Home » » Modernisasi di Indonesia

Modernisasi di Indonesia

Modernisasi diartikan sebagai perubahan-perubahan masyarakat yang bergerak dari keadaan yang tradisional atau dari masyarakat pra modern menuju kepada suatu masyarakat yang modern. Saat ini bangsa Indonesia sedang menggalakkan pembangunan dan modernisasi dalam berbagai aspek kehidupan. Pembangunan dan modernisasi pada dasarnya diarahkan untuk menciptakan kondisi masyarakat yang lebih baik dibandingkan dengan kondisi yang ada sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari tersedianya berbagai macam fasilitas hidup, sarana dan prasarana yang baik sehingga mendukung berbagai sektor kehidupan masyarakat, meningkatkan taraf hidup serta meningkatkan martabat bangsa. Modernisasi yang dilakukan oleh bangsa Indonesia mencakup bidang-bidang berikut ini.

1. Modernisasi di Bidang Teknologi
Teknologi tidak dapat dilepaskan dari aktivitas kehidupan manusia, diawali dengan penggunaan teknologi sederhana dan kemudian manusia mengembangkan teknologi tersebut dengan menciptakan teknologi yang lebih maju. Gejala modernisasi di bidang teknologi ditandai dengan perkembangan teknologi yang lebih maju dari teknologi yang sudah ada sebelumnya. Adanya kemajuan dalam penggunaan teknologi membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan memberikan hasil yang lebih banyak.

Masyarakat Indonesia mulai mengembangkan berbagai macam teknologi untuk mempermudah pekerjaan dan meningkatkan hasil produksi dari pekerjaan tersebut. Hal tersebut tampak pada gambar di bawah ini.
teknologi
  • Bagaimana proses modernisasi yang terjadi pada kegiatan di atas? Proses modernisasi dalam bidang pertanian salah satunya adalah penggunaan alat perontok padi bermesin.
  • Apa manfaat modernisasi yang terjadi pada kegiatan di atas? Manfaat modernisasi pada kegiatan di atas adalah pekerjaan menjadi cepat selesai dan lebih efisien.
  • Apa hubungan antara proses modernisasi pada kegiatan di atas dan proses modernisasi teknologi di Indonesia? Modernisasi teknologi di Indonesia dapat dilihat melalui perkembangan penggunaan teknologi yang digunakan, dari teknologi sederhana, teknologi menengah, dan teknologi canggih. 

Penggunaan teknologi modern dalam bidang pertanian tentunya tidak hanya pada kegiatan merontokkan padi saja. Misalnya, penggunaan pupuk urea sebagai pengganti pupuk kandang atau penggunaan traktor untuk menggantikan bajak yang ditarik oleh kerbau. Modernisasi teknologi di Indonesia dapat dilihat melalui perkembangan penggunaan teknologi yang digunakan, dari teknologi sederhana, teknologi menengah, dan teknologi canggih. 
  1. Teknologi sederhana adalah jenis teknologi yang tidak memerlukan keahlian khusus untuk mengoperasikannya, seperti gerobak, cangkul, parang, dan tombak. 
  2. Teknologi menengah adalah jenis teknologi yang sudah mulai memerlukan keahlian tertentu untuk mengoperasikannya, seperti mesin jahit, sepeda motor, atau mesin penggiling padi. 
  3. Teknologi canggih adalah teknologi yang terdiri atas banyak komponen dan memerlukan keahlian khusus untuk mengoperasikannya, seperti komputer dan pesawat terbang.

2. Modernisasi di Bidang Ekonomi
Salah satu gejala yang muncul dalam modernisasi ekonomi adalah terjadinya industrialisasi. Industrialisasi merupakan proses pergantian dari penggunaan tenaga manual menjadi penggunaan tenaga mesin. Industrialisasi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan modernisasi di bidang ekonomi. Modernisasi dan pembangunan di bidang ekonomi mempunyai satu tujuan, yaitu mencapai kehidupan bangsa yang sejahtera. 

Kesejahteraan bangsa tidak hanya diukur dari tingginya pendapatan masyarakat dan pendapatan negara. Tingginya pendapatan masyarakat masih harus diukur berdasarkan pemerataan akan hasil-hasil pembangunan ekonomi bagi masyarakat secara adil. Untuk itulah, diperlukan usaha-usaha untuk mencapai tujuan tersebut. Agar modernisasi bidang ekonomi di Indonesia idak tertinggal dengan negara lain.
No.Modernisasi EkonomiGejala Modernisasi yang Terjadi
1.Sektor PertanianMenggunakan peralatan mekanis yang sangat hemat tenaga kerja
2.Sektor IndustriPergantian dari penggunaan tenaga manual menjadi penggunaan tenaga mesin
3.Distribusi dan PenjualanPenjualan secara online semakin marak
4.Sektor JasaProporsi ketenagakerjaan yang tinggi di bidang jasa
5.PariwisataSemakin beraneka ragamnya motif dan keinginan wisatawan yang harus dipenuhi, sebagai akibat meningkatnya budaya manusia.

