Home » » Mengenal Bagian Bagian Tumbuhan

Mengenal Bagian Bagian Tumbuhan

Tumbuhan banyak terdapat di sekitar kita. Tumbuhan memiliki klorofil atau zat hijau daun yang berfungsi sebagai media penciptaan makanan dan untuk proses fotosintesis. Tumbuhan baik secara langsung maupun tidak langsung berguna bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya di bumi ini. Tumbuhan merupakan penghasil bahan makanan yang dibutuhkan oleh makhluk hidup yang lain. Agar penghasil makanan bagi manusia dan hewan tetap terjaga maka kita perlu menjaga dan memelihara tumbuhan hijau yang ada di lingkungan sekitar kita baik di rumah, di jalan, di kebun, ataupun di sekolah. Salah satu bentuk menjaga dan memelihara tumbuhan hijau adalah tidak merusaknya.

Bahan makanan yang dikonsumsi manusia sebagian besar berasal dari tumbuhan. Bagian yang dimakan biasanya daun dan buahnya. Manusia dan hewan sangat membutuhkan tumbuhan. Secara umum tumbuhan memiliki bagian-bagian seperti akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Semua bagian tumbuhan tersebut memiliki kegunaan masing-masing. Tidak ada salahnya jika kita mempelajari bagian-bagian tumbuhan tersebut. Dengan mempelajari bagian-bagian tumbuhan kita dapat mengetahui fungsi bagian tumbuhan tersebut.
Bagian Bagian Tumbuhan
Bagian tubuh tumbuhan memiliki bagian akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Berikut ini penjelasannnya.

1. Akar
Akar merupakan bagian tumbuhan yang arah tumbuhnya ke dalam tanah. Oleh karena itu, umumnya akar berada di dalam tanah. Akar mempunyai susunan dari luar ke dalam yaitu kulit luar (epidermis), kulit pertama (korteks), dan silinder pusat. Bagian-bagian akar terdiri dari tudung akar, ujung akar, batang akar, cabang akar dan pangkal akar.

Secara umum fungsi akar bagi tumbuhan adalah adalah sebagai berikut  :
  • Untuk menguatkan berdirinya batang,
  • Menyerap air dan garam mineral dari dalam tanah
  • Membantu penyerapan oksigen di udara pada tumbuhan bakau, dan pandan
  • Menyimpan cadangan makanan misalnya pada tumbuhan umbi-umbian. atau sebagai alat perkembangbiakan vegetatif, misalnya pada tumbuhan sukun, dari bagian akar dapat tumbuh tunas (tunas adentif) yang akan tumbuh menjadi individu baru.

Berdasarkan fungsinya akar tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok, antara lain sebagai berikut :
  • Akar tunggang/akar utama, yaitu kelanjutan batang tumbuhan yang berasal dari pertumbuhan calon akar pada biji (radikula) tumbuh tegak ke bawah. Akar jenis ini biasanya terdapat pada tumbuhan berbiji belah (dikotil) Contoh tumuhan yang memiliki akar tunggang antara lain : mangga, jambu, jati, mahoni, melinjo, jeruk, dan lain-lain.
  • Akar serabut, yaitu akar berukuran kecil-kecil yang tumbuh di pangkal batang berbentuk seperti serabut. Fungsi utama akar serabut adalah untuk memperkokoh berdirinya tumbuhan. Akar serabut biasanya terdapat pada tumbuhan berbiji tunggal (monokotil), namun tumbuhan dikotil juga dapat memiliki akar serabut jika tumbuhan tersebut dikembangbiakan dengan cara mencakok atau stek. Contoh tumbuhan berakar serabut antara lain : rumput, padi, jagung, tebu, bambu, dan lain-lain
  • Akar gantung, yaitu akar tumbuhan dari atas ke bawah dan akar tersebut menggantung di udara. Akar gantung ini berfungsi menyerap uap air dan gas dari udara. Namun, bila telah mencapai tanah, akar tersebut masuk ke dalam tanah dan berfungsi menyerap air dan garam-garam mineral. Contoh tumbuhan yang memiliki akar gantung antara lain : pohon beringin dan mbulu.
  • Akar pelekat, yaitu akar yang tumbuh di sepanjang batang. Akar pelekat terdapat pada tumbuhan yang tumbuh memanjat. Akar ini berfungsi untuk melekatkan batang pada tembok maupun tumbuhan lain. Tumbuhan yang mempunyai akar pelekat, misalnya sirih dan merica.
  • Akar tunjang, yaitu akar yang tumbuh dari bagian bawah menuju ke segala arah. Berguna untuk memperkuat batang. Contoh : pohon pandan dan bakau.
  • Akar napas, akar ini tumbuh ke atas muncul dari permukaan tanah atau air. Akar napas mempunyai banyak celah tempat masuknya udara. Tumbuhan yang mempunyai akar napas, misalnya bakau, pandan, dan kayu api.

