Home » » Pembelajaran 3 Subtema 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah

Pembelajaran 3 Subtema 2 Kewajiban dan Hakku di Sekolah

Halaman sekolah yang bersih, rindang dan teduh adalah halaman sekolah yang sangat di diinginkan bagi seluruh warga sekolah baik kepala sekolah, guru, karyawan sekolah dan tentunya juga siswa-siswanya. Halaman sekolah merupakan tempat untuk melakukan semua kegiatan baik upacara, olahraga, maupun kegiatan-kegiatan sekolah yang lain.

Manfaat halaman sekolah bagi sekolah adalah tempat yang banyak digunakan untuk segala kegiatan-kegiatan formal maupun non formal. Hal yang sering dilakukan kebanyakan warga sekolah adalah sarana berkumpul. Sarana memberikan informasi dari pihak guru ke siswa-siswinya.

Ayo Mencoba
Amati gambar berikut!
Halaman Sekolah
Sekolah Dayu memiliki halaman yang luas. Di halaman sekolah terdapat pohon besar. Setiap hari daunnya berguguran. Penjaga sekolah menyapunya setiap pagi. Namun, selalu ada daun gugur yang tersisa.

Jika banyak daun tersisa 50 helai, Berapa banyak daun yang gugur dan tersapu? Amati pengurangan berikut! Tentukan daun yang gugur dan yang tersapu!
Banyak Daun
yang Gugur
Banyak Daun
yang Tersapu
Banyak Daun
yang Tersisa
90085050

Cobalah menyelesaikan soal-soal berikut! Gunakan bilangan sampai 1.000!

Banyak Daun
yang Gugur

Banyak Daun
yang Tersapu

Banyak Daun
yang Tersisa
11.000-910=90
2990-900=90
3900-810=90
4850-760=90
5800-710=90

Ayo Mengamati
Bisakah kamu menggunakan cerita di atas dengan banyaknya daun tersisa yang berbeda? Tentukan juga banyaknya daun gugur dan daun tersisa! Tulislah di dalam kotak berikut!

Banyak Daun
yang Gugur

Banyak Daun
yang Tersapu

Banyak Daun
yang Tersisa
11.000-930=70
2990-920=70
3900-830=70
4850-780=70
5800-730=70

Ayo Membaca
Bacalah wacana berikut dalam hati!

Kegiatan Saat Jam Istirahat
Hari ini, udara sangat cerah. Pada saat jamistirahat, anak-anak semua berada di luar kelas. Mereka bermain dan berbincang-bincang. Sebagian anak-anak ada yang jajan di kantin.
Kegiatan Saat Istirahat
Dayu dan teman-temannya juga berada di luar kelas. Mereka melihat daun berserakan di halaman. Mereka memunguti daun sambil berbincang. Daun-daun tersebut dimasukkan ke dalam tong sampah. Mereka memasukkannya ke tong sampah organik. Sampah daun dapat diolah menjadi pupuk. Dayu senang melihat halaman bersih kembali.

Semua warga sekolah sebaiknya ikut menjaga kerapian dan keindahan. Mereka dapat berbuat sesuai kemampuan.

Ayo Mencoba
Amati teks Kegiatan Saat Jam Istirahat! Temukan kalimat yang menunjukkan masalah! Temukan kalimat yang menunjukkan penyelesaian masalah! Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut secara lisan!
  1. Sebutkan kalimat yang menunjukkan masalah!  Dayu dan teman-temanya melihat daun berserakan di halaman.
  2. Sebutkan kalimat-kalimat yang menunjukkan penyelesaian masalah! Mereka memunguti daun sambil berbincang. Daun-daun tersebut dimasukkan ke dalam tong sampah. Mereka memasukkannya ke tong sampah organik. Sampah daun dapat diolah menjadi pupuk. 

Ayo Menari
Saat memungut daun, Dayu kadang jalan perlahan. Sesekali ia menghentakkan kaki. Ia bergerak ke samping kanan dan ke kiri. Ia juga bergerak maju dan mundur.

Gerakan Dayu bisa dirangkai menjadi sebuah tarian sederhana. Masih ingatkah kamu dengan gerakan-gerakan tari yang pernah kamu pelajari? Lakukan kegiatan sebagai berikut.
  1. Sebutkan gerakan tari yang sudah kamu pelajari.
  2. Peragakan kembali gerakan-gerakan tersebut.
  3. Buatlah satu rangkaian gerakan sederhana.
  4. Berlatihlah bersama teman-temanmu.
  5. Lakukan berulang sampai gerakannya lancar dan kompak.
  6. Cobalah menari dengan diiringi lagu daerahmu!
  7. Menarilah di depan teman-teman sekolahmu. Gunakan pakaian tari yang indah.

Latihan Gerakan Kaki
Latihan Gerakan Kaki
  1. Tegak berdiri, lalu berputar ke kanan dengan berjalan perlahan 8 hitungan
  2. Meloncat ke kiri 2 kali, lalu berputar ke kiri 4 hitungan Meloncat ke kanan 2 kali, lalu berputar ke kanan 4 hitungan. Ulangi gerakan sampai 4 hitungan
  3. Melompat ke kiri 2 kali, lalu berputar ke kiri 4 hitungan. Melompat ke kanan 2 kali, lalu berputar ke kanan 4 hitungan. Ulangi gerakan sampai 4 hitungan
  4. Kembali ke gerakan pertama
  5. Kamu dapat menciptakan gerakan kaki sesuai keinginanmu
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:12 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.