Modernisasi bidang ekonomi telah banyak dilakukan Indonesia. Misalnya, saja memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas. Upaya pemanfaatan teknologi ini memunculkan pusat-pusat industri baik di bidang makro maupun mikro. Kemunculan pusat-pusat industri mampu membawa perubahan pada proses produksi. Pemanfaatan teknologi dalam sektor industri menggeser kedudukan tenaga manusia menjadi tenaga mesin. Gejala pemanfaatan teknologi telah dilakukan di berbagai bidang. Dalam bidang pertanian, misalnya, sebagai upaya meningkatkan produktivitas padi, dilakukan penggantian pupuk kandang dengan pupuk urea, penerapan teknik irigasi baru, penggunaan varietas bibit padi jenis baru, dan sebagainya.

3. Modernisasi di Bidang Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan
Pembangunan di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan ditujukan untuk mengejar ketertinggalan bangsa dari laju pertumbuhan bangsa lain. Pembangunan di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan akan mendukung peningkatan kemampuan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berdaya saing. Sumber daya manusia yang berkualitas dapat mendorong lebih cepat lajunya modernisasi dan perubahan sosial budaya. Salah satu cara untuk mewujudkan pembentukan sumber daya manusia berkualitas adalah didirikannya lembaga-lembaga ilmu pengetahuan dengan berbagai macam penelitiannya. 
  • Apa yang dimaksud dengan ilmu pengetahuan dan pendidikan? Ilmu pengetahuan merupakan usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Sementara pendidikan diartikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya utuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
  • Apakah tujuan dari modernisasi ilmu pengetahuan dan pendidikan? Ilmu pengetahuan dan pendidikan merupakan salah satu jalan untuk mengubah pola pikir masyarakat dari tradisional ke pola pemikiran yang lebih modern.
  • Bagaimana gejala modernisasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan di Indonesia? Pendidikan menjadi lebih komprehensif, lebih mudah di akses, sarana dan prasarana lebih memadai, teknologi sungguh sangat membantu dalam perkembangan inteligensi, pembaharuan dan kemajuan pada ranah yang lebih menjurus lagi. 
  • Apa saja contoh modernisasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan yang terjadi di Indonesia? Gejala modernisasi di Indonesia pada bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan salah satunya ditandai dengan banyaknya penelitian yang menghasilkan berbagai macam cara dan metode sebagai usaha untuk kemajuan pendidikan. Selain itu, gejala modernisasi juga tampak pada digunakannya teknologi dan infrastruktur modern sebagai sarana penunjang pendidikan.Teknologi dan infrastruktur pendidikan pada masa kini inilah yang menjadikan modernisasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan berlangsung lebih cepat, seperti adanya laboratorium yang lengkap, buku sekolah elektronik, library online, mesin pencari data di internet, komputerisasi data pendidikan, sistem pendidikan, kurikulum, metode pembelajaran, diselenggarakannya kuliah online.

Diterapkannya cara baru dalam aktivitas belajar dan sumber belajar dengan memanfaatkan teknologi. Penemuan dan pembaharuan dari hasil penelitian yang dilakukan serta diterapkannya teknologi modern dalam ilmu pengetahuan dan pendidikan memunculkan cara baru dalam cara belajar dan cara mengajar menjadi lebih efektif dan efisien. Dalam proses modernisasi di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan, sebaiknya sarana dan prasarana untuk kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan di berbagai lembaga penelitian dan pendidikan perlu didayagunakan dan ditingkatkan. Hal tersebut bertujuan agar sesuai dengan kebutuhan di zamannya serta dapat meningkatkan kemampuan produktivitas bangsa dalam penguasaan dan penerapan ilmu pengetahuan, pendidikan, maupun teknologi.

4. Modernisasi di Bidang Komunikasi, Informasi, dan Transportasi
Perkembangan alat komunikasi dan informasi sebagai gejala modernisasi tampak nyata. Bermunculan berbagai penemuan baru, inovasi, dan pembaharuan terhadap berbagai alat komunikasi dan informasi. Inovasi, pembaharuan, dan penemuan baru yang terjadi membawa perubahan pada penggunaan teknologi komunikasi, informasi dan transportasi dari tradisional ke modern.

