Home » , , » Nada dan Alat Musik Melodis

Nada dan Alat Musik Melodis

Pada pembelajaran Seni Musik Kelas IV Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka terdapat pembahasan mengenai Nada dan Alat Musik Melodis. Tujuan pembelajaran pada muatan ini adalah peserta didik dapat memahami tinggi rendah nada. Peserta didik dapat memahami perbedaan bunyi dari tangga nada diatonis. Peserta didik dapat mengidentifikasikan macam-macam alat musik melodis. Peserta didik dapat terlibat aktif dalam memainkan satu buah lagu sederhana dengan alat musik melodis berdasarkan preferensinya.

A. Nada
Nada merupakan bunyi yang memiliki keteraturan frekuensi. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Nada sering diistilahkan dengan not, walaupun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan arti.

Untuk menyusun nada menjadi sebuah musik, seorang musisi atau pencipta lagu membutuhkan sesuatu yang disebut sebagai tangga nada.Tangga nada adalah sekumpulan nada-nada yang harmonis yang kemudian mengatur nada-nada tersebut agar menciptakan musik yang harmonis.

Tangga nada diatonis adalah jenis tangga nada yang pada umumnya memiliki tujuh buah nada, yaitu “Do Re Mi Fa Sol La Si”. Selain itu, tangga nada diatonis ini juga memiliki 2 jarak (interval), yaitu satu dan setengah tangga nada. Tangga nada diatonis dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu tangga nada diatonis minor dan tangga nada diatonis mayor.
Mayor dan Minor
  1. Tangga nada diatonis mayor adalah jenis tangga nada yang memiliki aturan terkait interval dan jarak antar nada 1 – 1 – ½ - 1 – 1 – 1 – 1 – ½.
  2. Sementara itu, tangga nada diatonis minor adalah tangga nada yang memiliki jarak atau interval antar not atau nada pada tangga nada ini adalah 1-½-1-1-½-1-1.

Sebelum peserta didik dikenalkan dengan tangga nada diatonis, sebaiknya guru menjelaskan tentang pemahaman siswa mengenai tinggi rendah nada dengan memberi contoh seperti suara yang memiliki nada tinggi. Untuk dapat meningkatkan antusiasme anak, guru dapat memberi contoh suara yang menarik perhatian seperti suara tinggi dengan contoh suara seorang penyanyi seriosa, suara burung gagak, atau yang lebih ekstrim seperti hantu perempuan yang sedang tertawa. Suara bernada rendah dapat dicontohkan seperti suara seorang bapak-bapak yang sedang berbicara.

Pengenalan tangga nada diatonis, guru dapat menggunakan hand sign dalam metode Kodaly, agar peserta didik juga dapat memahami tinggi rendahnya suatu nada. Berikut contoh materinya :
Kodaly Hand Sign
B. Alat Musik Melodis
Alat musik melodis merupakan alat musik yang memiliki irama dan nada, tetapi cenderung tidak bisa atau memiliki keterbatasan untuk bermain dalam sebuah harmoni akor. Contoh-contoh alat musik melodis adalah biola, cello, flute, terompet, tuba, klarinet, pianika, rekorder dan lain-lain. Berikut ini penjelasannya.

1. Recorder
Recorder adalah jenis alat musik yang ditiup. Jenis recorder ada empat macam dari ukuran paling besar yakni sopran, recorder sopranino alto, dan tenor. Recorder yang sering digunakan di sekolah adalah recorder sopran.

2. Pianika
Pianika adalah alat musik tiup yang berlebihan seperti piano. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup melalui selang peniup dan tuts ditekan seperti memainkan piano.

3. Harmonika
Harmonika adalah alat musik melodis tiup. Harmonika dimainkan dengan cara meniup sambil menggeser ke arah kiri dan kanan.

4. Saksofon
Saksofon adalah alat musik melodis dari jenis tiup yang terbuat dari logam. Bentuknya seperti pipa rokok dan berklep logam.

5. Gitar
Gitar adalah alat musik melodis berdawai yang terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher padat sebagai tempat senar. Gitar dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari maupun plektrum dan bisa menghasilkan nada-nada.

6. Biola
Mirip dengan gitar, Biola merupakan alat musik melodis berdawai yang memiliki empat senar dengan setelan berbeda satu sama lain dengan interval sempurna ke lima. Biola dimainkan dengan cara digesek.

Alat Musik Melodis Tradisional
Selain alat musik melodis modern, alat musik melodis juga ditemukan pada alat musik tradisional Indonesia di antaranya:

1. Bonang
Bonang merupakan alat musik melodis yang dipukul atau ditabuh bagian atasnya dengan alat pemukul khusus yang disebut bindhi. Bonang terbuat dari logam-logam seperti besi, perunggu, atau kuningan yang memiliki bentuk menonjol pada bagian atas dan bisa menghasilkan nada-nada dengan not yang khas.

2. Angklung
Angklung adalah salah satu alat musik melodis tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu. Angklung terdiri dari dua, tiga atau empat bambu dengan susunan dua, tiga dan empat nada. Cara membunyikannya dengan digoyangkan atau digetarkan.

3. Sasando
Alat musik melodis Sasando berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sasando memiliki bentuk yang sangat unik dan berbeda dari alat musik petik lainnya yakni berbentuk tabung panjang. Sasando sendiri terbuat dari bambu, kayu, paku penyangga, senar string, dan daun lontar. Untuk menghasilkan nada, Sasando dimainkan dengan menggunakan kedua tangan untuk memetik dawainya.

Demikian pembahasan mengenai Nada dan Alat Musik Melodis. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Seni Musik Kelas IV Kurikulum Merdeka, Kemendikbud
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:15 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.