Home » » Pembuatan Rangkaian Stop Kontak

Pembuatan Rangkaian Stop Kontak

Pada bagian akhir pembelajaran siswa mencoba membuat salah satu rangkaian peralatan listrik yaitu rangkaian stop kontak. Papan instalasi listrik menggunakan stop kontak dipraktekkan dengan menggunakan kardus beberapa peralatan listrik. Kardus digunakan sebagai papan karena menyerupai papan atau kayu.

Bahan-bahan yang digunakan dalam praktikum ini diambil dari lingkungan sekitar. Kreativitas dan imajinasimu dapat dituangkan pada kegiatan ini. Kerjakan secara kelompok dan masing-masing mempunyai tugas dan tanggung jawab!

1. Perencanaan
Identifikasi kebutuhan
Rangkaian listrik menggunakan stop kontak bisa dibuat dengan mengubah sebagian model papan instalasinya dan juga penempatan dan jumlah lampu yang digunakan bisa diubah sesuai selera masing-masing.

Perencanaan fisik
Pembuatan berdasarkan bahan dan alat yang tersedia di lingkungan kalian, dan dibuat dengan penuh tanggung jawab dengan memperhatikan prinsip kerja.

2. Persiapan
Ide / gagasan
Pembuatan rangkaian listrik menggunakan stop kontak menggunakan kardus sebagai rangka bangunan. Peralatan listrik untuk rangkaiannya. Kabel sebagai penyambung arus listrik.

Keselamatan kerja
Perhatikanlah :
  • Hati-hati menggunakan peralatan
  • Perhatikan bagian-bagian instalasi listrik yang akan dirangkai dengan baik karena kesalahan akan mempengaruhi hasil rangkaian

3. Bahan dan Alat
Bahan dan alat yang digunakan antara lain : Kardus, Lampu lombok, Stand lampu lombok, Terminal 4 mata, Kabel, Isolasi, Colokkan jantan, terminal sambungan kabel, obeng, cutter, dan gunting.
Alat dan Bahan
4. Cara pembuatan :
  1. Siapkan dos/kardus bekas, potong hingga membentuk persegi panjang 35 cm X 50 cm (sesuai ukuran dos yang dipakai) kemudian buat sketsa rumah menggunakan isolasi untuk membagi ruangan seperti gambar di bawah.
  2. Potong kabel sepanjang 15 cm yang akan digunakan sebagai kabel pusat arus listrik (gunakan kabel serabut warna merah putih).
  3. Pasang salah satu ujung kabel pada colokan jantan.
  4. Siapkan terminal 4 mata kemudian buka cup / tutupnya mengunakan obeng.
  5. Ujung kabel pusat dikupas 0,5 cm kemudian isi/serabut dibagi dua seperti gambar dibawah ini.
  6. Kendurkan baut bagian dalam terminal kemudian pasang ujung kabel ke terminal pusat arus listrik dan kencangkan bautnya.
  7. Pasang cup/tutup terminal kembali dan kencangkan bautnya
  8. Siapkan kabel dengan panjang sesuai jarak terminal dengan posisi lampu.
  9. Siapkan colokan jantan dan buka kap/tutupnya.
  10. Pasang ujung kabel yang sudah dipotong tadi pada colokan jantan dan kencangkan bautnya.
  11. Pasang kap/tutup colokan jantan dan kencangkan bautnya
  12. Masukkan ujung kabel lewat lubang yang sudah disiapkan di dekat terminal sampai pada lubang pada posisi lampu (stop kontak pertama berada dilubang no.1)
  13. Siapkan stand lampu Lombok dan terminal sambungan kabel, kemudian pasang kabel stand lampu pada terminal sambungan kabel dan kencangkan bautnya.
  14. Pasang ujung kabel yang dari saklar ke terminal sambungan kabel. Stop kontak No.1 siap digunakan (stop kontak 1 untuk ruang dapur)
  15. Untuk saklar ke-2, ke-3 dan ke-4, ulangi langkah 8 sampai 14.
  16. Pasang lampu Lombok untuk masing-masing stand lampu.
  17. Nyalakan lampu dengan cara colokkan stop kontak ke terminal arus listrik. a. Saklar 1 untuk lampu 1 (ruang dapur) b. Saklar 2 untuk lampu 2 (kamar) c. Saklar 3 untuk lampu 3 (ruang tamu) d. Saklar 4 untuk lampu 4 (teras)
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:37 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.