan berani menjadi miskin merupakan hal-hal yang tidak dipisahkan dari resepnya dalam menjalani tantangan hidup.

Demikian pembahasan mengenai Menentukan Nilai-Nilai yang Terdapat Teks Bob Sadino: Mereka Bilang Saya Gila!.  Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas XII Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:13 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.