Home » » Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman

Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman

Pada Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman akan mempelajari tentang prosedur variasi dan mempraktekkan pola gerak dasar jalan, lari, lompat melalui permainan engklek, menjelaskan sikap kerja sama antarindividu yang berbeda dalam permainan engklek, menceritakan sikap kerja sama antarindividu yang berbeda dalam permainan engklek, membuat ringkasan yang berisikan inti dari cerita, dan menjelaskan kegiatan yang mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman agama. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Sebelumnya kamu telah mengenal dan berlatih bagaimana melakukan permainan Engklek. Ayo, kita mengenal dan berlatih permainan tersebut lebih lanjut.

Ayo Membaca
Permainan tradisional merupakan salah satu bentuk keragaman budaya yang ada di Indonesia. Sebelumnya, kamu telah mengenal dan mempelajari permainan tradisional tersebut. Apakah kamu masih ingat cara memainkannya? Ceritakan apa yang kamu ketahui kepada teman satu kelompok.
  1. Permainan tradisional Engklek dapat dimainkan dengan beberapa cara yang berbeda? Permainan tradisional Engklek dikenal juga dengan istilah Angklek atau Ingkling. Permainan Engklek merupakan permainan berjalan atau melompat dengan menggunakan satu kaki pada bidang datar dengan peraturan yang disederhanakan dan disepakati oleh para pemainnya.
  2. Permainan tradisional ini memiliki banyak variasi tergantung kesepakatan yang memainkannya.
  3. Berdasarkan penelitian, ditemukan 43 jenis permainan Engklek, namanya pun berbeda-beda di tiap daerah. Istilah Engklek yang biasa digunakan di daerah Jawa. Pola petak Engklek ada 11 macam. Yang biasa digunakan di Jawa jenis Engklek Ebrek dan Engklek Gunungan.

Bagaimana di tempat tinggalmu? Apakah kamu juga menemukan permainan sejenis Engklek? Disebut apakah permainan Englek di lingkungan tempat tinggalmu?Sebelumnya kamu juga telah belajar keterampilan dasar yang diperlukan dalam permainan Engklek. Apa saja keterampilan dasar tersebut? Diskusikan secara berpasangan dan tuliskan hasilnya.
Permaianan engklek memiliki banyak nama sesuai daerah masing-masing. Misalnya saja permaianan ini disebut satatak di daerah Riau, Tejek-tejekkan di daerah Jambi, Marsitekka di daerah Batak Toba, Cengkelng di daerah Palembang, Dampu bulan di daerah Betawi, Sikka Doka di daerah NTT, Asinan di daerah Kalimantan, Dengkelng di daerah Bali, Tepok Gunung di daerah Jawa Barat, Gili-gili di daerah Merauke, dan Engkleng di daerah Pacitan, Jawa Timur. Keterampilan dasar yang diperlukan dalam permainan engklek adalah keterampilan dasar berjalan, berlari, dan melompat,

Salah satu alat yang digunakan dalam permainan Engklek adalah Gacuk. Gacuk tersebut dilemparkan ke kotak-kotak tertentu pada kotak-kotak yang terdapat pada pola sesuai aturan bermain

Pada permainan kali ini kamu akan mempraktikkan memindahkan Gacuk dengan menendang. Perhatikan penjelasan dan peragaan dari guru. Selain itu, kamu akan bermain Engklek dengan pola petak yang berbeda-beda. Sebelumnya, perhatikan pola petak Engklek berikut.
Pola Permainan Engklek
Ayo Berdiskusi
Tulis pengalamanmu bermain Engklek bersama teman-temanmu dengan menjawab pertanyaan berikut.

1. Keterampilan dasar apa saja yang kamu perlukan dalam bermain Engklek? Jelaskan.
Keterampilan dasar yang diperlukan dalam bermain engklek adalah berjalan, berlari, dan melompat yang ini semua merupakan keterampilan dasar lokomotor dalam bermain engklek.
2. Apakah kamu dapat melakukan keterampilan dasar tersebut dengan baik? Jelaskan.
Saya dapat melakukanya keterampilan dasar tersebut dengan baik. Hal ini dikarenakan saya sudah terbiasa melakukan kegiatan seperti berlari, berjalan, dan melompat.
3. Apa rencanamu untuk meningkatkan keterampilan tersebut di masa yang akan datang?
Saya akan banyak berlatih gerak dasar berjalan, berlari, dan melompat.
4. Sikap apa saja yang harus kamu tunjukkan ketika bermain Engklek dengan teman yang berbeda-beda?
Sikap yang harus saya tunjukkan ketika bermain engklek dengan teman yang berbeda-beda adalah kerja sama, toleransi, dan saling menghargai.
5. Apakah dalam permainan engklek diperlukan kerja sama yang baik dari pemainnya? Jelaskan.
Dalam permainan engklek diperlukan kerja sama yang baik dari pemainnya, yaitu kerja sama dalam hal saling mentaati peraturan yang sudah dibuat secara bersama sama sebelum melakukan permainan.
6. Apa yang terjadi jika tidak ada kerja sama yang baik antara pemain Engklek?
Permainan tidak akan berjalan dengan baik, karena masing-masing mementingkan diri sendiri.

Ayo Berlatih
Tentunya kamu masih ingat cerita tentang Sikap Membantu Bersama. Apakah kamu masih ingat gagasan pokok tentang cerita tersebut? Diskusikan hal tersebut secara berpasangan dengan temanmu.Sekarang dengarkan gurumu membacakan kembali cerita tersebut. Buatlah ringkasan dari teks lisan tentang Wedang Jahe tersebut pada bagan berikut dengan menuliskan kembali terlebih dahulu gagasan pokok dan gagasan pendukung.