2. Batang
Batang merupakan bagian tubuh tumbuhan yang ada di atas tanah, serta tempat melekatnya daun, bunga dan buah. Batang merupakan bagian tubuh tumbuhan yang amat penting dan merupakan tempat serta kedudukan batang bagi tubuh tumbuhan. Batang dapat disamakan dengan sumbu tubuh tumbuhan.

Secara umum fungsi batang adalah sebagai berikut  :
  • Batang berfungsi sebagai penyokong atau penopang agar tumbuhan tetap berdiri tegak, selain itu sebagai tempat melekatnya daun, bunga, dan biji.
  • Batang berfungsi sebagai pengangkut air dan garam mineral dari akar ke daun melalui pembuluh xylem untuk proses fotosintesis. Sesudah itu batang akan mengangkut zat-zat makanan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan melalui pembuluh phloem.
  • Tempat Penyimpanan Cadangan Makanan. Pada beberapa tumbuhan, batang dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan. Misalnya, batang pada tumbuhan sagu dan enau
  • Membantu Proses Pernapasan. Batang dapat juga membantu proses pernapasan dari tumbuhan, karena oksigen dapat masuk melalui lentisel. Lentisel adalah pori-pori yang tampak kecil pada tumbuhan biasanya berfungsi sebagai tempat pertukaran gas.
  • Alat perkembangbiakan. Batang berfungsi juga sebagai alat perkembangbiakan vegetatif. Batang dibuat stek batang sebagai salah satu bentuk dari perbanyakan tanaman secara vegetatif. Metode perbanyakan tanaman dengan cangkok untuk menghasilkan tanaman baru dari induknya juga memanfaatkan batang atau cabang dari tumbuhan.

Jenis Jenis Batang Tumbuhan
  • Batang basah, memiliki batang yang lunak dan berair, batangnya tidak keras, batang mudah dipotong, batang pendek. Contoh tumbuhan yang memiliki batang basah antara lain: pohon pisang, bayam, pacar air, dan kangkung
  • Batang berkayu, memiliki kambium, arah pertumbuhan ke luar  membentuk kulit dan ke dalam membentuk kayu, dan batang bertambah besar. Contoh tumbuhan yang memiliki batang berkayu antara lain : jambu, mahoni, nangka, jeruk dan rambutan
  • Batang rumput, batang tidak berkayu, memiliki ruas-ruas yang nyata, dan berongga, serta batang rumput umumnya pendek. Contoh tumbuhan yang memiliki batang rumput antara lain : padi, jagung, rumput gajah, dan gelagah.

3. Daun
Daun merupakan salah satu organ tumbuhan, umumnya berwarna hijau (mengandung klorofil) dan terutama berfungsi sebagai penangkap energi dari cahaya matahari untuk fotosintesis. Daun dibedakan menjadi Daun lengkap (pelepah daun, tangkai daun, dan helai daun), contohnya : daunpisang. Daun tidak lengkap (daun hanya tersusun atas 1-2 bagian saja), contohnya : daun mangga.

Secara umum fungsi daun antara lain :
  • Tempat terjadinya fotosintesis. pada tumbuhan dikotil, terjadinya fotosintesis di jaringan parenkim palisade. sedangkan pada tumbuhan monokotil, fotosintesis terjadi pada jaringan spons.
  • Sebagai organ pernapasan. Dalam daun terdapat stomata yang befungsi sebagai organ respirasi.
  • Tempat terjadinya transpirasi (hilangnya uap air dari permukaan tumbuhan).
  • Tempat terjadinya gutasi (pelepasan air dalam bentuk cair dari jaringan daun).
  • Alat perkembangbiakkan vegetatif, misalnya pada tanaman cocor bebek (tunas daun).

Berdasarkan susunannya daun dikelompokkan menjadi
  • Tulang daun menyirip berbentuk seperti susunan sirip ikan. Contohnya adalah daun mangga, daun jambu, daun nangka, dan daun rambutan.
  • Tulang Daun Menjari Bentuk tulang daun menjari seperti susunan jari-jari tangan. Contohnya adalah daun pepaya, daun singkong, kapas dan daun jarak.
  • Tulang Daun Melengkung. Bentuk tulang daun melengkung seperti garis-garis lengkung.tulang daun jenis ini dapat kita temukan pada berbagai tumbuhan di lingkungan sekitar kita. Ujung-ujung tulang daun melengkung terlihat menyatu. Contohnya adalah daun sirih, daun gadung, dan daun genjer.
  • Tulang Daun Sejajar. Bentuk tulang daun sejajar seperti garis-garis lurus yang sejajar. Tiap-tiap ujung tulang daun ini menyatu.  Contohnya adalah tebu, padi, dan semua jenis rumput.