Penggunaan alat komunikasi yang semakin beragam, semakin mudah dan kompleksnya informasi yang diperoleh dari media elektronik serta transportasi modern yang digunakan masyarakat untuk melakukan mobilitas merupakan alasan manusia melakukan modernisasi dalam bidang ini.
  • Modernisasi pada bidang komunikasi banyak kita jumpai di sekitar kita. Interaksi antara satu orang dengan orang yang lain saat ini tidak harus dilakukan secara tatap muka karena banyak media yang dapat digunakan untuk berkomunikasi. Misalnya saja melalui handphone, faksmile, instant messanger, e-mail, smartphone, video call dan sebagainya, Selain untuk berkomunikasi, media-media tersebut juga dapat digunakan untuk mengakses informasi dengan cepat, mudah, dan efisien. 
  • Bidang transportasi gejala modernisasi juga tampak pada pemanfaatan jaringan internet untuk pemesanan tiket transportasi secara on line. Kegiatan tersebut berkaitan dengan perubahan cara pembelian tiket tradisional ke modern. Selain itu penggunaan alat transportasi modern sebagai pengganti alat transportasi tradisional saat ini banyak dipilih masyarakat sehingga lebih efektif dan efisien. Kemudahan dalam berbagai hal adalah salah satu manfaat dari modernisasi dalam bidang informasi, komunikasi, dan transportasi.

5.  Modernisasi Bidang Politik dan Ideologi
Sistem perwakilan rakyat dalam pemerintahan dapat disebut sebagai salah satu hasil modernisasi yang memengaruhi perubahan sosial budaya dalam masyarakat.
  • Kehidupan politik erat kaitannya dengan proses yang melibatkan kenegaraan dan ketatanegaraan, di antaranya meliputi lembaga-lembaga negara, dasar pemerintahan, sistem pemerintahan, penyelenggaraan pemilihan umum. 
  • Ideologi merupakan rangkaian konsep suatu cita-cita yang diemban dan diidam-idamkan oleh suatu kelompok/ golongan, gerakan massa, dan negara. Ideologi bermakna sebagai kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat untuk memberikan arah dan tujuan demi kelangsungan hidup.

Modernisasi politik dan ideologi yang terjadi di negara berkembang seperti Indonesia dapat berperan penting dalam proses modernisasi secara total di berbagai bidang kehidupan dengan dipicu modernisasi bidang ekonomi dan sosial. Gejala modernisasi politik dan ideologi di Indonesia banyak ditandai oleh berbagai sikap politik masyarakat yang mulai mengesampingkan sikap primordial, kesukuan, kedaerahan, dan sejenisnya atau juga pemilihan kepemimpinan berdasarkan prestasi. Gejala modernisasi dalam bidang ini juga dapat dilihat dari munculnya birokrasi dan administrasi pemerintahan yang memanfaatkan berbagai teknologi, informasi, dan komunikasi modern.

6.  Modernisasi di Bidang Keagamaan
Pada zaman prasejarah di mana agama belum hadir dalam kehidupan manusia, kepercayaan terhadap animisme, dinamisme, totemisme, dan sebagainya telah melekat pada diri masyarakat Indonesia. Setelah agama masuk ke Indonesia kepercayaan lama yang dianut oleh mereka ternyata tidak hilang, sehingga terjadi percampuran antara agama dan kepecayaan. Mereka menganut agama namun tetap percaya pada animisme, dinamisme, dan sebagainya.

Modernisasi bidang keagamaan dapat diartikan sebagai perubahan kehidupan keagamaan dan kepercayaan yang mampu memegang keseimbangan antara nilai keagamaan dan kemajuan. Modernisasi keagamaan sebaiknya lebih ditekankan pada pembentukan dan pembinaan kehidupan beragama yang penuh toleransi, beriman dan bertakwa sehingga akan tercipta kehidupan masyarakat yang rukun, stabil, dan mampu menyelaraskan antara kehidupan agama dan duniawi.

Gejala modernisasi dalam bidang keagamaan terjadi di antaranya karena didorong oleh meningkatnya tingkat pendidikan masyarakat dan berkembangnya penggunaan media informasi dan komunikasi modern. Modernisasi dalam bidang keagamaan yang terjadi di Indonesia harus memperhatikan hal-hal berikut.
  • pembinaan yang bersifat intern, seperti pendalaman dan pengamalan ajaran agama, pembinaan hubungan antarumat di lingkungan agama, dan sejenisnya,
  • pembinaan yang bersifat ekstern, yakni yang menyangkut hubungan antara umat beragama yang satu dan umat beragama yang lain dan sekaligus pembinaan hubungan antara setiap umat beragama dan pemerintah.

Gejala modernisasi bidang keagamaan di Indonesia di antaranya adalah munculnya berbagai perpaduan antara unsur agama dan teknologi modern. Misalnya, berdirinya pesantren modern yang memadukan pendidikan dan agama sesuai dengan kondisi zaman, ada dan ditemukannya kitab suci elektronik yang memudahkan para pemeluk agama dalam membaca kitab suci, cara belajar kitab suci yang dipandu dengan media dan teknologi, penceramah/ pendakwah/penyebar agama yang menggunakan media untuk menyampaikan ajaran agamanya, dan masih banyak lagi.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:45 PM

2 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....