Wedang Jahe Buatan Ibu
Siang ini hujan turun deras sekali. Udin berjalan kaki pulang dari sekolah. Udin tidak membawa payung, sehingga tubuhnya basah kuyup. Sampai di rumah Udin segera mengganti pakaiannya. Ibu memasakkan air hangat untuk membasuh badan. Setelah makan siang, Udin mulai merasa kurang sehat. Udin kedinginan. Ibu melihat Udin yang mulai terbaring lemas. Wah, besok ada ulangan matematika. Malam ini Udin harus belajar. Ibu tahu apa yang harus dilakukan agar Udin segera pulih. Ibu membuat Wedang Jahe untuk Udin. Wedang Jahe artinya minuman yang terbuat dari jahe, yaitu minuman khas Jawa Tengah yang memberikan rasa hangat bagi tubuh.

Bahan-bahan Wedang Jahe adalah jahe dan gula pasir atau gula merah. Bisa juga ditambahkan kayu manis dan serai untuk menambahkan rasa dan aroma. Semua bahan direbus hingga mendidih dan harum. Untuk meredakan gejala kurang sehat, Wedang Jahe sebaiknya diminum segera setelah mendidih. Ibu sering membuat Wedang Jahe untuk Udin dan keluarganya. Ketika ada acara di kampung pun Ibu selalu menyajikan Wedang Jahe buatannya.

Tidak sampai satu jam, Wedang Jahe buatan ibu sudah siap. Ibu membawakan segelas ke kamar Udin. Hmm..hangat. Rasa dingin dari tubuh Udin perlahan hilang. Malam itu Udin pun bisa melanjutkan belajar matematika untuk menghadapi ulangan besok. Minuman tradisional Indonesia memang mengagumkan. Enak dan sehat bagi tubuh.
ParagrafGagasan PokokGagasan PendukungRingkasan
Paragraf 1Wedang Jahe adalah minuman khas Jawa Tengah yang terbuat dari jahe dapat memberikan rasa hangat bagi tubuh.Udin kehujanan saat pulang dari sekolah. Udin merasa kurang sehat dan kedinginan. Udin terbaring lemas. Ibu membuatkan wedang jahe untuk Udin agar segera pulih.Udin kehujanan saat pulang sekolah yang membuat tubuhnya basah kuyup. Udin merasa kurang sehat dan kedinginan. Udin terbaring lemas sehingga Ibu membuatkan wedang jahe agar Udin segera pulih. Wedang jahe terbuat dari jahe dan gula pasir atau gula merah. Bisa juga dengan menambahkan kayu manis dan serai. Wedang jahe paling baik diminum segera setelah mendidih. Setelah Udin meminum wedang jahe buatan Ibu, Udin merasa tubuhnya hangat dan rasa dingin perlahan menghilang. Sehingga Udin bisa tetap belajar untuk menghadapi ulangan matematika besok.
Paragraf 2Bahan-bahan Wedang Jahe adalah jahe dan gula pasir atau gula merahKayu manis dan serai untuk memberikan rasa dan aroma pada wedang jahe. Untuk membuat wedang jahe semua bahan direbus hingga mendidih dan harum. Wedang jahe sebaiknya diminum segera setelah mendidih. Ibu sering membuatkan wedang jahe untuk udin dan keluarganya.
Paragraf 3Tidak sampai satu jam, Wedang Jahe buatan ibu sudah siapUdin meminum wedang jahe buatan ibu. Rasa dingin dari tubuh Udin perlahan hilang. Udin bisa tetap belajar matematika untuk ulangan besok.

Tuhan Yang Maha Esa menganugerahi kita keragaman, yaitu keragaman suku, agama, sosial dan budaya, hingga makanan tradisional. Keragaman tersebut perlu kita hargai dan syukuri.

1. Bagaimana caramu bersyukur atas keberagaman yang ada? Jelaskan.
Cara bersyukur atas keberagaman yang ada adalah dengan cara menghargai, melestarikan, dan menjaga segala keberagaman yang sudah ada. Tidak mempermasalahkan keberagaman yang sudah ada, justru merasa bangga dengan adanya keberagaman di Indonesia.
2. Apa manfaat yang kamu peroleh dari keberagaman yang ada?
Keberagaman yang ada bermanfaat untuk alat pemersatu bangsa dan menumbuhkan sikap nasionalisme atau cinta tanah air.

Ayo Renungkan
Bagaimana menyikapi keberagaman dan perbedaan yang ada di sekitarmu?
Dengan cara menghargai, melestarikan, dan menjaga segala keberagaman yang sudah ada. 
Jelaskan contoh sikap yang menunjukkan menghargai perbedaan.
  1. Menghargai teman yang tidak menyukai makanan tradisional.
  2. Menghormati teman yang berbeda keyakinan dengan kita yang sedang beribadah.
  3. Memiliki sikap toleransi antar teman meskipun sering mengalami perbedaan pendapat.
Bagaimana caranya agar kamu dapat hidup berdampingan dengan teman-teman yang mempunyai latar belakang budaya, sosial, dan agama yang berbeda denganmu?
  1. Saling menghargai dan saling toleransi.
  2. Tidak mengusik atau mengganggu seseorang yang berbeda dengan perkataan yang bersangkutan pada hal yang berbeda tersebut.
  3. Tak boleh pilih pilih kawan karena latar belakang atau kepercayaan nya yang berbeda.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Sampaikan hasil refleksimu selama belajar satu pekan ini kepada orang tuamu di rumah. Sampaikan bagaimana perasaanmu saat belajar, apa yang sudah kamu pelajari, dan kegiatan apa saja yang sangat bermanfaat dan sangat menarik bagimu. Minta orang tuamu menulis pendapat mereka tentang ceritamu. Sampaikan hasilnya kepada gurumu
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:21 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.