Home » » Bunga Nasional Beberapa Negara

Bunga Nasional Beberapa Negara

Salah satu aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya adalah menentukan bunga nasional. Bunga nasional setiap negara berbeda-beda dan banyak negara di dunia juga memiliki Bunga nasional. Bunga Nasional merupakan bunga yang digunakan sebagai simbol kebanggaan Negara yang memiliki keistimewaan dibanding dengan yang lain. Biasanya Negara – Negara tersebut memilih bunga yang unik atau istimewa dan berbeda dengan jenis bunga yang berada di Negara lain.

Bunga Nasional Indonesia merupakan tiga jenis bunga yang ditetapkan oleh pemerintah dengan harapan mampu mewakili karakteristik bangsa dan negara Indonesia. Ketiga bunga nasional Indonesia tersebut adalah bunga melati yang ditetapkan sebagai puspa bangsa, bunga anggrek bulan sebagai puspa pesona, dan padma raksasa atau bunga bangkai sebagai puspa langka. Bunga nasional Indonesia yang terdiri atas tiga jenis bunga tersebut ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor Tahun 1993.

Selain Indonesia ternyata beberapa negara di dunia juga memiliki bunga nasional, beberapa negara tersebut antara lain sebagai berikut.
No.Nama NegaraBunga NasionalGambar
1.JepangBunga Sakura. Sakura merupakan bunga nasional Jepang yang mekar pada musim semi, yaitu sekitar awal April hingga akhir April. Sakura merupakan simbol penting, yang merupakan simbol untuk mengeksperesikan ikatan antarmanusia, keberanian, kesedihan, dan kegembiraan.
bunga sakura
2.BelandaBunga Tulip. Negeri Belanda terkenal sebagai negeri bunga tulip. masyarakat belanda memiliki cara unik dalam membudidayakan bunga ini. Tulip bukan hanya dijadikan komoditas tapi menjadi jiwa masyarakat Belanda. Tulip juga merupakan bunga nasional Iran dan Turki.
bunga sakura
3.PhilipinaBunga Sampaquita. Philipina memilih bunga Melati yang biasa disebut Sampaquita Jasmine sebagai bunga nasionalnya. Bunga ini berbunga sepanjang tahun. Orang Filipina melambangkan Melati sebagai lambang kesucian, kesederhanaan, kemanusiaan sekaligus kekuasaan
bunga melati
4.Amerika Serikat dan InggrisBunga Mawar. Sejak perang sipil ‘Wars of the Roses’ di Inggris pada tahun 1455, mawar merah sudah menjadi bunga nasional negara Inggris. Tahun 1986, Amerika pun mengumumkan bahwa emblem flora mereka adalah mawar.
5.LaosDor Champa. Kamboja yang nama latinnya Plumeria Ini adalah bunga Nasional Laos, menjadi lambang ketulusan dan kebahagiaan hidup, biasa digunakan untuk dekorasi upacara keagamaan dan untuk ucapan selamat datang pada tamu. Dalam bahasa laos disebut Dor Champa
bunga kamboja
6.MalaysiaHibicus Rosa Sinensis.Bunga Raya inilah bunga nasional Negara Malaysia sejak tahun 1960. Lima helai dari bungaraya ini mempresentasikan 5 prinsip kekuatannasional. Bunga ini biasanya digunakan untuk pengobatan tradisional dan kosmetik.
bunga raya
7.MyanmarBunga Paduak
Bunga Paduak (Pterocarpus Indicus). Bunga berwarna kuning emas ini biasa berkembang pada bulan April bertepatan dengan Myanmar New Year Festival. Masyarakat Myanmar melambangkan Paduak sebagai symbol kekuatan dan ketahanan.
bunga paduak
8.VietnamLotus Merah Muda. Lotus (Nymphea Lotus) adalah Bunga Nasional Vietnam. Dipilih dari empat bunga dan tanaman yang dianggap sebagai lambang berkah. Sebagaimana masyarakat timur, Lotus yang dikenal sebagai Teratai ini melambangkan kesucian, komitmen dan optimis memasa depan
lotus merah
9.ThailandCassia Fistulla Lina. Thailand memiliki bunga Cassia Fistulla Lina, di Thailand disebut Ratchaphruek. Bunganya kecil-kecil berwarna kuning. Warna kuning dianggap orang Thailand sebagai bagian dari Buddhisme dan merupakan warna kejayaan. Bunga ini sebagai simbol harmoni masyarakat Thailand
Cassia Fistulla
10.TiongkokBunga Plum. Tionkok mempunya dua puspa yang tak resmi: bunga plum (Prunus mume) dan bunga peony (Paeonia suffruticosa). Bunga plum mekar di musim dingin, menandakan musim semi akan datang, sedangkan bunga peony melambangkan kekayaan dan kehormatan, dan memiliki sejarah kebudayaan yang panjang.
Bunga plum
11.IndonesiaBunga Melati. Arti Bunga Melati adalah Lambang Kesucian karena identik dengan warna bunga melati yang putih. Wangi bunga melati juga sangat harum, lembut dan menyenangkan. Makna " Bungan Melati " dalam kebudayaan Indonesia sangat kental dan terdapat dalam berbagai tradisi di berbagai wilayah di Indonesia
melati putih
12.SingapuraVanda Miss Joaquim. Vanda Miss Joaquim, merupakan anggrek hasil persilangan. Keunikan anggrek ini menjadikan Singapura memilihnya menjadi bunga nasionalnya sejak tahun 1981. Namanya berasal dari Agnes Joaquim, anak seorang pengusaha Armenia yang menanam bunga tersebut di kebunnya pada tahun 1893.
vanda miss joaquin
Bunga melati mempunyai bentuk mahkota yang sederhana. Bunga melati memiliki bunga berwarna putih suci. Bunga tersebut juga memiliki aroma yang lembut menenangkan. Bunga melati dapat tumbuh di mana saja dan tidak membutuhkan pemeliharaan yang rumit. Harga bunga melati yang merakyat (relatif murah). Semua kelebihan-kelabihan yang dimiliki oleh Bunga Melati tersebut, tidak berlebihan jika kemudian melati ditetapkan sebagai bunga bangsa, salah satu dari 3 bunga nasional Indonesia.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:45 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....