4. Bunga
Bunga merupakan alat perkembangbiakan secara kawin pada tumbuhan. Beberapa bunga memilikiwarna yang cerah berfungsi sebagai pemikat hewan pembantu penyerbukan. Beberapa bunga yang lain menghasilkan panas atau aroma yang khas, juga bertujuan memikat hewan untuk membantu penyerbukan. Bagian-bagian bunga meliputi tangkai, mahkota, kelopak, benang sari dan putik. Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan dan putik berfungsi sebagai alat kelamin betina. Berikut bagian-bagian bunga :
  • Tangkai bunga merupakan bagian yang berada pada bagian bawah bunga. Tangkai ini berperan sebagai penopang bunga dan sebagai penyambung antara bunga dan batang atau ranting.
  • Kelopak bunga, merupakan bagian bunga yang paling luar. Kelopak biasanya berwarna hijau seperti daun atau berwarna warni seperti mahkota.
  • Mahkota bunga, terletak di sebelah dalam kelopak dan biasanya mempunyai warna yang beraneka ragam. Mahkota bunga berguna untuk menarik serangga lain untuk datang membantu penyerbukan.
  • Benang sari, merupakan alat kelamin jantan yang terdiri dari tangkai sari dan kepala sari. Benang sari biasanya terletak di tengah-tengah mahkota bunga.
  • Putik, merupakan alat kelamin betina. Pada dasar putik terdapat bagian yang akan menjadi buah dan biji.

Berdasarkan bagian-bagian yang dimiliki bunga dibedakan menjadi:
  • Bunga lengkap yaitu bunga yang memiliki kelopak bunga, mahkota bunga, putik, dan benang sari
  • Bunga tak lengkap yaitu bunga yang tidak memiliki salah satu bagian kelopak bunga, mahkota bunga, putik, atau benang sari
  • Bunga sempurna yaitu bunga yang memiliki benang sari dan putik
  • Bunga tak sempurna yaitu bunga yang hanya memiliki putik atau benang sari saja.

Penyerbukan adalah peristiwa menempelnya serbuk sari di kepala putik. Penyerbukan disebut juga persarian. Hasil dari penyerbukan adalah pembuahan. Berdasarkan asal serbuk sari, penyerbukan dibagi menjadi 4 juga, yaitu:
  • Penyerbukan sendiri atau autogami, jika serbuk sari jatuh di kepala putik pada bunga itu sendiri.
  • Penyerbukan tetangga atau serumah atau geitonogami, jika serbuk sari jatuh di kepala putik pada bunga lain, tetapi masih di 1 pohon.
  • Penyerbukan silang atau alogami, jika serbuk sari jatuh di kepala putik pada bunga yang berbeda pohon, tetapi masih 1 jenis tumbuhan.
  • Penyerbukan bastar, jika serbuk sari jatuh di kepala putik pada bunga lain yang berbeda jenis tanamannya, dan hanya dapat dilakukan pada tumbuhan yang masih dekat hubungan kekerabatannya. Misalnya serbuk sari cabai jatuh pada putik tomat atausebaliknya.

5. Buah dan Biji
Buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yakni sebagai pemencar biji tumbuhan. Buah ada yang berdaging, contohnya buah mangga dan buah apel. Buah terdiri atas daging buah dan biji. Biji merupakan hasil dari pembuahan yang terjadi akibat penyerbukan antara serbuk sari dan putik. Biji itu berkeping. Biji ada yang berkeping satu dan ada yang berkeping dua. Biji berkeping satu disebut monokotil.

Biji adalah alat reproduksi, penyebaran, dan kelangsungan hidup suatu tumbuhan. Selain itu, bagi tumbuhan berbiji, biji merupakan awal dari kehidupan tumbuhan baru di luar induknya. Di dalam biji terdapat calon individu baru yang disebut embrio. Pada biji umumnya terdapat kulit biji, tali pusat, dan inti biji.
  • Kulit Biji (spermodermis). Pada biji tumbuhan angeospermae (tumbuhan berbiji tertutup), bijinya memiliki dua lapisan yaitu kulit luar (testa), dan kulit dalam (tegmen). kulit luar tipis tetapi keras sedangkan kulit dalam seperti selaput dan sering disebut kulit ari. Sedangkan pada tumbuhan gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) bijinya memiliki tiga lapisan yaitu lapisan luar, lapisan tengah, dan lapisan dalam. Lapisan luar tebal berdaging. lapisan tengah lapisan kuat, keras, dan berkayu. sedangkan lapisan dalam tipis seperti selaput.
  • Tali Pusat. merupakan bagian yang menghubungkan biji denga papan biji (plasenta). Jika biji sudah dimasak, tali pusat putus sehingga pada biji hanya terlihat bekasnya sebagai pusat biji (hilus).
  • Inti Biji. adalah semua bagian biji yang terdapat di dalam kulit ari. isi biji terdiri dari lembaga yang merupakan calon individu baru. dan putih lembaga sebagai cadangan makanan tersimpan dalam daun lembaga.daun lembaga merupakan daun pertama pada tumbuhan yang tumbuh.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:39 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....