Home » , , , » Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok

Merangkum Berdasarkan Gagasan Pokok

Merangkum artinya menyatukan atau merangkai pokok-pokok pembicaraan, uraian, dan sebagainya. Dalam membuat ringkasan, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, serta penjelasan yang terperinci harus dihilangkan. Walaupun bentuknya ringkas, namun tetap mempertahankan pikiran pengarang dan pendekatannya yang asli.

Tujuan ringkasan adalah membantu seseorang memahami dan mengetahui isi sebuah buku atau karangan. Dengan membuat ringkasan, seseorang dibimbing dan dituntun untuk membaca karangan asil dengan cermat dan menuliskan kembali dengan tepat.

Langkah-Langkah Merangkum Buku Berdasarkan Gagasan Pokok
  1. Membaca Informasi Umum Buku. Langkah pertama untuk merangkum buku berdasarkan gagasan pokok, yaitu kita perlu membaca informasi umum dari buku yang akan dirangkum. Informasi umum tersebut dapat berupa, judul, pengarang, penerbit. Namun, jika yang akan dirangkum berupa artikel, informasi umum yang perlu kita tahu meliputi nama media, nama pengarang, dan tanggal terbit.
  2. Mencari Tahu Isi Buku Secara Umum. Langkah selanjutnya adalah mencari tahu isi buku secara umum dengan membaca daftar isi dan kata pengantar.
  3. Melihat Susunan Berpikir Buku. Buku yang baik biasanya memiliki susunan berpikir yang diuraikan dengan baik dalam bab dan subbab. Hal tersebut dapat dilihat dari bagaimana subbab dijabarkan ke dalam paragraf, yang setiap paragraf tersebut mangandung satu pemikiran utama.
  4. Merangkum Bacaan dari Gagasan Pokok. Dari langkah nomor tiga di atas menunjukkan bahwa kita bisa merangkum bacaan dari pemikiran utama atau gagasan pokok yang ada dalam setiap paragraf.
  5. Menyusun Gagasan Pokok. Setelah menentukan gagasan pokok setiap paragraf. Gagasan pokok setiap paragraf bisa kita ungkapkan dalam satu kalimat yang kemudian kita susun ke dalam satu karangan. Langkah membuat rangkuman berdasarkan gagasan pokok ialah dengan menemukan gagasan pokok di setiap paragraf.

Simaklah rangkuman buku nonfiksi berikut ini. Rangkuman ini dibuat dengan cara mencari gagasan pokok setiap paragraf dalam subbab. Berikut ini adalah contoh rangkuman buku Aku Terbatas tapi Tanpa Batas yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Ringkasan
Dari buku ini, disarikan gagasan utama setiap paragraf sebagai berikut. 
  1. Kisah Yulia kecil yang lebih senang bermain dengan teman laki-laki. 
  2. Kegiatan Yulia di bangku SMP yang banyak dihabiskan dengan kegiatan organisasi dan ekstrakurikuler. 
  3. Yulia ingin merasakan naik pesawat seperti kakaknya yang sering bepergian ke tempat jauh. Ia berharap dapat lolos ke Lomba Penelitian Siswa Nasional di Jakarta.
  4. Yulia menyiapkan makalah penelitiannya untuk dikirimkan ke panitia lomba.
  5. Yulia lolos lomba dan menjadi pemenang pertama. 

Tantangan
Temukan satu buku nonfiksi di perpustakaan sekolah. Kalian juga dapat membaca ulang buku nonfiksi yang sudah pernah kalian baca di rumah atau di sekolah. Buatlah rangkuman berdasarkan gagasan pokok dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

Judul Buku : JAMU GENDONG SOLUSI SEHAT TANPA OBAT
Penulis : Sukini

Judul Bab : Sejarah Jamu Gendong

Dari buku ini, disarikan gagasan utama setiap paragraf sebagai berikut. 
  1. Kesehatan adalah anugerah Tuhan kepada umat manusia yang paling berharga.
  2. Sedemikian penting arti kesehatan dalam kehidupan umat manusia.
  3. Jamu adalah obat herbal dari Indonesia yang dibuat dari bahan-bahan alami
  4. Jamu ada yang berbentuk cairan.
  5. Jamu gendong menjadi salah satu jenis jamu yang digemari.
  6. Berjualan dengan menggendong barang dagangan ini menjadi sesuatu yang menarik. 
  7. Para perempuan Jawa di daerah pedesaan membawa aneka barang dengan cara menggendongnya
  8. Barang dagangan adalah sarana mencari rezeki.
  9. Jamu gendong banyak digemari karena memiliki banyak manfaat
  10. Jamu gendong dibuat dari bahan-bahan alami. 
  11. Jamu gendong tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan

Kesehatan adalah anugerah Tuhan kepada umat manusia yang paling berharga. Hanya dengan raga yang sehat, manusia dapat menjalani kehidupan dengan sebaik-baiknya. 

Sedemikian penting arti kesehatan dalam kehidupan umat manusia. Oleh karena itu, kesehatan harus senantiasa dijaga dengan berbagai cara.

Secara sederhana dapat dipahami bahwa jamu adalah obat herbal dari Indonesia yang dibuat dari bahan-bahan alami berupa berbagai bagian dari tumbuhan, seperti daun, rimpang, batang, buah, bunga, dan kulit batang. 

Jamu ada yang berbentuk cairan. Jamu ini dibuat segar dan langsung dijajakan kepada konsumen. Jamu ini dikenal sebagai jamu gendong. 

Di antara berbagai jamu yang dikenal masyarakat, jamu gendong menjadi salah satu jenis jamu yang digemari. Jamu gendong adalah jamu hasil produksi rumahan (home industry). Jamu ini dipasarkan dengan cara memasukkannya ke dalam botol-botol. Kemudian, botol-botol ini disusun di dalam bakul. 

Cara berjualan dengan menggendong barang dagangan ini menjadi sesuatu yang menarik. Menggendong dengan kain panjang, baik kain batik maupun lurik merupakan salah satu ciri khas perempuan Jawa ketika membawa sesuatu. 

Para perempuan Jawa, khusus pada zaman dahulu atau di daerah pedesaan, juga membawa aneka barang dengan cara menggendongnya, seperti membawa kayu bakar, air di dalam jeriken, bahan-bahan pangan, dan hasil pertanian. Ternyata ada makna tersendiri di balik membawa sesuatu dengan cara digendong ini. 

Barang dagangan adalah sarana mencari rezeki. Jadi, harus dibawa dengan baik, ditawarkan dengan baik,dan disajikan dengan baik. 

Jamu gendong banyak digemari masyarakat karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu,beberapa jenis jamu gendong juga memiliki rasa yangmanis, segar, dan hangat di tenggorokan. Cita rasa yangsegar ini membuat banyak orang gemar meminum jamu.

Jamu gendong dibuat dari bahan-bahan alami. Untuk memberikan rasa manis pada jamu gendong, digunakangula asli, baik gula merah, gula pasir, maupun gula batu.

Secara umum jamu gendong tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan. Namun, konsumsi jamu tidak boleh berlebihan. Sebab, segala sesuatu yang berlebihan selalu membawa dampak negatif,

Sumber : https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/sites/default/files/Jamu%20Gendong%20Solusi%20Sehat%20Tanpa%20Obat_Sukini_%20FINAL.pdf
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:14 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.